Cara Mengasah Kemampuan Skill Listening Bahasa Inggris

Halo sahabat pencaricerah.com. Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan email dari salah seorang teman kita via email pribadi yang meminta agar saya dapat memberikan panduan agar sukses menjalani perkuliahan di jurusan sastra inggris. Kali ini saya akan membagikan trik saya belajar mata kuliah listening bahasa inggris.

Permintaan ini tentu saya kabulkan karena selain saya ingin bermanfaat bagi orang banyak sekaligus saya merasa rindu untuk kembali merasakan masa-masa kuliah.

Semoga blog ini dapat mencapai tujuan tersebut.

Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang skill dasar yang harus dipunyai oleh seorang mahasiswa sastra inggris.

Dengan menguasai skill ini Insya Allah sahabat-sahabat akan lebih mudah dalam menjalani proses akademik nantinya.

Meskipun saya menuliskan untuk sahabat-sahabat yang sedang menempuh pendidikan sastra inggris, saya rasa cara mengasah skill bahasa inggris yang akan saya sampaikan bisa diterapkan oleh masyarakat umum yang ingin belajar bahasa inggris.

Dalam mengasah kemampuan dalam bahasa asing (baca:bahasa inggris) saya berkesimpulan ada 3 kemampuan dasar (skill) yang harus dikuasai. Skill tersebut antara lain:

  1. listening
  2. speaking
  3. writing
  4. reading

Empat poing skill dasar tersebut saling berhubungan satu sama lain. Karena Listening yang bahasa inggrisnya mendengar akan membuat seseorang merespon dengan speaking (berbicara) lalu langkah selanjutnya adalah writing atau menulis.

Jika diurutkan dari cara kita mendapatkan kemampuan untuk berkomunikasi, saya meletakkan skill listening ini pada urutan pertama karena skill ini yang merupakan dasar dari kemampuan berbahasa kita.

Listening Kemampuan Yang Telah Dibawa Sejak Bayi

Hal ini saya terima sewaktu mengambil salah satu mata kuliah linguistik. (cuma saya lupa nama mata kuliahnya)

Apa yang saya terima dari kuliah tersebut ternyata dapat saya lihat pada perkembangan bayi saya saat ini .

Bayi ketika lahir tidak bisa mengucapkan kata-kata untuk memberikan informasi kepada orang tuanya tentang keadaannya (kecuali nabi Isa A.S.). Bayi hanya bisa menangis dan orang tuanya (khususnya ibu) yang bisa memahami apakah tangisan itu berarti si bayi lagi pup/buang air kecil, si bayi lagi kelaparan, atau si bayi lagi tidak nyaman (mungkin gerah atau lainnya).

Ketika bayi mulai berkembang, ia mengasah kemampuan listening atau mendengar.

listening bahasa inggris
sumber gambar: learnenglishteens.britishcouncil.org

Saya sering mengamati bagaimana bayi saya diajak bicara oleh orang-orang di sekitarnya dan ia merespon apa yang telah disampaikan dengan caranya sendiri. Contoh saja ketika saya berangkat kerja pagi ini dan saya pamitan kepada bayi laki-laki saya, saya melihat matanya sendu dan kakinya bergerak seakan melangkah ingin ikut saya pergi.

Maaf kepanjangan, tapi itu pendahuluan kita untuk mengasah skill pertama dalam berkomunikasi dalam bahasa inggris dan telah kita miliki sejak kecil, listening (mendengar)

Balik lagi ke kemampuan listening bahasa inggris yang harus anda kuasai.

Dalam proses listening kita harus menjadi seorang yang pasif, artinya kita harus mendengar atau menerima apa pun yang diucapkan oleh orang hingga kita bisa mengerti apa yang dimaksudkan oleh orang yang berucap tersebut.

3 Media Yang Bisa Digunakan Untuk Melatih Listening Bahasa Inggris

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris Favorit

Ketika saya masih sekolah dan juga berlanjut kala kuliah, cara saya mengasah kemampuan listening ini adalah dengan mencatat lirik lagu dari band-band luar negeri (khususnya yang berbahasa inggris) dan kemudian membandingkannya dengan orang lain.

Trik ini masih bisa anda lakukan dengan banyaknya media digital yang ada sekarang. Baik smartphone, program mp3 player di PC/laptop/netbook, atau alat lainnya.

Bahkan dengan menggunakan media yang ada saat ini anda tidak akan khawatir jika album penyanyi favorit anda akan rusak (hal yang menjadi kekhawatiran saya ketika masih menggunakan tape recorder).

Jadi tugas yang harus anda lakukan saat ini adalah memilih sebuah lagu berbahasa inggris artis yang kalian sukai lalu menulis liriknya sendiri.

HARAP DIINGAT… DENGARKAN lalu TULISKAN

Jangan gunakan situs-situs penyedia lyric lagu dari artis yang kalian sukai. Karena itu tidak akan mengasah skil kalian sendiri.

Dulu ketika saya pertama kali kursus bahasa inggris, kemampuan ini yang paling banyak menyita waktu selain dengan kemampuan lainnya. Maksudnya hampir setiap waktu proses listening ini dilakukan dibanding proses speaking dan writing.

Mendengarkan Pronounciation dengan Google Translate

Jadi mentor saya saat kursus lebih banyak mendiktekan kata-kata dalam bahasa inggris (khususnya kata-kata baru) dan kemudian saya harus benar-benar MENDENGAR bagaimana kata-kata itu diucapkan.

Setelah kata-kata tersebut diucapkan maka saya dan teman-teman lainnya harus mengucapkannya kembali. Tentu saja karena bukan orang inggris logat kami dalam mengucapkan kata-kata dalam bahasa inggris menjadi tertawaan. Pasalnya dialek bahasa kedaerahan masih terbawa dalam pengucapan tersebut.

Jika anda tidak sempat kursus bahasa inggris namun mempunyai smartphone (entah itu android, windows, atau iPhone) anda dapat menggunakan google translate untuk menggantikan metode mentor saya tersebut.

Caranya melatih listening bahasa inggris dengan google translate:

  1. ketik kata-kata yang anda pelajari dalam kotak yang disediakan,
  2. tekan ikon speaker yang terdapat dibawah kotak tersebut,
  3. dengarkan bagaimana pengucapan kata tersebut melalui google translate

Prakteknya

  1. Saya ingin mengetahui bagaimana pengucapan kata analytics
  2. masuk ke situs google translate
  3. ketikkan kata analytics dalam kotak yang telah disediakan
  4. dengarkan orang yang mengisi suara di google translate berucap kata tersebut
  5. ulangi bagaimana orang tersebut mengucapkan kata analytics

Tingkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris Dengan Mendengarkan Berita Berbahasa Inggris

Cara lain untuk mengasah kemampuan listening anda adalah dengan mendengarkan berita berbahasa inggris.

Cara ini dilakukan oleh teman satu kosan saya ketika kuliah.

Teman saya ini banyak mendengarkan siaran berita dari bbc yang dapat disiarkan dalam gelombang frekuensi AM.

Cara ini lebih efektif daripada cara-cara diatas karena beberapa hal

  1. anda tidak hanya belajar mendengarkan cara pengucapan beberapa kata,
  2. anda juga bisa langsung mendengarkan bagaimana percakapan sedang berlangsung antara narasumber dalam bahasa inggris.

Sekarang dengan smartphone yang anda miliki anda cukup mengunduh aplikasi-aplikasi dari kantor berita asing untuk melatih kemampuan dasar bahasa inggris anda.

Dalam aplikasi sebuah smartphone ketiga skill dalam mengasah kemampuan bahasa inggris akan dapat dilakukan dalam satu waktu.

Jika anda tidak mempunyai smartphone, maka cobalah membeli media untuk belajar bahasa inggris secara otodidak.

Pesan Modul dan Alat Bantunya di sini

Kesimpulan

Listening atau Mendengar adalah salah satu skill dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa sastra inggris. Tapi meskipun saya memfokuskan untuk mahasiswa sastra inggris anda yang ingin belajar bahasa inggris pun bisa mempraktekkannya.

Listening merupakan skill dasar yang telah kita asah sedari kecil, lebih tepatnya ketika kita lahir.

Dalam belajar listening bahasa inggris skill dasar lain pun akan ikut seperti speaking dan writing. Dua skill lainnya ini akan dibahas pada postingan berbeda karena harus dibicarakan secara khusus.

Jika anda merasakan tulisan ini bermanfaat tolong bantu untuk di bagikan ke teman-teman lain, dan jika ada pertanyaan tentang mengasah kemampuan listening ini silahkan berkomentar di kolom komentar yang telah diberikan.

Terima kasih.

About these ads

2 Comment

  1. Susah bener belajar bahasa inggris hehehe

    1. kandra says: Reply

      jangan difokusin susahnya gan, fokusin enjoy belajarnya ada dulu. 🙂

Leave a Reply