Kursi Staff Kantor: Sakit Pinggang dan Cara Hindari Penyakit Lainnya

Duduk di kursi staff hingga seharian di kantor merupakan hal yang umum terjadi khususnya bagi karyawan yang mempunyai tugas sebagai marketing support. Pekerjaan yang tugas umumnya adalah membantu marketing dalam hal administratif ini mengharuskan karyawan untuk bekerja di kantor sepanjang hari.

Bayangkan selama 8 jam hanya duduk di depan duduk di depan komputer. Menurut kamu enak?

Tergantung sih. Sebagian memilih untuk menjadi marketing karena tidak bisa diam di kantor dalam waktu lama. Sebagian lain dari kita memilih menjadi marketing support karena tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang baru.

Generic Banner

Bagi teman-teman yang punya posisi seperti saya, marketing support, hati-hati dalam menjaga kesehatan.

Kenapa?

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Epidemology telah mengungkapkan bahwa duduk dengan durasi terlalu lama tidak baik untuk kesehatan. Beberapa penyakit yang dapat terjadi apabila terlalu lama duduk antara lain, pegal-pegal, kelainan pada tulang, hingga diabetes.
Teman-teman juga merasakan keluhan diatas? Sama. Saya juga.
Untuk mengatasi permasalahan kesehatan diatas, hasil dari penelitian tersebut menganjurkan agar para pekerja kantoran memberikan waktu lebih kurang 71 menit untuk melakukan gerakan peregangan di sela-sela saat bekerja untuk menjaga kesehatannya. Lalu, apa saja gerakan yang dapat dilakukan di kursi staff?

Menurut informasi dari teman dokter di kantor, beberapa gerakan yang bisa dilakukan oleh marketing support seperti saya adalah sebagai berikut:

Berdiri dengan kaki menyilang membentuk angka 4

dok. pribadi

Gerakan pertama yang dapat dilakukan adalah berdiri dengan kaki menyilang dan membuatnya menyerupai angka 4. Gerakan ini dapat meregangkan punggung dan kaki yang lelah karena terus menerus duduk di kursi. Selain itu untuk hasil yang lebih maksimal lakukan secara bergantian pada kaki kanan dan kiri dan ulangi sampai setidaknya 8 kali repetisi.

Pose kucing atau sapi

dok. pribadi

Gerakan yang satu ini memang agak sedikit unik. Kita cukup beranjak dari kursi dengan tangan yang memegang lutut. Setelah itu lekukkan lutut kedepan, tarik bokong ke belakang, busungkan dada Anda kedepan dan hadapkan wajah Anda ke bawah seperti kucing saat melakukan peregangan. Setelah itu lakukan gerakan membusungkan dada dan menariknya ke belakang secara berulang-ulang untuk melemaskan sendi-sendi Anda. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya lakukan gerakan ini berulang hingga 8 kali repetisi.

Jembatan dari kursi

dok. pribadi

Gerakan peregangan yang berikutnya adalah membuat tubuh Anda menjadi seperti jembatan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah beranjak sejenak dari bangku Anda. Kemudian, tetap letakkan tangan Anda di kursi staff, lalu angkat dada dan bokong keatas dengan wajah yang menghadap ke atas pula. Lakukan gerakan ini berulang-ulang agar sendi pada tubuh Anda menjadi lemas setidaknya hingga 8 kali repetisi.

Itu tadi beberapa gerakan yang dapat kita lakukan agar tidak perlu sering-sering beli obat di apotik online.

Tertarik untuk mecobanya di kantor? Sedikit tip: lakukan ketika orang-orang lagi sibuk dengan pekerjaan masing-masing supaya tidak membuat kehebohan.

Sumber
https://www.suara.com/health/2016/04/22/211240/ingin-hidup-lebih-lama-kurangi-durasi-duduk-anda

Advertisements
Post a Job

Punya Tanggapan? Mari kita berdiskusi