About these ads

Memahami Pengertian Asuransi Syariah dari Bapak Syafii Antonio

Syafii Antonio dalam pengantar buku Ensiklopedi Asuransi Syariah mengatakan hukum yang diberikan seorang hakim atau mujtahid atau faqih terhadap satu perkara merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pemahaman hakim atau mujtahid tadi terhadap perkara tersebut.

Pendapat yang menentang asuransi syariah mengatakan berasuransi adalah kegiatan yang melawan taqdir dan mengurangi tawakal kepada Allah SWT padahal asuransi adalah salah satu cara untuk manusia dalam mengantisipasi dampak finansial yang muncul jika pencari nafkah utama meninggal dunia atau terjadi resiko yang tidak diharapkan terhadap aset yang dimiliki. Pengertian dari Asuransi syariah adalah kegiatan bersama yang saling membantu, saling menanggung, dan saling menjamin (ta’awuni, tadhamuni, takafuli) antar sesama anggota dalam menghadapi resiko finansial yang terjadi secara tiba-tiba dan tak terduga. Dalam pengertian ini berasuransi bukan melawan taqdir akan tetapi berikhtiar dan hidup penuh rencana sesuai dengan anjuran Allah.

Konsep dan sistem asuransi syariah mirip dengan prinsip ta’awun yaitu saling menolong dan saling membantu (tadhamuni) jika seseorang dalam sebuah masyarakat terkena musibah. Konsep ini mempunyai tantangan dalan cara merealisasikan teori dan mempraktekkannya dalam takaful tijari (commercial insurance), karena semangat yang dibawa sebelumnya adalah takaful ijtimai (social insurance).

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: