Kolesterol, Penyakit dan Pencegahannya

Generic Banner

Kolesterol, Penyakit dan Pencegahannya – Lebih kurang dua tahun yang lalu kantor saya mengadakan sebuah event yang menarik. Pemeriksaan darah dan kolesterol untuk karyawan.

Jarang-jarang loh kantor mengadakan event seperti itu. Paling tidak kantor menunjukkan kalau mereka peduli dengan kesehatan para karyawan. Tentunya juga berefek pada produktifitas dari karyawan sendiri dan keuntungan bagi kinerja keuangan kantor untuk jangka panjangnya.

Hasil dari pemeriksaan darah dan kolesterol tersebut dibagikan kurang lebih seminggu kemudian. Dan hasil pemeriksaan untuk saya pribadi sangat memprihatinkan. Kadar kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200mg sedangkan saya lebih dari ambang batas tersebut.

Kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein atau LDL) berbanding kolesterol baik (High Density Lipoprotein disingkat HDL) didalam darah saya tidak seimbang. Resiko penyakit pun menjadi topik yang paling disenangi oleh salah seorang dokter dikantor setiap bertemu dengan saya.

Bukannya saya menolak untuk mendapatkan konsultasi gratis tetapi kalau setiap hari yang diomongin potensi  penyakit yang berhubungan dengan kondisi saya (kolesterol  tinggi), saya yakin siapapun akan merasa ilfil. Awalnya ‘oke saya akan berusaha untuk mengurangi kolesterol jahat’, tapi kalau tiap bertemu bahas hal yang sama ‘bodo amat apa lu kata’.

Penyebab Kolesterol tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Kalau dokter menyederhanakan dalam istilah medis awam, tingginya kadar kolesterol dalam darah berarti harus siap-siap menderita penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Kolesterol tinggi juga telah dikaitkan dengan diabetes dan tekanan darah tinggi. Hasil survei The American Diabetes Association dari artikel disini menyatakan kalau 68% penderita diabetes dan darah tinggi sangat beresiko menderita penyakit jantung.

 

Untuk mencegah atau mengatasi kondisi mengerikan ini, berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menurunkan kolesterol perlu dilakukan dengan segera.

Hubungan Kolesterol dan Penyakit Jantung Koroner

Risiko utama dari kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, kolesterol bisa terbentuk di dinding arteri (pembuluh nadi) kita. Seiring berjalannya waktu, plak menyebabkan pengerasan arteri atau aterosklerosis. Bahasa gampangnya penumpukan lemak di dalam pembuluh darah kita.

Akibatnya …

Arteri menjadi sempit dan memperlambat aliran darah ke otot jantung. Berkurangnya aliran darah bisa mengakibatkan angina (nyeri dada) atau dalam serangan jantung jika pembuluh darah tersumbat sepenuhnya.

poster kolesterol dan penyempitan pembuluh darah arteri
Gambar dari citawanita.com

See… mengerikan bukan?

Hubungan Kolesterol dan Penyakit Stroke

Atherosclerosis menyebabkan pembuluh darah ke otak menjadi menyempit dan bahkan tersumbat. Jika sebuah pembuluh darah yang membawa darah ke otak tersumbat sepenuhnya, kita bisa terkena penyakit stroke. Tentu sangat membahayakan bila seseorang sudah terkena stroke karena kemungkinan untuk sembuh sangat sedikit.

Pernah kebayang hidup dengan keterbatasan karena lumpuh?

Melihat orang yang terkena stroke saja saya sudah tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya jika keadaan saya saat ini: bisa jalan dengan normal, menggerakkan badan dengan bebas dan lain sebagainya harus mengalami penyakit tersebut.

Setelah mengetahui penyebab terkena kolestrol dan kolesterol tinggi, saran saya:

sebaiknya segera berkonsultasikan pada dokter.

Carilah solusi bersama dokter dan ikuti anjurannya.

Meskipun saya sebel selalu diingatkan akan potensi penyakit gegara kadar kolesterol saya yang tinggi, saya telah mengubah pola makan. Hanya saja untuk mengalokasikan waktu berolahraga setiap hari saya masih belum bisa.

Keadaan jalanan Jakarta yang tidak bersahabat membuat saya seperti harus tua dijalan.

Paling saya memperbanyak minum air putih karena membantu melancarkan peredaran darah dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan (sumber dari artikel ini).

Advertisements

Punya Tanggapan? Mari kita berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.