Memasang Hasil Pencarian Google Kustom Agar Hasil Pencarian Muncul di Halaman Blog

Saya bukan orang yang sangat memahami kode maupun hal-hal teknis lain dari sebuah blog atau website. Karena itu saya orang yang sangat mencari website/blog tutorial seperti blognya kangrohman. Namun sepertinya blog kangrohman sekarang telah berubah bukan lagi sebagai blog tutorial tapi pure blog bisnis dengan jualannya berupa template blogger. 
Saya merasa agak kurang senang karena perubahan blog tutorial kangrohman apalagi saat ini saya sedang membutuhkan sebuah tutorial yang maknyoss untuk memperbaiki tampilan hasil pencarian google kustom di blog saya. 
Dengan berbekal kata kunci “membuat halaman pencarian di blog” saya berkunjung ke blog cara tutorial dan mempraktekkan step by step pemasangan kode dari google kustomisasi. Dan hasilnya cukup memuaskan, karena tidak ada tabrakan pada tampilan website dengan hasil pencarian google. 
Jika anda ingin membuat pengunjung menikmati kunjungan mereka di blog/website anda, pastikan anda memasang hasil pencarian google kustomisasi di salah satu halaman blog yang anda punyai. Pastikan anda ikuti tutorial cara membuat dan memasang Google Custom Search Engine di blog yang telah saya praktekkan sendiri.

Pertama anda harus mempersiapkan halaman statis untuk hasil pencarian muncul ketika seseorang mencari sesuatu di kotak google custom search engine.

Kedua anda masuk/login ke akun google custom search engine dan isikan nama blog/url blog anda

memasang google custom search engine
caratutorial.com

Ketiga edit google custom search engine yang telah dibuat pada tahap kedua

mengedit google custom search engine
caratutorial.com

Keempat, pilih look and feel

caratutorial.com

dan pada page layout pilih two page lalu klik save &get code

caratutorial.com

Kelima cari tulisan Search Result Details/Rincian Hasil Pencarian kemudian pada kotak paling atas isikan dengan alamat halaman statis untuk pencarian yang telah disiapkan pada langkah pertama tadi. Setelah alamat halaman statis dimasukkan kedalam kotak yang dimaksud kemudian klik save.

search-result-details
caratutorial.com

Keenam, kopi seluruh kode untuk search box yang ada kemudian salin ke widget HTML/Javascript yang terdapat pada fitur layout di dashboard blogger anda.

search-box-code
caratutorial.com
Ketujuh, setelah anda mengkopi kode google custom search engine ke widget blog anda klik Next: Get Code for Search Result (kira-kira dalam bahasa Indonesia terjemahannya Selanjutnya: Ambil kode untuk hasil pencarian). Letaknya dibawah kode search box yang terlihat pada gambar di langkah keenam diatas.
search-result-code
caratutorial.com
Kedelapan kode yang telah diberikan untuk hasil pencarian (yang didapat dari langkah ketujuh) kemudian disalin ke halaman statis yang telah disiapkan pada langkah pertama. Dalam menyalin kode javascript untuk kode hasil pencarian gunakan fitur Entri “HTML” agar kode yang dikopi ke dalam halaman statis yang disiapkan dapat berfungsi. Jika anda tidak mengubah Entri dari Compose ke “HTML” maka skrip yang telah dikopi pada langkah ketujuh tidak akan memberikan efek yang diinginkan. Perbedaan antara fitur Entri Compose dan HTML adalah pada fitur Compose ketika anda menulis di box yang telah disiapkan anda tidak perlu repot menuliskan kode HTML, sebaliknya pada fitur HTML jika anda tidak menuliskan kode html ketika anda menulis maka blog atau web akan menterjemahkannya seperti apa adanya. Simpelnya jika di Compose anda bisa mengatur paragraf satu dan dua, di Entri fitur HTML anda akan menulis tanpa tanda baca.
menyalin-kode-search-result-pada-halaman blog
caratutorial.com
Trik ini saya dapatkan dari blog caratutorial.com dan langkah-langkah yang diberikan cukup mudah.

Advertisements

Tinggalkan Balasan