About these ads

Marketing Support, Perjalanan Karir si Admin Pencari Cerah

Seorang lulusan sastra inggris yang menjadi marketing support perusahaan asuransi. Ada yang heran dengan posisi saya saat ini. Hehehe.. saya jadinya punya ide untuk bikin tulisan. Pekerjaan saya sekarang ini memang jauh dari yang telah disebutkan dalam postingan peluang kerja sastra inggris. Allah punya rencana yang saya hingga saat ini masih berusaha untuk mencari hikmahnya.

(inspirasi untuk bikin postingan berasal dari  komentar Dek Agung di 20 Universitas Terbaik di Indonesia)

Saya pernah menceritakan disalah satu postingan bahwa saya ingin bekerja di kedubes Indonesia di luar negeri dengan mengikuti tes calon pegawai negeri sipil kementerian luar negeri. Seperti kebanyakan tes cpns lainnya, saya termasuk dari beberapa orang yang tidak beruntung untuk lulus dan kehilangan kesempatan untuk menjadi staf kedutaan indonesia di luar negeri. Tes cpns kementerian luar negeri itu berbeda dengan tes cpns kementerian / lembaga lain. Tesnya tidak hanya tentang pengetahuan dasar namun lebih dari itu. Saat saya ujian tes harus dilakukan dalam bahasa inggris dan topik ujian berkisar pada kerja sama Indonesia dengan negara-negara tetangga. Dan jawabannya tidak pilihan ganda, melainkan dalam bentuk essai. Jujur saja saya menjadi kaget dengan bentuk ujian tersebut. Saya mempersiapkan diri dengan contoh soal ujian cpns yang dijual oleh pedagang kagetan yang berada diluar tempat pendaftaran ujian cpns kementerian luar negeri namun soal yang saya beli dengan harga yang cukup mahal tersebut sama sekali tidak ada pada lembaran ujian yang diberikan.

Bagi yang mempersiapkan diri untuk menjadi pegawai negeri sipil kementerian luar negeri ingat pesan saya. Jangan beli contoh soal yang dijual di luar tempat anda mendaftar cpns, soal itu hoax! Entah siapa yang punya ide untuk memperdagangkan soal ujian hoax tersebut. Sebaiknya anda ikuti perkembangan berita dari kementerian luar negeri karena soalnya banyak diambil dari sana. Dari pengalaman saya banyak soal tentang perjanjian kerja sama dan efeknya untuk Indonesia. Saya tidak bisa memberikan kepastian tentang soal ujian ini tapi saya harap pengalaman saya dapat membantu rekan agar tidak dikadali seperti saya 🙂 .

Setelah tidak lulus ujian saya banyak melamar pekerjaan di perusahaan nasional maupun asing. Dan pada akhir pencarian kerja dan interview saya dapat kerja di perusahaan asuransi nasional. Saya tidak langsung diposisikan sebagai marketing support atau back office. Awalnya saya dipaksa menjadi marketing 🙂 . Sebagai marketing tentu saja saya dibebani target penjualan, walaupun tidak punya pengalaman lapangan saya merasakan bahwa paksaan itu membuat saya lebih mengembangkan skill dan pengetahuan. Menjadi marketing anda tidak hanya harus memahami produk yang akan anda tawarkan pada orang lain tapi juga memahami karakter orang yang sedang anda prospek. Setiap posisi ada plus dan minusnya tergantung dari mana anda melihatnya. Nanti saya elaborasi lebih jauh.

Saya tidak lama menjadi marketing dikarenakan ada salah seorang di tim yang mengundurkan diri saya diminta untuk bekerja di dalam kantor. Perubahan posisi ini membuat saya agak kagok. Jika saat berposisi sebagai marketing saya dapat “berjalan-jalan” setiap hari, saat berposisi sebagai marketing support saya otomatis hanya berada di dalam ruangan mengurus printilan yang dibutuhkan oleh marketing untuk diajukan ke rekan-rekan di back office. Meskipun terkadang menjemukan rasanya tapi ada hal yang saya pelajari di posisi ini yaitu attention to detail. Jika ada satu dokumen kurang maka proyek marketing akan terombang-ambing oleh back office. Efeknya target penjualan tim akan menurun dan tentu saja akan ada postingan semacam vitamin B 🙂 .

Bagi saya posisi saat ini sebagai marketing support menambah kesempatan saya untuk lebih rajin menulis. Tentu saja saya menulis setelah menyelesaikan segala laporan, korespondensi dan lainnya.

Jika ada pertanyaan atau tanggapan silahkan gunakan kolom komentar dibawah 🙂 .

About these ads

1 Comment

  1. wah menarik ya. saya juga saat ini sedang menjajal posisi sebagai marketing support.

Leave a Reply

%d bloggers like this: