About these ads

kesalahan blogger pemula

Kali ini saya ingin berbagi tentang 3 kesalahan blogger pemula dalam menjalankan blogging dengan tujuan menghasilkan uang dari internet. Tulisan ini sendiri diinspirasi dari pertanyaan-pertanyaan kerabat dekat saya tentang penghasilan saya melalui wordads.

Sebelum saya lanjut untuk membahas tiga kesalahan blogger pemula dalam menjalani blogging untuk menghasilkan uang dari internet saya mau infoin dulu kalau saya hanyalah blogger biasa yang, alhamdulilah, mulai mendapatkan recehan dari dolar.

Metode yang saya gunakan untuk mendapatkan penghasilan lewat blog itu ada dua yaitu

Menjual slot iklan di blog www.pencaricerah.com melalui program Word Ads, dan Menjual produk orang lain dengan sistem afiliasi
Dari kedua metode monetisasi yang saya gunakan tersebut metode pertama yang mulai kelihatan cahayanya. Sedangkan untuk metode kedua saya belum mendapatkan setitik pencerahan.

Sekarang mari kita lanjut mengenai tiga kesalahan blogger pemula dalam memonetisasi konten websitenya.

Setidaknya saya melakukan kesalahan-kesalahan ini selama melakukan aktivitas blogging:

sifat tidak sabar.
tidak merencanakan perkembangan blogging.
tidak melakukan engagement terhadap visitor.
Kesalahan Blogger Pemula – Sifat Tidak Sabar

Sifat tidak sabar saya masukkan ke daftar pertama dari 3 kesalahan blogger pemula karena sifat ini yang saya rasakan ketika memulai aktifitas monetisasi blog. Ketika saya baru mengenal dunia blogging dan juga internet marketing rasanya tidak sabar untuk mendapatkan penghasilan dari beraktifitas di internet. Semua tips dan trik yang disampaikan di artikel yang saya temui mengenai blogging dan internet marketing saya terapkan. Akan tetapi hasilnya membuat website saya menjadi tidak berkembang.

Hal ini berubah setelah saya membaca ebook gratisan dari Yaro Starak dan John Chow. Dari Yaro Starak saya belajar untuk bersabar dan membuat artikel pilar, yaitu artikel yang membuat website saya berarti tidak hanya terindeks di mesin pencari tapi juga bermanfaat bagi manusia yang menggunakan mesin pencari tersebut. Dampak positif dari menghindari sifat tidak sabar ini adalah sekarang saya mendapatkan traffik lebih dari 1000 per bulan, meski untuk traffik per hari masih ratusan.

Kesalahan Blogger Pemula – Tidak Merencanakan Perkembangan Blog

Setiap ibadah itu akan diterima menurut niatnya. Begitu baginda nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam mengajarkan. Jika seseorang berniat hijrah menuju Allah dan Rasul-Nya maka niatnya diterima menurut niatnya, akan tetapi jika seseorang berhijrah karena wanita, maka hijrahnya dihitung karena niatnya tersebut. Berdasarkan hadis tersebut seorang ustadz menjelaskan bahwa niat memegang peranan penting untuk sebuah kegiatan. Dengan berniat berarti seseorang sedang mengumpulkan energi untuk mencapai sesuatu yang ia harapkan. Dengan energi yang dikumpulkan tersebut ia akan menjalaninya dengan konsisten walaupun ada rintangan yang dihadapi. Dalam konteks hadis ini seseorang yang berhijrah menuju Allah dan Rasul-Nya mengumpulkan setiap energi dari tubuhnya untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang akan mendekatkannya kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika ada halangan yang merintangi baik dari diri sendiri (dengan ditandai terjadinya futur) maupun dari lingkungan luarnya (gunjingan orang, pelecehan yang diterima, dan perlakukan tidak menyenangkan yang lain) orang yang sudah berniat tersebut menganggap semua itu kecil dibanding dengan tujuannya.

Saya pun mencoba untuk menerapkannya dalam aktifitas blogging. Saya mulai memperbaiki konten dan merencanakan perkembangan blog saya. Saya menetapkan target untuk mendapatkan seribu pengunjung per hari untuk blog saya, khususnya di postingan. Oleh karena itu saya menerapkan teknik-teknik seperti research kata kunci, on page seo, dan juga menghasilkan backlink yang berkualitas.

Untuk jangka panjangnya jelas, saya ingin blog ini mempunyai traffik lebih dari 100 visitor perhari, kalau bisa dapetin 5000 visitor per hari. Inti dari mendapatkan penghasilan dari kegiatan online seperti blogging ini ya Traffik.

Kesalahan Blogger Pemula – Tidak Berinteraksi dengan visitor

Jika anda berniat untuk mulai melakukan monetisasi terhadap konten di blog, maka jangan lupakan untuk berinteraksi dengan visitor anda.

Hampir semua website memberikan kolom komentar yang tujuannya agar orang yang datang ke postingan dapat memberikan saran, kritik atau malah diskusi dengan pemilik website. Saya sebelumnya menon-aktifkan kolom komentar di blog karena beranggapan tidak perlulah orang datang ke website saya trus mengomentari konten saya (memang tak patut dikomentari isinya copas :p tapi sekarang beda).

Setelah saya aktifkan kolom komentar ternyata komentar yang masuk pun tidak langsung ada. Padahal tipikal orang indonesia itu selalu ingin mengomentari sesuatu. Cukup lama saya menanti adanya komentar di blog, hingga pada suatu hari saya tidak berhenti untuk selalu melayani pertanyaan baik melalui kolom komentar, dm twitter, ataupun inbox facebook.

Dari komentar-komentar visitor itulah saya mulai memiliki ide-ide untuk pengembangan blog www.pencaricerah.com, dan sekarang saya menyadari komentar dari visitor itu sangat berharga. Walau begitu saya melakukan moderasi untuk kolom komentar, jadi tidak setiap komentar bisa masuk. Hal ini bertujuan agar diskusi yang terjadi di blog tidak salah arah dan berkembang menjadi debat kusir (seperti yang saya lihat di beberapa portal dan website). Bagi saya situasi kolom komentar yang demikian tidak sehat, karena tidak membawa manfaat bagi pengunjung lainnya dan bagi saya sendiri. Jika ada komentar yang negatif pun akan saya tampilkan jika komentar tersebut berhubungan dengan postingan.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: