Jenis Mesin Generator Listrik di Indonesia: Yuk Kenali Apa Saja

Listrik sudah menjadi bagian tak terpisahkan dengan kehidupan sehari-hari kita semua. Kalau listrik padam, jadi sulit kita mau melakukan aktvitas. Beberapa hari yang lalu rumah saya di Jakarta Timur mengalami gangguan layanan listrik. Kabar yang saya dapatkan dari beberapa tetangga dekat rumah, pemadaman listrik tersebut terjadi dari Rawamangun hingga daerah Matraman.

Alhasil orang-orang yang biasanya menonton tv selepas magrib harus keluar rumah dan saling ngobrol. Itu dampak positifnya dari peristiwa pemadaman listrik yang saya alami. Tetapi bagi saya pribadi, pemadaman tersebut memberikan pe er tersendiri. Pasalnya anak saya terbiasa tidur dengan Air Conditioner. Khawatirnya tidurnya terganggu karena pemadaman listrik yang terjadi. Untuk menanggulangi kerewelan anak karena tidurnya terganggu akibat pemadaman, jadilah saya mengipas-ngipas punggung si sulung agar tetap merasakan angin.

Ditengah proses pengadaan listrik untuk rakyat Indonesia sebesar 35 ribu Mega watt (koreksi kalau saya salah), kejadian yang saya alami ini sangat ironis. Saya tinggal di Jakarta, bagaimana dengan mereka yang tinggal di daerah?

Itu untuk konsumsi dalam lingkup rumah kecil dan sederhana ya. Bagaimana dengan pengadaan sumber daya listrik untuk perusahaan? Pastinya para pakar kelistrikan akan menganjurkan pengelola gedung untuk memiliki backup generator listrik agar proses produksi dari perusahaan (atau bisa juga pabrik) bisa berjalan sebagaimana mestinya dan mencapai tenggat waktu yang disepakati.

Terkait dengan tulisan terdahulu mengenai panel listrik dan fungsinya dan juga perawatan genset Saya jadi penasaran apa saja jenis-jenis generator listrik yang ada di Indonesia. Nah perlu kamu tahu kalau ada banyak jenis mesin genset di Indonesia.

Jenis Genset pertama yang saya temukan adalah genset yang dikategorikan berdasarkan bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan listrik.

1. Genset Diesel: Jenis Genset Yang Paling Banyak Saya Jumpai

Mesin generator kelistrikan ini salah satu yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sebab cara penggunaannya relatif mudah dan produknya pun banyak tersedia.

Sesuai namanya, mesin genset ini menggunakan bahan diesel. Nah kapasitasnya pun beragam, mulai dari skala kecil misal 5000 kilo watt sampai ada yang sampai 2 megawatt.

Untuk perusahaan, rumah sakit atau pabrik genset dieset yang mempunyai skala besar tentu saja wajib dipakai untuk memenuhi kebutuhan listrik. Bayangkan saja ketika sedang melakukan tindakan operasi bedah tiba-tiba ruangan gelap gulita karena pemadaman listrik yang tidak diantisipasi. Pastinya baik tenaga medis maupun keluarga pasien akan merasa was-was atas terjadi peristiwa yang tidak diinginkan tersebut. Menggunakan jenis genset diesel memiliki keunggulan karena kemudahannya disambungkan ke perangkat instalasi listrik.

2. Genset Bensin

Ini pilihan popular mesin genset lainnya. Genset bensin juga banyak digunakan, namun kekurangannya adalah karena memiliki keterbatasan dalam kapasitas daya listrik yang dihasilkan. Ada mesin genset bensin yang punya kapasitas sampai 10kw tapi menurut beberapa ahli di bidang kelistrikan dibandingkan diesel Genset Bensin tidak bisa bertahan lama menghasilkan daya listrik. Jadi memang biasanya mesin genset ini cukup digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Sedangkan untuk kebutuhan perusahan atau pabrik, kurang begitu cocok mengingat kapasitas yang dimilikinya terbatas.

3. Genset Turbin

Inilah andalan untuk pabrik-pabrik manufaktor yang selalu dikejar-kejar tenggat waktu dan jumlah produksi. Genset turbin dapat memenuhi kebutuhan kelistrikan dengan kapasitas super besar. Sebab mesin genset turbin punya kapasitas lebih dari 2 megawatt.

Jika ada orang kaya disekitar rumah saya yang memilikinya, seluruh komplek yang terkena pemadaman listrik yang tidak diduga-duga ini akan terkena imbasnya. Tapi ya untuk menerangi ruangan saja ya, bukan untuk menggunakan AC buat tidur.

Bagi sebuah pabrik atau kawasan yang menginginkan agar rutinitasnya bisa berjalan tanpa harus berhemat (AC tetap bisa digunakan, tivi tetap bisa menyala dan lain sebagainya) pengelola bisa melakukan penggabungan beberapa genset turbin sehingga kapasitas maksimal pun bisa didapatkan.

Nah, kalau kamu lagi butuh genset untuk kapasitas sedang atau besar agar kegiatan produksi perusahaan tetap berjalan, mungkin untuk kebutuhan perusahaan atau pabrik, lebih baik diskusikan dengan ahlinya. Sesuatu yang tidak dikerjakan oleh ahlinya maka tunggulah kehancurannya, sebut nabi dalam sebuah hadist.

Jadi kalau ingin konsultasi tentang penggunaan generator set coba langsung hubungi Sewatama yang terkenal sebagai power solutions provider di Indonesia. Alamat kontak perusahaan ini dimana? Googling aja, ntar ketemu kok. Bilangin nemu dari blog pencaricerah.com, hehehehe… Siapa tahu mau bantu bayarin sewa hosting buat tahun depan. Kan udah dibantuin promo. hehehe…

Sebelum saya ngelantur nulisnya. Saya sudahi dulu episode kali ini dan sampai ketemu di tulisan lain (yang moga-moga) mencerahkan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *