About these ads

Inspirasi Jack Ma: Sukses Setelah Belajar Bahasa Inggris

Jika ada orang yang mempelajari bahasa inggris lalu sukses menjadi guru bahasa inggris, atau bisa bekerja di perusahaan asing dengan gaji tinggi mungkin sudah lazim kita dengar. Tapi jika ada seseorang yang berusaha keras untuk menguasai bahasa inggris, menjadi guru bahasa inggris kemudian masuk daftar orang terkaya di dunia mungkin baru sedikit orang mengetahui.

Dialah Jack Ma mantan guru bahasa inggris ini adalah pemilik Alibaba Group yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar di negara China. Jack Ma bukanlah seorang yang mahir atau mengerti teknik komputer. bahkan sebelum tahun 1995 belum pernah menyentuh barang bernama komputer. tetapi sekarang dialah pebisnis internet sukses yang mampu bersaing dengan perusahaan e-commerce terbesar dunia ebay.

Pada usia 12 tahun Jack Ma sudah tertarik dengan bahasa inggris. Selama delapan tahun masa kecilnya dihabiskan dengan bersepeda 40 menit menuju sebuah hotel di dekat Danau Hangzhou, sekitar 160 km dari Shanghai. China saat itu baru membuka diri dari dunia luar dan banyak turis yang datang. Dengan modal keberanian Jack Ma menjadi pemandu gratis agar dapat cas-cis-cus belajar mempraktikkan bahasa inggris-nya. Pengalaman itulah yang membuat pemikiran Ma lebih terbuka dan lebih mengglobal dibandingkan teman-teman sebayanya.

Dengan tekad yang bulat Ma belajar bahasa inggris dan mengikuti ujian masuk universitas prosesnya tidak mudah. Ma akhirnya diterima di Universitas Keguruan Hangzhou, semacam IKIP dimasa lalu. Lulus dari Universitas, Ma adalah satu-satunya dari 500 mahasiswa seangkatannya yang ditugaskan mengajar di Universitas dengan gaji sebesar 100-120 renminbi atau setara 114.000-142.500 Rupiah perbulan. Ternyata nasibnya sama juga dengan guru di Indonesia. Tetapi Ma tetap memiliki impian jika ia selesai bertugas mengabdikan dirinya selama lima tahun, dia akan memulai bisnis hotel atau yang lain.

pada tahun 1992, Ma banyak sekali melamar di berbagai posisi tetapi tidak ada yang lolos tetapi akhirnya menjadi sekretaris manager gerai penjual ayam goreng Kentucky Fried Chicken. Ma juga berprofesi menjadi penerjemah sebuah delegasi perdagangan. Hingga suatu ketika seorang teman memperlihatkan internet. Lalu dia mencari sesuatu tetapi tidak menemukan data tentang china. Akhirnya Ma dan temannya membuat situs tentang china.

Pada Maret 1999, Ma dan timnya yang berjumlah 18 orang meluncurkan sebuah situs bernama Alibaba.com di apartemen Ma di Hangzhou, Provinsi Zhejiang. Dengan situs ini, Ma berangan-angan menciptakan sebuah fasilitas yang memudahkan aktivitas bisnis pengusaha kecil dan menengah. Setelah mengalami berbagai pasang surut, bisnis Ma akhirnya menunjukkan hasil. Seperti tantangan yang dihadapi perusahaan internet business to business (B2B) lain di dunia, kepercayaan konsumen merupakan kuncinya. Dengan cepat mempelajari kesalahan dan cepat melakukan perbaikan, Alibaba.com sedikit demi sedikit dapat bangkit dan tumbuh besar.

Di bawah kepemimpinan Ma, Alibaba kemudian berkembang pesat dan mencapai puncaknya pada Oktober 2005. Saat itu, Alibaba menjalin kerja sama dengan Yahoo!. Dengan dana sebesar USD 1 miliar,Yahoo! membeli 40% kepemilikan Alibaba, sedangkan Ma mengambil alih operasi Yahoo! di China. Dari situ terbentuklah Alibaba Group. Perusahaan ini terdiri atas situs maya e-commerce global, Alibaba.com dan Taobao, search engine (Yahoo! China), pembayaran online (Alipay), dan bisnis perangkat lunak (Alisoft). Bermula dari 19 personel di apartemen milik Ma,sekarang Alibaba Group sudah memiliki lebih dari 5.000 orang pegawai yang melayani jutaan pengguna jasa bisnis di seluruh dunia. Ma sangat bangga dengan jati dirinya sebagai seorang warga negara China dan berkembang besar di China.

Ma 100% tumbuh besar di China. Belajar sendiri bahasa Inggris di China, dan tidak pernah belajar di luar China. Dia belajar autodidak Bahasa Inggris dan saat ini dia tengah menikmati hasilnya. Dengan bahasa Inggris kini Ma tengah mengejar mimpi yang lebih besar untuk menjadi e-commerce terbesar di dunia untuk jangka waktu 5 tahun kedepan.

Bagaimana pengalaman ANDA belajar bahasa inggris ? Jika Anda sudah menguasai bahasa inggris perubahan hidup apa yang pernah Anda alami ? Atau jika Anda belum menguasai bahasa inggris dan ingin menguasai bahasa inggris, adakah cita-cita atau harapan yang tinggi akan perubahan dalam hidup ANDA?

Jika ada Kandra bisa membagikan cerita, cita-cita, pengalaman ataupun harapan setelah menguasai Bahasa Inggris. Atau bisa jadi ANDA ingin mengikut jejak Jack Ma yang semangat pantang menyerah menguasai bahasa inggris dan bekerja di bidang-bidang yang membutuhkan bahasa inggris hingga pada akhirnya masuk daftar orang terkaya di dunia.

Pelajari lebih lanjut cara belajar bahasa inggris seperti Jack Ma

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: