5 Daftar Harga Kamera Mirrorless Terbaik di Pasaran Indonesia

Kamera mirrorless diperkenalkan pertama kali sekitar tujuh tahun yang lalu. Sejak saat itu, banyak penggemar fotografi berbondong-bondong beralih ke kamera mirrorless .Bukan tanpa alasan mereka pindah ke alat lain, sebab secara kualitas hasil jepretan kamera mirrorless setara dengan kamera DSLR. Perbedaan keduanya hanya dari segi ukuran dan bobot. Kamera mirrorless disukai karena lebih kecil dan ringan ketimbang DSLR. Berhubungan dengan hal tersebut dan juga kebutuhan untuk memposting video sekali-sekali, kali ini saya  akan mencari tahu daftar harga kamera mirrorless terbaik dan terlaris di pasaran Indonesia.

Dari tahun ke tahun sejak kemunculannya pertama kali, makin banyak produsen yang membuat kamera mirrorless mereka sendiri. Banyaknya varian dari berbagai produsen tersebut membuat saya jadi bingung saat harus menentukan pilihan. Maklumlah karyawan kantor dengan gaji UMP mesti bisa negosiasi dengan istri untuk menyalurkan hobi yang tergolong makan biaya banyak. Di antara sekian banyak merek, ada lima daftar teratas yang paling diminati di Indonesia dan mungkin masuk dalam kriteria pencarian saya (mungkin Anda juga).

Berikut daftar harga kamera mirrorless terlaris yang saya ambil dari berbagai ulasan blog fotografi.

#1 Panasonic Lumix DMC-GM1

Rekomendasi pertama kamera mirrorless terbaik 2018 adalah Lumix DMC-GM1 keluaran Panasonic. Keunggulan kamera mirrorless ini adalah ukurannya yang mini jika dibandingkan dengan kamera sejenis sekalipun, bahkan tidak lebih besar dari telapak tangan ukuran orang dewasa. Dengan dimensi 99 x 55 x 30 mm, kamera mirrorless ini sangat ringan dan praktis jika dibawa ke mana-mana.
Kelebihan panasonic lumix dmc – gm 1 adalah adanya fitur anti goyang Mega OIS, mengusung sensor 16 MP dan kecepatan AF yang mencapai 0,06 detik. Kita juga bisa menghubungkan langsung perangkat kamera dengan gadget lain melalui fitur WiFi. Berapa harganya? Di beberapa tempat, Panasonic Lumix DMC-GM1 termasuk kamera mirrorless dibawah 5 juta, kalau lagi beruntung (macam harbolnas nanti) saya itung-itung Rp 3,9 jutaan bisalah bawa pulang. (semoga ga salah itung…)

#2. Panasonic Lumix DMC-GF8

Foto selfie tidak harus dilakukan menggunakan kamera ponsel, bukan? Nah, buat yang suka berfoto selfie, Panasonic Lumix DMC-GF8 adalah pilihan yang tepat. Sebab, kali ini Panasonic mengusung modus selfie dengan fitur defocus otomatis untuk area wajah sehingga hasil foto selfie kamu akan lebih maksimal.
Jadi, nantinya layar berukuran 3 inci pada kamera bisa kamu putar 18 derajat sehingga akan tampak seperti saat kamu menggunakan ponsel.
Sama seperti DMC-GM1, seri yang satu ini juga mengusung sensor 16 MP. Bedanya, DMC-GF8 memiliki prosesor gambar Venus Engine yang mampu menghasilkan foto lebih detail dalam kondisi kurang cahaya. Kamu bisa membawa pulang kamera mirrorless murah 2018 ini dengan merogoh kocek sebesar Rp 5,399 juta.

#3. Olympus PEN Lite E-PL6

Beralih dari Panasonic ke merek lain, kamera mirrorless Olympus PEN Lite E-PL6. Kamera ini dibekali sensor 16.1 MP dengan dilengkapi prosesor gambar Truepic IV. Kelebihan utamanya adalah penggunaan layar sentuh sehingga lebih responsif saat digunakan meskipun hanya dengan sentuhan ringan saja.
Katanya kita membidik objek foto lebih bebas berkat adanya monitor viewfinder dengan sudut putaran hingga 170 derajat. Jadi, kamu bisa mengambil foto dari berbagai sudut, tentunya termasuk untuk berswafoto alias foto selfie.
Menariknya, harga Olympus PEN Lite E-PL6 ini lebih murah daripada seri kedua tadi, yakni dibanderol sekitar Rp 3,99 jutaan tergantung pada jenis lensanya.

4. Canon EOS M3

Canon juga tak boleh ketinggalan dalam daftar harga kamera mirrorless kali ini. Kamera Canon EOS M3 ini sudah didukung teknologi Hybrid besutan Canon sendiri bernama Hybrid CMOS AF III. Dengan fitur ini memungkinkan kamera memproses autofocus lebih cepat.
Lalu untuk mengoptimalkan kualitas gambar, Canon menggunakan sensor CMOS 24.2 yang berpadu dengan prosesor gambar DIGIC 6. Nah, ini dia yang paling ditunggu yaitu fitur Creative Assist-nya untuk menciptakan mood dari hasil jepretan kamu. Layarnya LCD-nya juga bisa diputar 180 derajat, lho! Harganya mulai Rp 6,9 jutaan sampai Rp 7 jutaan.

#5. Nikon 1 J3

Kurang afdol kalau kita tidak memasukkan Nikon sebagai pembanding dalam daftar harga kamera mirrorless ini. Pasalnya, salah satu produk Nikon yakni 1 J3 menawarkan fitur mumpuni dengan harga yang terjangkau. Nikon menyuguhkan pengalaman kecepatan shooting yang lebih baik berkat adanya autofocus hybrid yang sudah ditingkatkan.
Dengan prosesor gambar yang baru, performa burst mode-nya pun meningkat jadi 60 fps, walaupun kamu akan dibatasi hanya bisa mengambil 20 shot saja saat memakai single burst. Kekurangannya mungkin hanya dari segi resolusinya saja yakni 14,2 MP (sensor CMOS CX). Tetapi, hal itu dibayar lunas dengan aksesoris tambahan berupa Wireless Mobile Adapter yang memudahkan transfer file gambar atau video ke perangkat lain.
Harga kamera mirrorless Nikon 1 J3 tergantung dari jenis lensa yang kamu pilih. Umumnya, kamera mirrorless entry level ini dijual mulai Rp 3,7 jutaan.

Itu tadi 5 daftar harga kamera mirrorless dari berbagai merek yang paling laris dan banyak dicari di Indonesia. Di lain kesempatan saya coba bahas kamera mirrorless dari merek-merek lain. Jika kamu sudah menentukan pilihan sekarang, langsung saja cari barangnya di Bhinneka.com dan dapatkan penawaran harga termurah.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *