Tak Berkategori

Layanan Khusus FIFA di Piala Dunia Brasil Untuk Penyandang Disabilitas

Maskot Piala Dunia 2014 Brazil

FIFA sebagai sebuah organisasi sepak bola dunia yang mempunyai even besar seperti piala dunia ternyata tidak selamanya menutup mata dengan penggemar bola yang menyandang disabilitas. Di perayaan sepak bola dunia yang berlangsung di Brazil FIFA dengan LOC (Local Organising Comitee) atau event organizer lokal bekerja sama untuk pertama kalinya memberikan layanan komentar pertandingan.

Layanan ini hampir seperti komentator radio yang biasa ditemui namun komentar yang disampaikan lebih menitik beratkan pada suasana didalam stadion. Seorang komentator yang telah dilatih dengan khusus tidak hanya menyampaikan jalannya pertandingan namun suasana di dalam stadion secara detail sehingga para penyandang disabilitas bisa merasakan suasana menonton pertandingan sepak bola layaknya orang normal.

Penonton yang menyandang disabilitas hanya membutuhkan headphone atau radio portable/smartphone yang mempunyai fitur radio untuk mendapatkan layanan tersebut. Sepuluh menit sebelum kick off penonton penyandang disabilitas harus tune in ke sinyal radio yang telah dirancang oleh FIFA.

Untuk percobaan layanan baru ini FIFA baru memberikan 4 stadion untuk menyiarkan “siaran langsung” ini. Keempat stadion tersebut masing-masing berada di Belo Horizontae, Brasillia, Rio de Janeiro, dan Sao Paulo. Layanan ini diperuntukkan untuk mereka yang buta atau mengalami gangguan penglihatan.

Advertisements

Leave a Reply