About these ads

Kartu Kredit Dalam Bisnis Online

Kartu Kredit sebaiknya jangan anda gunakan untuk kegiatan konsumtif, bagaimana cara membuat kartu kredit dapat bernilai produktif saat melakukan belanja secara daring atau online?

Memulai bisnis online itu sangat mudah namun dibutuhkan kesabaran dan keuletan sebagaimana memulai bisnis di dunia nyata. Jika anda ditawari bisnis online yang menjanjikan keuntungan berlipat ganda dengan menyetorkan sejumlah uang, sebaiknya anda hati-hati karena anda belum tentu berbisnis tapi melakukan arisan berantai. Salah satu modal saya dalam memulai bisnis online adalah kartu kredit. Karena itu saya coba memberikan perspektif saya tentang penggunaan kartu kredit dalam bisnis online.

kartu kredit
ilustrasi

Sebelum saya mengemukakan lebih jauh penggunaan kartu kredit dalam bisnis online saya ingin menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan mudahnya berbisnis secara online. Kemudahan bisnis online itu dapat berupa banyaknya sumber-sumber pendukung.

  1. Untuk pasar sudah ada search engine atau mesin pencari, 
  2. untuk toko sudah ada blog yang dapat dimanfaatkan secara gratis, 
  3. untuk promosi ada media sosial yang bisa menjadi pemberi kabar untuk setiap produk yang dipasarkan.
Meskipun ketiga sumber tersebut bisa dimanfaatkan tanpa mengeluarkan modal berupa uang tunai tapi pemanfaatannya dengan menginventasikan beberapa persen dari pendapatan anda sebulan akan menghasilkan revenue yang bahkan akan membuat anda berhenti bekerja dan fokus pada website atau blog anda. Dan untuk menggunakan secara maksimal sumber-sumber online tersebut kartu kredit menjadi modal awal yang bisa anda gunakan.

Penggunaan bijak kartu kredit dalam bisnis online terhadap sumber-sumber yang saya sebutkan tadi diatas tersebut dapat di kategorikan menjadi dua

  1. modal untuk membeli domain dan hosting dari provider yang berkualitas
  2. modal untuk membuat iklan di mesin pencari dan media sosial

Saat anda membuka akun di blogger.com ataupun wordpress.com anda telah diberikan dengan dua modal yaitu nama toko/kantor/layanan anda dan juga isi dari toko/kantor/layanan dari provider tersebut. Apakah website atau blog anda akan dipenuhi dengan gambar, video atau gabungan antara keduanya baik blogger maupun wordpress dapat menyediakannya, akan tetapi penggunaan hosting gratis membuat anda tidak akan leluasa. Dimana letak ketidakleluasaan tersebut? Baik blogger maupun wordpress mempunyai limit untuk setiap akun yang dibuka jika anda telah mencapai limit tersebut yang harus anda lakukan adalah menambah besaran dari wadah toko/kantor/layanan website / blog anda tersebut. Caranya lagi-lagi dengan meng-upgrade paket hosting yang anda punyai. Ini yang saya temui pada layanan hosting gratis yang ditawarkan oleh wordpress.

Selain dari besar file yang dibatasi di server hosting blogger maupun wordpress ada beberapa hal yang juga mesti dipertimbangkan untuk berpindah dari hosting gratis ke yang berbayar dari pengalaman saya

  1. hosting berbayar mengurai kebebasan menggunakan kode program yang diperlukan. Saya ambil contoh wordpress. Saya mempunyai sebuah situs yang terdaftar di wordpress.com dengan trafik yang lumayan (per hari mencapai 300 visitor unik) tapi saya tidak bisa menggunakan program adsense untuk mendapatkan keuntungan dari trafik tersebut. Sebabnya adalah wordpress tidak mengijinkan penggunakan kode program javascript yang harus disematkan pada tulisan atau postingan. 
  2. jika anda ingin melakukan optimasi terhadap halaman postingan atau halaman statis di blogger dengan menggunakan plugin maka anda tidak bisa melakukannya. Meskipun begitu blogger lebih lunak dalam peraturannya karena untuk kode program javascript dapat digunakan dengan terbatas.

Jika anda serius dalam menjalankan bisnis online dengan menjual barang atau layanan maka membeli hosting dari niagahoster dapat anda pertimbangkan. 

Seperti yang telah saya singgung di postingan Peraturan Terbaru Pemegang dan Pemakai Kartu Kredit, saya menggunakan kartu kredit untuk membeli dan memaintain dua blog saya. Kebetulan dua domain tersebut saya beli di provider luar negeri. Meskipun demikian saya melihat ada perbedaan yang sangat besar untuk penghasilan yang saya dapatkan.

Pertimbangan saya membeli dua domain tersebut di provider luar negeri adalah untuk memperbesar penghasilan iklan yang wara-wiri di kedua blog tersebut. Ini rahasia yang ingin saya bagi kepada anda yang berminat untuk memulai bisnis online dengan blog. Di komunitas publisher adsense yang saya ikuti, menurut para blogger yang sudah gajian dari program adsense, domain TLD akan memudahkan para blogger untuk terdaftar menjadi penerbit adsense.

Selain menyediakan hosting anda juga bisa membeli domain dengan harga terjangkau di niagahoster.

Saya sering melihat teman-teman kantor atau kenalan yang sering menggunakan kartu kredit untuk kegiatan konsumtif, apakah itu untuk keperluan sehari-hari atau hanya untuk mengikuti gaya hidup menengah keatas. Sekarang gesek dan menjelang akhir bulan bayar tagihan, rutinitas ini jika tidak di manage dengan baik tentu akan membuat uang yang didapat akan tidak terlihat kemana saja perginya? Dengan menggunakan kartu kredit untuk memulai bisnis online tentu anda akan lebih bijaksana dalam menggunakannya. 
About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: