About these ads

Kuliah Jurusan Sastra Inggris? Disini Informasi Lengkapnya

Kuliah jurusan sastra inggris seperti apa sih?Saya tahu anda merasa penasaran dengan kehidupan kampus jika memilih sastra inggris sebagai pilihan.

Andaikata saya membaca buku Catatan Indah Untuk Tuhan saat kuliah dulu.

Anda ingin kuliah di jurusan sastra inggris setelah menyelesaikan sekolah nanti? Mau tau apa saja yang akan anda lalui di jurusan bahasa ini?

Atau Anda sudah diterima di jurusan sastra inggris salah satu perguruan tinggi negeri dan bingung bagaimana akan melalui kehidupan perkuliahan?

Simak pengalaman kuliah sastra inggris dari saya.

Latar belakang pendidikan saya adalah Sarjana Sastra dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang. Saya masuk jurusan ini setelah melalui ujian nasional yang diadakan serentak oleh perguruan tinggi negeri di Indonesia yang bernama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (disingkat SPMB) tahun 2002 lalu.

Saya lulus kuliah dan mendapatkan gelar Sarjana di tahun 2005 setelah mempertahankan skripsi yang mengambil judul The Power of Jews in The Plot Against America by Philip Roth. Saat ini saya sudah bekerja di salah satu perusahaan asuransi swasta nasional di Jakarta dan banyak rekan-rekan seangkatan saya yang telah bekerja baik di pemerintahan maupun di sektor swasta.novel yang membuat saya menyelesaikan kuliah jurusan sastra inggris

Saya menyatakan fakta-fakta diatas agar anda yang SAAT ini kuliah di jurusan sastra inggris bisa dengan tenang menuntut ilmu dan juga saya ingin agar pelajar yang sedang menimbang-nimbang akan mengambil jurusan apa saat kuliah nanti bisa mendapatkan sebuah wawasan.

Kenapa sih masuk sastra inggris?

Pertanyaan ini pernah didapatkan oleh beberapa mahasiswa sastra jurusan sastra inggris. Umumnya pertanyaan ini muncul karena ketidaktahuan si penanya tentang seluk beluk program studi sastra inggris.

Bahkan secara serampangan banyak dari orang yang kurang pengetahuan ini menyamakan kuliah sastra inggris dengan kursus bahasa inggris. Saya pernah mempunyai sikap yang sama hingga saya merasakan bagaimana kuliah jurusan sastra inggris.

Jika anda mendapatkan pertanyaan bodoh seperti ini jawab saja dengan pengalaman kuliah jurusan sastra inggris saya.

Memilih Kuliah Jurusan Sastra Inggris

Bagi saya pribadi mempelajari bahasa adalah sebuah hobi. Terlebih daerah asal saya, Bukittinggi, adalah sebuah kota wisata dengan banyak turis backpacker yang lalu lalang dan meminta informasi pada masyarakat sekitar untuk menuju lokasi wisata.

Jadi secara tidak langsung saya di doktrin untuk menyukai bahasa inggris.

Semenjak saya mulai sekolah orang tua saya menyadari minat yang saya miliki. Terlebih bunda. Dengan keterbatasan kondisi keuangan keluarga, ia “memaksa” saya untuk terus les hingga selesai sekolah menengah atas.

Jujur saja saya merasa bosan dengan belajar bahasa inggris waktu itu.

Maka saya berniat ketika saya kuliah, saya akan mengambil jurusan bahasa asing lainnya. Bahasa asing yang mulai menarik perhatian saya adalah bahasa Perancis.

Saya utarakan hal tersebut kepada Bunda. Beliau mendengarkan keinginan saya dan juga memberikan saran agar saya bisa linear dalam mengambil kuliah.

Maksudnya jelas bahwa saya harus ambil jurusan sastra inggris di ujian masuk perguruan tinggi nanti. Saya berpikir, “ya eelah bahasa inggris lagi.”kuliah sastra inggris

Untung juga saya ikut pendapat Bunda karena saya akhirnya bisa lulus di jurusan sastra inggris Universitas Negeri Padang.

Secara kualitas tempat kuliah sastra inggris yang bagus adalah jurusan yang mendapatkan pengakuan baik dari institusi pendidikan tinggi miliki negara.

Untuk jurusan saya peringkat yang diberikan dikti adalah akreditasi B secara nasional.

Seperti yang saya sampaikan diatas tadi kuliah jurusan sastra inggris berbeda dengan kuliah bahasa inggris.

Faktanya anda yang kuliah di jurusan bahasa dan sastra inggris akan banyak belajar Bahasa Inggris seperti grammar, tenses, dan lain-lain.

Namun selain belajar ilmu dasar bahasa inggris tersebut anda juga akan menerima mata kuliah jurusan sastra inggris seperti budaya, sejarah, sastra, dan ilmu-ilmu humaniora lainnya.

Walaupun anda belajar ilmu dasar Bahasa Inggris sebaiknya anda juga mempunyai persiapan tentang penguasaan bahasa inggris itu sendiri sebelum kuliah.

Di kampus saya tidak seluruh mata kuliah bahasa pengantarnya bahasa inggris. Beberapa kali jika mahasiswa kesulitan untuk mengikuti perkuliahan dengan pengantar bahasa inggris, dosen saya memberi kuliah dengan bahasa Indonesia.

Kalau anda merasa butuh cobalah belajar sendiri atau secara otodidak di rumah. Silahkan ikuti caranya disini atau disini.

Jadi apa itu jurusan sastra inggris?

Jika saya harus mendefinisikan jurusan ini maka saya akan menggambarkan jika jurusan sastra inggris adalah jurusan yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang profesional yang mampu berkomunikasi dan memahami karya sastra yang dibuat dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Dari definisi tersebut semoga anda lebih memahami bahwa sastra inggris itu tidak hanya tentang Bahasa Inggris namun juga tidak terbatas pada karya sastra berbahasa Inggris.

Jika anda bertanya kepada saya apakah jurusan sastra inggris bagus maka saya akan menjawab dengan lantang jika jurusan ini sangat bagus. Meski saya memiliki penyesalan. Penyesalan ini akan saya ceritakan pada artikel yang lain.

Program Studi Kuliah Jurusan Sastra Inggris Yang Dapat Anda Pertimbangkan

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Negeri Padang (almamater saya) mempunyai beberapa program studi yang dapat dipilih oleh seorang mahasiswa saat kuliah di jurusan tersebut. Program Studi tersebut adalah

  1. Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Sastra Inggris konsentrasi Sastra
  3. Sastra Inggris konsentrasi Linguistik

Kalau anda sudah menetapkan profesi untuk menjadi guru maka anda harus mengambil program studi pendidikan Bahasa Inggris.

Program ini akan menuntun anda untuk menjadi seorang guru nantinya.

Kalau melihat bagaimana teman-teman saya mempersiapkan bahan ajar, rencana pengajaran dalam satu semester, hingga memberi nilai pada murid-muridnya (ini terjadi saat Praktek Kerja Lapangan) saya cukup puas dengan keputusan saya untuk mengambil jurusan sastra inggris.

Saya mendapatkan beberapa komentar dari pelajar jurusan IPA yang ingin kuliah jurusan sastra inggris.

Di artikel ini saya ingin menjawab jika mereka bisa masuk ke jurusan sastra inggris walaupun jurusan di sekolah bukan IPS.

Caranya adalah dengan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dan mengambil ujian IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran).

Memang para pelajar jurusan IPA ini akan merasakan tantangan yang cukup berat dalam mempersiapkan diri untuk ujian tetapi jika memang anda-anda (anak IPA) ingin masuk jurusan sastra inggris ini, jalan berat ini yang harus anda tempuh.

Pun sebaliknya jika pelajar jurusan IPS ingin masuk ke kuliah dimana seharusnya yang masuk adalah pelajar jurusan IPA, mereka harus mengikuti ujian serupa.

Semoga tulisan saya tentang pengalaman kuliah jurusan sastra inggris dapat menjadi pelajaran bagi anda yang sedang kuliah maupun yang sedang mempertimbangkan kuliah di jurusan ini. Jika anda punya pertanyaan atau ada hal yang ingin didiskusikan silahkan gunakan kolom komentar dibawah. Saya sangat menyukai berdiskusi dengan dengan anda melalui kolom komentar.

About these ads

84 Comment

  1. Putrima says: Reply

    Hy Ka Kandra ( boleh aku panggil gitu kan? )
    Aku tertarik nih sama postingan2 kakak tentang hal2 yg berkaitan sama sastra Inggris.
    Em kenalan dulu ya? 😀
    Aku Putrima dari Buntok, Kalteng.
    Duduk di SMA kelas XII ipa.
    Nah… Kan bentar lagi UN, lalu lulus (amin). Aku rencananya mau ngambil jurusan sastra Inggris, tapi katanya yg bisa masuk jurusan itu cuma anak2 ips. Gimana dong?

    1. kandra says: Reply

      Kalau masuk jurusan sastra inggris ga tergantung pada kelas/program saat di SMU. Walaupun saat Ujian Nasional Masuk Perguruan Tinggi letak jurusan ini lebih dekat dengan anak-anak program IPS. Tapi saat saya kuliah banyak juga teman-teman kuliah yang berasal dari program/kelas IPA so jangan kecil hati dulu. Mantapkan hati, belajar yang sungguh-sungguh dan semoga lulus nanti di Sastra Inggris

  2. […] Yang berminat untuk lanjut ke jurusan sastra inggris klik link ini. […]

  3. […] Kuliah di Jurusan Sastra Inggris Yang harus Diketahui […]

  4. Hai kak, namaku Arinda. Aku emang suka bgt sm bahasa inggris.Tapi aku masih bingung bedanya jurusan Sastra Inggris, Bahasa Inggris dan Pend.Bhs Inggris.
    Terus katanya nanti di sastra inggris bakal dijurusin lagi kan ke sastra, budaya, sejarah, kebudayaan. Itu bedanya budaya dan kebudayaan apa ya kak? Boleh minta tolong jelasin?

    Makasih sebelumnya kak ^^

    1. kandra says: Reply

      Hi Ara

      Simpelnya program pendidikan Bahasa Inggris itu mendidik mahasiswa agar menjadi guru mata pelajaran Bahasa Inggris yang profesional, sedangkan Program Sastra Inggris (atau Non Kependidikan) mendidik mahasiswa menjadi seorang profesional di dunia kerja.
      Sastra adalah bagian dari budaya, dan karena budaya tidak lepas dari sejarah. Karya sastra merangkum semua hal ini. Tidak hanya sejarah tapi juga kehidupan sosial masyarakat yang juga membentuk budaya dapat dirangkum oleh dalam karya sastra.
      Kebudayaan adalah hasil olah budi, akal, dan rasa manusia yang diterima dan dilakukan oleh manusia (individu) dan masyarakat dalam sebuah kelompok.

  5. hay kak kandra
    aku sangat terkesan dengan postingan kk
    sebelumnya knalan dulu
    namaku andy aku kelas 12 jurusan bahasa, nah kan sebentar lg UN dan aku masih bingung mau ngambil jurusan apa di kuliah nanti, saranya gimana??
    dan apakah seorang yg lulusan bahasa bisa lebih mudah memahami materi pendidikan bahasa inggris yg diambil di kulian nanti??
    mohon bimbinganya kak

    1. kandra says: Reply

      Hai Andy

      Selamat ya sudah masuk jurusan Bahasa, dulu saya gagal masuk kelas bahasa karena peminatnya sangat sedikit. Untuk jurusan yang diambil nanti ketika kuliah sebaiknya sesuaikan dengan minat Andy sendiri. Saya dulu ingin masuk sastra perancis di UI tapi karena dari kecil orang tua telah melihat minat saya di bahasa Inggris cukup kuat maka saya diarahkan untuk mengambil kuliah sastra Inggris. Dari pengalaman saya ini semoga andy bisa mengambil pelajaran.
      Jurusan Bahasa tentu banyak mempelajari bahasa Asing untuk penggunaan sehari-hari, Andy tinggal memilih dari Bahasa Asing yang telah dipelajari itu pelajaran Bahasa yang mana yang paling Andy kuasai atau yang Andy minati. Jika Andy mempunyai cita-cita menjadi guru dengan bekal yang andy dapatkan di sekolah dan juga pendalaman materi di kuliah akan membuat andy menjadi guru bahasa yang profesional.

  6. hallo kak. saya ingin sekali masuk fakultas sastra inggris. yang saya ingin tanyakan, apakah kalau masuk fakultas sastra inggris harus mempunyai skill berbahasa inggris diatas rata2? terimakasih.

    1. kandra says: Reply

      Hai Adeline

      Masuk jurusan sastra Inggris tidak harus punya kemampuan bahasa Inggris diatas rata-rata, kalau punya lebih baik 😀 . Nanti di jurusan juga bakal dipelajari bahasa Inggrisnya dimulai dari yang dasar. Jadi tenang saja, usahakan masuk ya 🙂 .

  7. waaaahhhhhh,, thank you yaaa… jadi udah tekad kuat nihh, buat masuk jurusan sastra inggris….

    1. kandra says: Reply

      semangat ya dessy 🙂

  8. Usia gue 25 tahun, baru sempet kuliah skrang semenjak gua lulus D3 3 tahun lalu, apakah gue telat kalo masuk sekarang soalnya kalo masalah tekad gue sangat bersemangat masuk fak. sastra inggris walaupun D3 gue dulu di komputer. terlambat ga menurut ente ????

    1. kandra says: Reply

      menurut ane telat bro.. tapi coba dulu deh. ada program non reguler jika ente mau kuliah sastra inggris. kalo di tempat gue dulu (univ negeri padang) di program non reguler ini banyak yang sudah bekerja dan mengambil kuliah. kalo di jakarta namanya kelas karyawan.

  9. Hi ka, saya Bayu. Saya mau nanya something tentang perkuliahan. Kalau jurusan B.inggris ada jurusan apa aja (cabangnya)? Kalau mau jadi guru B.inggris lebih ke jurusan yang mana fokusnya? #ditunggu secepatnya ya ka lagi nervous milihnya ):

    1. kandra says: Reply

      hai bayu

      kalau mau jadi guru pilih program studi kependidikan itu jalan untuk menjadi guru

  10. hi kandra saya ujang usia 25, gak tahu sama sekali b.inggris, cuma tamatan SMP, tapi saya udh punya ijazah paket C, saya suka bahasa inggris, saya punya minat untuk kuliah jurusan sastra inggris, yang saya mau tanyakan apakah saya masih bisa masuk kuliah di sastra inggris?

    1. kandra says: Reply

      tentu saja masih bisa, di beberapa kampus swasta yang saya temui di Jakarta (tempat saya domisili sekarang) ada kampus yang menawarkan kuliah untuk karyawan atau bisa saja di kampus negeri tapi programnya disebut ekstensi (waktu saya kuliah namanya ekstensi kalau sekarang saya kurang tahu). Di program ekstensi ini programnya sama dengan program kuliah reguler hanya berbeda di biaya perkuliahan.

      semoga membantu

  11. hi Kandra, saya ujang 25thn, saya belum mengerti bhs.inggris bahkan sastra inggris, saya tamatan SMP, tapi sudah punya ijazah paket C, saya tertarik dan ingin belajar bhs. inggris dan sastra inggris, yang saya ingin tanyakan, apakah yg tidak memiliki basic bhs.inggris bisa kuliah di jurusan sastra inggris?
    dan umumnya tes apa saja yg diberikan untuk calon mahasiswa jurusan sastra inggris?

    1. kandra says: Reply

      hai mas ujang
      makasih sudah berkunjung ke blog ini. semoga jawaban saya bisa memuaskan
      1. apakah yg tidak memiliki basic bhs.inggris bisa kuliah di jurusan sastra inggris? sejauh yang saya ketahui selama saya berada di jurusan sastra inggris seorang mahasiswa yang tidak mempunyai pengetahuan tentang bahasa inggris bisa kuliah di sastra inggris. Syarat pertama mungkin lulus ujian perguruan tinggi yang dimaksud. Dan saya punya teman satu kelas waktu kuliah yang kemampuan bahasa inggrisnya jauh dibawah rata-rata kawan saya yang sejurusan.
      2. umumnya tes apa saja yg diberikan untuk calon mahasiswa jurusan sastra inggris? untuk test calon mahasiswa sastra inggris biasanya ada tes pengetahuan sejauh mana kemampuan bahasa inggris yang dibawa dari sekolah. dan setelah tes ini (ctt. ini waktu saya dikampus) saya dan teman-teman lain tetap diajari bahasa inggris dari awal (basic).
      jika mas ujang punya kesempatan dan sedikit uang untuk investasi coba cek http://www.belajaringgris.net, semoga jawaban saya bisa membantu

  12. mau tanya nih, kalo sastra itu selama kita belajar di kelas dosen ngajarnya pake b.inggris full atau engga?

    1. kandra says: Reply

      hai

      untuk pengantar kuliah tergantung dosen sih. tapi selama dosennya orang Indonesia kemungkinan besar ia akan menggunakan dua bahasa. Sesekali bahasa Indonesia, sesekali bahasa Inggris

  13. halo kak Kandra… jadi gini aku kan bru naik ke kelas 11. nah jurusan aku ips. aku mau pilih jurusan sastra inggriss.. tapi di sekolah aku ada dua pelajaran yg berkaitan dg bahasa inggris. 1. bahasa inggris. 2. bahasa & sastra inggris. tapi bahasa dan sastra inggris itu cuma peminatan. nah kalo mau ambil snmptn jurusan sastra inggris, kira kira yang diutamakan bahasa inggris biasa(?) atau yg bahasa dan sastra inggris itu??. nah trus yg kedua.. kira- kira nilai bahasa inggris nya minimal berapa ya?? nilai aku cuma berada di 3,69 terus.. apa hrus 4?? atau 3,8 atau berapa?? kalo harus tinggi, dikelas yg skrng aku fokusin lagi..

    hehe itu aja kak.. Ditunggu pencerahanmya.. terimakasihh 🙂

    1. kandra says: Reply

      hai syofni,

      membaca tanggapan kamu saya merasa sedih 🙁
      sedihnya karena jarak umur kita sangat jauh berbeda 😀
      kalau untuk standar nilai bahasa inggris sejujurnya saya tidak tahu sama sekali sekarang. karena di jaman saya sekolah (tahun 1999) masih jamannya ebtanas dan nilai mata pelajaran untuk bisa lulus minimal 5 (kalau saya tidak salah hehehe..)
      sekarang pada pertanyaan syofni, yang diutamakan bahasa inggris atau bahasa dan sastra inggris? menurut saya fokusin saja ke mata pelajaran bahasa inggris, sedangkan bahasa dan sastra inggris yang jadi peminatan juga diseriusi agar ga kaget jika,insya Allah, lulus snmptn nanti.

      1. 5 ?? 😀 kalo di kur 13 skrng kan kaya kuliah” gitu kak/om(?) . Yg tertinggi nilainya 4 😀 jadi kalo dpt nilai 4 brarti 100 😀 brarti kalo 3,69 : 92,25 -.- msih dibawah bngt.

        Oke om.. makasih pencerahannya.. ^^ bakal fokus lagi belajarnyaa :D~~~

      2. Skali lgi makasih kakak/om/paman pencerahannya ^^

        1. kandra says: Reply

          kakak aja deh panggilannya, om ketuaan 😀

  14. hai kak kandra ..
    saya dewi dari jakarta, saat ini saya sedang dilema. awalnya saya berniat untuk masuk jurusan sastra inggris di UI, tapi orang tua dan kakak saya menyarankan untuk masuk ke jurusan sistem informasi ( fakultas ilmu komputer ), karena saya sangat menyukai komputer, dan semakin berkembangnya zaman , tentu ilmu komputer sangat dibutuhkan bagi perusahaan2. sedangkan saya berminat dengan bahasa inggris. walaupun bahasa inggris saya masih terbata-bata.

    menurut kak kandra, saya harus pilih yang mana ? terima kasih sebelumnya.

    1. kandra says: Reply

      halo dewi

      maaf telat nih balesnya. lebih baik masuk saja di jurusan sistem informasi ini. kalau untuk bahasa inggris yang dipergunakan untuk komunikasi nantinya carilah lembaga kursus bahasa inggris seperti ef, lia, atau yang lain. good luck ya

  15. Mau ikutan bertanya dong mas, maaf mungkin saya belum obrak-abrik blog ini (maksudnya menelusuri semua :D). Tapi saya ingin dengar cerita nya mas mengenai awal masuk sastra inggris. Sebelum masuk jurursan itu, apa mas sudah jago bahasa inggris atau gi mana?
    Maaf & Terima kasih..

    1. kandra says: Reply

      halo abdi,
      saya sebelum masuk sastra inggris memang sudah les juga sebelumnya. tapi kalau dibilang jago tentu tidak, hanya mempermudah untuk belajar bahasa inggris di sekolah. yang jago bahasa inggris adalah orang yang sudah pernah hidup di inggris 🙂 teman saya ada yang dapat karunia ini. teman saya wanita dan dia ikut suami ke inggris, lahiran disana. sekarang anaknya sudah berumur kurang lebih lima tahun. dan teman saya itu ngabarin lewat fbnya kalau anaknya lebih jago bahasa inggris dibanding dia. fyi saya selalu menganggap teman saya tersebut lebih baik skill bahasa inggrisnya daripada saya sendiri. 🙂

  16. kak kandra, lulusan sastra inggris itu untuk peluang kerjanya luas apa engga ya? sama kira2 gambaran kerjanya seperti apa ke depan? terimakasih 🙂

    1. kandra says: Reply

      sok atuh michael silahkeun dibaca peluang kerja sastra inggris

  17. Hai Kak nama saya Ayik, salam kenal,,,
    Saya sudah masuk jurusan sastra inggris di universitas Udayana, tapi bahasa inggris saya masih kurang Kak, saya msh semester 1 sih, tp speaking, grammar & pronounce saya msh buruk Kak,,
    Khususnya di matkul speaking for naration karena sering disuruh cerita spontan,,,

    1. kandra says: Reply

      Halo ayik,
      Selamat ya udah lulus di sasing udayana. Klo soal pronounce coba perbaikin deh dengan google translate. Atau ulangi bagian dari film yang kamu sukai. Trus coba monolog dalam bahasa inggris.
      Sekali lagi selamat ya

  18. hiii kaa. saya mau tanya,klo kuliah di jurusan sastra inggris itu bisa jadi guru bahasa inggris gak ka?PNS lah gtu?trus klo kuliah di pendidikan bahasa inggris itu bisa selain guru apa engga ka? makasih.

    1. kandra says: Reply

      Kalau mau jadi guru bisa aja sih. Tapi lebih baik pilihannya pendidikan bahasa inggris bukan sastra inggris. Kalau masuk sastra inggris harus ambil sertifikasi dan kompetensi keguruan.

  19. kandra says: Reply

    Hai rahmi
    Kalau saran saya lanjutin ke farmasi aja, memang bakal ada kejenuhan saat belajar tapi paling tidak kamu sudah punya dasar soal farmasi.
    Jika kamu mampu ambil aja double degree, farmasi n sastra inggris/prancis. Kalau kamu bisa sabar dan tekun Insya Allah kamu bisa jadi guru besar. Soale kamu bisa dengan mudah mendalami ilmu farmasi dari Barat yg menggunakan bhs inggris/prancis.
    Semoga bisa membantu 🙂

  20. apakah siswa smk dengan keahlian teknik komputer dan jaringan bisa kuliah jurusan sastra inggris ? saya sangat berminat sekali untuk bisa kuliah jurusan sastra inggris tersebut,
    terima kasih untuk perhatian anda dalam membaca pertanyaan saya .

    1. kandra says: Reply

      Hai ariska
      Saya tidak bisa jawab pertanyaannya nih sekarang karena aturan untuk masuk jurusan bhs dan sastra inggris di ptn harus ikut ujian snptn dulu.
      Saya coba jawab secepatnya dengan lebih rinci dalam waktu dekat

  21. Hai kak Kandra, perkenalkan saya Putri siswa kelas XII IPA. Tahun ini saya akan menghadapi Ujian Nasional tentunya juga mencari Universitas dan jurusan yang saya minati. Nah kebetulan, saya sangat berminat masuk ke jurusan Sastra Inggris. Boleh bertanya? Kalau jurusan Sastra Inggris waktu kuliahnya apa banyak menggunakan grammar? To be honest saya memiliki bad grammar. Bagaimana caranya biar memiliki grammar yang baik? Oh iya saya pernah baca di suatu blog, apakah benar sering ada tugas membuat daily essay berbahasa inggris? Sedangkan saya orangnya tidak pandai untuk membuat essay. Satu lagi kak, kalau lulusan dari jurusan Sastra Inggris kebanyakan kerjanya jadi apa? Minta bantuannya ya kak, thank you so much 😀

    1. kandra says: Reply

      halo putri
      saya coba jawab pertanyaannya satu-satu ya.

      1. Apa banyak penggunaan grammar saat kuliah di sastra inggris?
        Tentu saja putri. Beberapa dosen saya saklek dalam penggunaan grammar, tapi ada yang tidak terlalu mempermasalahkannya. Dosen yang tidak mempermasalahkan kesalahan grammar biasanya meng-encourage mahasiswa agar selalu praktek. Salah atau benar itu nanti mahasiswa sendiri yang menyadari dan itulah proses belajar.
      2. Bagaimana caranya agar penggunaan grammar lebih baik?
        praktek.praktek.praktek. bagaimana cara mempraktekkannya? coba baca tulisan saya tentang cara belajar bahasa inggris
      3. Apakah sering membuat essay dalam bahasa inggris?
        Tentu saja. Jika Putri lemah dalam membuat essay maka solusinya adalah belajar menulis. Tidak usah dalam bahasa inggris langsung, coba mulai dari bahasa Indonesia kemudian terjemahkan ke bahasa inggris. Setidaknya ada beberapa cara agar bisa memperlancar bahasa inggris dan juga grammar secara tidak langsung. Menulis adalah salah satunya. Cobalah mendaftar di wordpress.com dan mulailah menulis. Mulailah dari tulisan pendek. Seiring waktu putri akan terbiasa untuk menulis.
      4. Alumni sastra inggris profesinya apa saja?
        Untuk profesi alumni bahasa dan sastra inggris putri dapat membaca postingan saya mengenai peluang kerja sastra inggris.
  22. hallo kak 🙂
    nama saya arum kelas XII IPS, stlh bca artikel kaka ini saya mau tanya kak? berarti jika saya tdk bisa berbahasa inggris dengan baik bukan berarti saya tdk bisa masuk sastra inggris. Mksd saya saya tertarik dengan sastra inggris tapi grammar, dan tenses saya masih buruk, dan saya takut jika saya masih kurang bagus dlm berbahasa inggris saya akan tertinggal atau kurang dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Jadi awalnya saya berpikir orang yang masuk sastra inggris berarti memiliki kemampuan berbhsa inggris yang baik. Yang menjadi kendala saya adalah juga untuk listening karena logat orang sana dengan kita itu berbeda jelas sih, tapi saya kurang dapat mencerna kalimat mereka, jadi saya agak down juga pada kekurangan kekurangan saya ini.

    1. kandra says: Reply

      halo arum saya coba jawab ya berdasarkan pengalaman saya.

      saat saya masuk jurusan bahasa dan sastra inggris pada semester pertama saya mendapatkan mata kuliah wajib yang bernama intensive course.

      mata kuliah ini pada dasarnya memberikan kursus intensif bahasa inggris kepada mahasiswa baru agar mampu mengikuti mata kuliah yang akan banyak menggunakan bahasa inggris sebagai pengantarnya.

      jadi jangan takut jika ada kekurangan yang terdapat pada diri Arum untuk berbahasa inggris.

      justru saya ingin agar Arum benar-benar mempertimbangkan memilih jurusan sastra inggris sebagai langkah maju untuk masa depan nantinya.

      apalagi dengan masuknya era Masyarakat Ekonomi Asean dimana kita sebagai bangsa Indonesia juga bersaing dengan bangsa asean yang akan bekerja di negara kita sendiri.

      jika Arum sudah mantab untuk masuk sastra inggris setidaknya Arum telah siap untuk persaingan global di dunia kerja.

      semoga jawaban saya membantu ya 🙂

  23. Kak, namaku Luh Gading,
    kalo sekolah di SMK bisa nggak kuliahnya masuk ke sastra inggris?

    1. kandra says: Reply

      Tentu saja luh
      Tapi kamu mesti ambil ujian ipc karena smk setau saya dikategorikan ke jurusan ipa sekolah. Silahkan koreksi jika saya salah

  24. Ivan Agustin says: Reply

    Saya baca setiap jawaban kak kendra aja udah manteb mau ke sastra inggris,, Jempolll deh kak 😉

    1. kandra says: Reply

      Makasih ivvan

  25. Sam says: Reply

    Assalamualaikum.Wr.Wb bang kandra mau nanya dong ,kalo punya sertifkat TOEFL skornya 380 bisa membantu kita lebih mudah buat masuk jurusan sastra gak sih bang ? terus kalo soal buat masuk sastra itu sulit gak bang? atau mirip” kaya tes TOEFL ? btw ane hari ini mau tes masuk bang do’a in ye bang :v huh kaki tangan pada dingin jadinya wkwk

    1. kandra says: Reply

      Klo skor toefl nya udah 380 harusnya tes gs masalah
      Tenang aja

      1. Sam says: Reply

        alhamdulillah bang keterima ke univ yang ane tuju ,tes gs itu apa bang ?

        1. kandra says: Reply

          Wah sam saya tidak tahu apa itu tes GS mungkin tes awal yang akan menentukan apakah kamu harus mengambil mata kuliah dasar atau bisa melewati mata kuliah dasar tersebut

    2. Ka kandra apa kabarnya saya mau tanya kalo lulusan sastra itu bisa jadi guru Inggris di sekolahan ngga sih ka ?

  26. Sam says: Reply

    haduh kalang kabut jadinya ,masih nunggu reply abang wkwk mohon bantuannya bang

  27. Afifah says: Reply

    Halo kak! Saya afifah. Niat nya sig mau msk ke sastra inggris thn dpn, nah kalo udh lulus nanti, kira2 job nya apa aja sih ka? Saya ngga berniat jd guru soal nya hehe. Tlg di jwb ya kak. Makasih!

    1. kandra says: Reply

      Halo afifah..
      Coba cek postingan saya tentang prospek kerja sastra inggris

    2. kandra says: Reply

      Halo afifah
      Untuk pekerjaan yang akan kamu jalani setelah kuliah sastra inggris coba cek postingan saya tentang peluang kerja sastra inggris

  28. Pelajaran dasar nya kaya gmana y??apa soal tenses?kaya present tense, simple past gitu”?
    Soalnya grammar aku kacau, mau masuk sasing cmn minder

    1. kandra says: Reply

      Belajar dasar sastra inggris awalnya ya itu yang kamu sebutkan tadi. Grammar, tenses dan lain-lain. Nanti kamu juga akan bisa dengan sendirinya karena tiap hari di semester pertama kamu diasah dasar-dasar bahasa inggris

  29. Raras Harginita says: Reply

    Hai kak mau tanya nih. Universitas swasta di surabaya yang bagus di jurusan sastra inggris apa ya?, jadi bingung. Aku minat banget di sastra inggris karena bahas budaya dan sasta inggris. Tapi gak pernah lolos tes negeri karena mungkin nilai soshum dan mtk ku kurang. Tapi hanya menonjol di b.inggris. karena aku emang suka. Tolong masukannya makasih

  30. Dhiya says: Reply

    Haii kak saya dhiya sekarang lagi galau banget nihh aku suka bahasa inggris tapi aku takut kalo masuk sastra inggris aku ga terlalu bisa bikin karya dan suka ga nyntol belajar sejarah.
    Tapi kalo aku ngambil pendidikannya aku ga berminat jadi guru kak . Menurut kakak aku mending gimana ?

    1. kandra says: Reply

      Menurut saya kamu masuk dulu sastra inggris. Soal belajar sejarah atau lainnya yang tidak kamu sukai mungkin akan berubah setelah kamu mengikuti kuliah

  31. iis rahma tika says: Reply

    hai kak saya iis, saya punya minat di sastra ingris tapi saya tidak terlalu fasih berbahasa ingris.
    apa kuliah di sastra ingris harus fasih berbahasa ingris?

    1. kandra says: Reply

      Halo iis

      Masuk sasing ga mesti fasih berbahasa Inggris namun kamu minimal bisa memahami komunikasi dalam bahasa Inggris dasar

  32. jihan says: Reply

    Hi ka, aku jihan kira kira klo mau ambil jurusan sastra inggris kan ada tes sastra inggris nya, kira kira soal nya kaya gimana ya?

    1. kandra says: Reply

      Halo jihan
      Tes untuk masuk jurusan sastra inggris tesnya biasanya terdiri dari pilihan ganda dan juga essai. Soal tes biasanya berkisar pada pelajaran bahasa inggris standar seperti grammar, verb, tenses dan lain-lain. Juga pemahaman terhadap sebuah cerita pendek atau jika kampus kamu pny labor biasanya digunakan tes listening yaitu mendengarkan cerita pendek atau percakapan kemudian kamu memilih jawaban yg diberikan

  33. Hai Kak
    Sebelum saya bertanya, saya perkenalkan diri dulu kak hehe.
    nama saya Muthia dan saya akan menghadapi UN tahun depan. Yang mau saya tanyakan kak, apakah ketika kita ingin masuk sastra/pendidikan bahasa inggris kita diharuskan mempunyai sertifikat TOEFL/IELTS? Jika iya, berapa skor yang dibutuhkan utk masuk ya kak? Terus kak, saya kan tertarik dengan pendidikan Bahasa Inggris, tetapi ada teman saya yang mengatakan bahwa ketika saya menjelaskan suatu pelajaran kepada dia, dia merasa saya menjelaskannya terbelit dan itu yang membuat saya down dan ragu kak hehe, apakah nanti di kuliah akan diajarkan bagaimana cara mengajar dengan baik? Saya kira hanya itu saja kak, maaf kan kalo kepanjangan kak xD Kamsahamnida Kakkk :))

    1. kandra says: Reply

      Halo muthia
      Pertanyaan yang bagus. Apa sertifikat toefl/ielts hrs punya? Jawabannya. Enggak mesti. Toefl/ielts itu dibutuhkan saat mau wisuda (waktu saya kuliah ya) dan jadi pertimbangan kalau kamu mau ambil beasiswa atau kuliah di luar negeri.
      Nah untuk metode mengajar itu akan didapat kalo muthia ambil jurusan pendidikan bahasa inggris. Di jurusan ini metoda² cara mengajar akan diberikan dengan lengkap. Jadi jangan khawatir.
      Sering² berkunjung ya

  34. ds says: Reply

    hi kak, saya udah keterima di sastra inggris tapi saya ga tau sama sekali tentang sastra gimana ya

    1. kandra says: Reply

      Halo Ds

      Kamu tenang aja. Semua berawal dari ketidaktahuan. Yang penting belajar dan pahami apa yang dipelajari.

      Sekali lagi selamat ya

  35. […] Sastra Inggris; Internet Marketing 15 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Masuk Perguruan Tinggi Kuliah di Jurusan Sastra Inggris Yang harus Diketahui Doni: kuliah di jurusan sastra inggris atau kuliah di jurusan manajemen Dosen Sebagai Pilihan Karir […]

  36. DN says: Reply

    Haloo kak , aku tuh sekarang mahasiswa baru jurusan sastra inggris , setelah kuliah 3 minggu aku merasa aku tuh kurang menguasai materi matkul fondation of literature karena memang kurang banyak mengetahui tentang sastra jadi aku merasa tertinggal di kelas. Bisakah kaka memberikan aku referensi atau saran supaya aku mudah dalam memahami sastra?

    1. kandra says: Reply

      wah dek DN maaf saya baru bisa balas pertanyaannya. Untuk memahami sastra jika kamu tidak mudeng dengan bahasa inggris coba kamu baca buku-buku teori dalam bahasa Indonesia.

      Teori yang kamu pelajari tersebut kamu coba praktekkan ke dalam karya sastra. Saya pun seperti itu dulunya. Dosen saya sering mem-“bully” saya dengan meminta saya untuk membaca apa yang tidak terlihat atau yang tidak ada di dalam teks.

      Coba beli jurnal sastra di gramedia. Mudah-mudahan dari jurnal tersebut DN bisa mendapatkan gambaran kuliah sastra itu apa dan semoga bisa membantu mata kuliah lainnya

  37. […] Kuliah Jurusan Sastra Inggris? Disini Informasi Lengkapnya […]

  38. Levio says: Reply

    Hi Kak…
    Saya Vio kelas XII Multimedia dari SMKN 1 Nganjuk,
    Saya sangat berminat sekali masuk ke fakultas sas.inggris, dan alhamdulilah ibu saya juga mendukung.
    1.peluang siswa smk masuk fakultas sastra inggris itu mungkin nggak?. misalnya tes snmptn itu yang gridnya harus naik itu bidang bhs.inggrisnya saja atau seluruh bidang?
    2.Sastra Inggris konsentrasi Linguistik itu mempelajari apa saja?

    1. kandra says: Reply

      Halo vio

      wah syukur ya orang tuanya mengizinkan masuk kuliah sastra inggris. secara pribadi saya melihat vio akan mempunyai karir yang cukup cemerlang jika kuliah sastra inggris bisa dipadukan dengan pelajaran SMK multimedia tersebut. Jadi saya coba jawab ya pertanyaannya:

      • Peluang siswa SMK masuk fakultas Bahasa dan sastra inggris itu tentu ada. Yang vio butuhkan adalah memperkuat ilmu sosialnya karena untuk masuk kuliah di perguruan tinggi negeri vio harus ambil ujian IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran). Jadi gak cuma bahasa inggris yang harus baik lo ya. Hampir semua mata pelajaran. Ujian IPC ini akan diadakan dua hari. Hari pertama untuk ujian Ilmu Pengetahuan Alam dan hari kedua untuk ujian Ilmu Pengetahuan Sosial. Jadi vio harus belajar lebih giat lagi.
      • untuk mengetahui pelajaran (mata kuliah) dari konsentrasi Linguistik coba cek artikel baru saya tentang beda konsentrasi sastra dan linguistik

      Terima kasih ya vio udah berkunjung dan bertanya 🙂

  39. lisa says: Reply

    Hai kak kandra, mau tanya. Oya sebelumnya nama aku lisa, aku masih bingung sama program study nya. Kan ada 3pilihan klo untuk pendidikan udh lumayan paham tapi klo untuk Sastra Inggris konsentrasi Sastra
    Sastra Inggris konsentrasi Linguistik itu bedanya apa ya kak?? mohon balasannya ya kak.

    1. kandra says: Reply

      Halo lisa,

      untuk pertanyaannya saya jawab di artikel beda konsentrasi sastra dan linguistik. Semoga bisa menjawab pertanyaannya. 🙂

  40. […] Kuliah Jurusan Sastra Inggris? Disini Informasi Lengkapnya […]

    1. lia says: Reply

      Hai ka kandra, aku lia. aku mau tanya dong ka.
      saat ini aku kuliah ambil jurusan sastra inggris, tapi aku merasa kurang yakin ka, aku takut soalnya aku kurang begitu memahami bahasa inggris padahal dari smk aku pingin banget ambil kuliah sastra, aku harus gimana yah ka ? tolong kasih solusinya yah ka.

      1. kandra says: Reply

        Halo lia..

        Wah kurang yakin gimana nih lia? Ada masalah apa dengan kuliah kamu saat ini? Kok kamu jadi kurang pede setelah masuk jurusan sastra inggris?

        Saran saya saat ini adalah coba minta bantuan dari teman-teman sekelas. Jika lemah dalam menulis maka minta teman kamu untuk mengoreksi grammar tulisan kamu. Mulai dari satu kalimat dulu. Lalu satu paragraf lalu sebuah tulisan utuh.

        Untuk pronounciation, coba berlatih dengan teman. Kamu mengucapkan kata atau kalimat dalam bahasa inggris, teman kamu yang mengoreksi jika ada yang terasa janggal.

        Semoga membantu Lia

  41. Winda says: Reply

    Hai ka kenalin aku winda tahun depan itu aku mau ikut sbm dan aku ada niat untuk ambil jurusan sastra inggris tapi apakah setelah lulus jurusan sastra inggris kalau mau jadi guru harus kuliah lagi yaa untuk dapet sertifikat mengajar nya

    1. kandra says: Reply

      halo Winda

      Terima kasih telah datang ke blog saya. Dari pertanyaan winda saya menangkap kalau winda ingin berkarir di dunia pendidikan. Kalau begitu langsung saja kuliah pendidikan bahasa inggris. Sayang rasanya jika winda kuliah sastra inggris dulu lalu melanjutkan ke profesi.

      Dan tambahan informasi lagi ya.. sejak saya lulus kuliah tahun 2007 kuliah untuk keguruan bagi mahasiswa non kependidikan telah distop pemerintah. Saya lupa nama program perkuliahannya. Mohon maaf.

      Nah itu saran saya. Belajar yang rajin ya

  42. […] Lama saya memikirkannya. Saya mencoba untuk mengingat-ingat kembali masa-masa kuliah saya di jurusan sastra inggris Universitas Negeri […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: