Kategori
Sponsored

Inilah Beberapa Hal yang Dibutuhkan Ketika Belajar Bahasa Inggris

Sekarang ini penggunaan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dalam bisnis sudah digantikan dengan bahasa Mandarin. Hal ini banyak dipengaruhi dengan perkembangan ekonomi negeri Tiongkok yang mulai menggoyang beberapa negara adidaya seperti Amerika Serikat. Meskipun begitu masih banyak yang berpendapat menguasai bahasa Inggris tetap diperlukan karena merupakan bahasa pengantar Internasional yang belum tergantikan sepenuhnya oleh bahasa asing lainnya. Termasuk Bahasa Indonesia.

Saat ini dengan tren industri 4.0 belajar bahasa Inggris tidak perlu lagi datang ke tempat kursus. Kita cukup mengunduh aplikasi lalu menggunakan smartphone untuk mengikuti kursus bahasa Inggris online yang diadakan beberapa lembaga pendidikan.

Sejatinya ada empat aspek yang akan kita dapatkan dalam berkomunikasi. Keempat aspek ini sebaiknya ada di tempat kursus Anda saat mempelajari sebuah bahasa asing. Keempat aspek itu adalah berbicara, membaca, menulis, dan mendengarkan.

Jangan berniat untuk menguasai HANYA satu aspek saja, menguasai satu lalu meninggalkan yang lain sama saja membuat kita gagal dalam mengantarkan ide yang kita punya kepada orang lain. Ini yang paling dihindari apalagi jika Anda harus berkomunikasi untuk bisnis atau usaha yang terkait dengan orang asing.

Kenapa harus menguasai keempatnya kalau bisa menguasai satu aspek saja?

Aspek yang paling penting dalam berkomunikasi adalah mendengar. Maksudnya bagaimana kita benar-benar mendengar apa yang disampaikan oleh orang yang menjadi lawan bicara. Tidak menguasai aspek mendengar akan membuat bencana. Maka dari itu aspek mendengar merupakan tingkat kemampuan seseorang memahami setiap kata maupun kalimat yang disampaikan lawan bicara secara utuh. Aspek mendengar terkait erat dengan aspek berbicara.

Banyak orang berpendapat kalau untuk bisnis yang penting menguasai aspek berbicara saja. Ini anggapan yang tak sepenuhnya SALAH. Dengan berbicara akan terlihat bagaimana kemampuan kita dalam menguasai informasi yang disampaikan oleh lawan bicara dan juga tingkat kepahaman kita dengan menyampaikan tanggapan dengan berbagai kosa kata yang sesuai. Dalam pembicaraan bisnis kita tidak hanya berkomunikasi dua arah secara langsung tapi kita menuliskan permintaan atau hasil pembicaraan yang berlangsung sesuai dengan bagaimana pembicaraan itu terjadi.

Aspek menulis dalam berkomunikasi merupakan sebuah aktifitas yang tidak banyak orang bisa melakukannya. Kita bisa menilai kemampuan seseorang dengan membaca tulisannya. Orang yang terbiasa membaca dan menulis biasanya akan lebih mudah mengeluarkan ide-ide yang ada dikepalanya dengan runut hingga pembaca tulisan pun akan mengerti maksud dan tujuan dari tulisan tersebut. Beda dengan orang yang TERPAKSA menulis. Penggunaan kosa kata orang yang tak terbiasa menulis dan membaca sangat sedikit dibandingkan dengan orang yang terbiasa menulis dan membaca. Bahkan dari sisi penyampaikan maksud dan tujuan, orang yang terbiasa menulis dan membaca mampu menyampaikan langsung pada intinya, sedangkan orang yang tidak terbiasa kemungkinan besar akan menyampaikan maksud dan tujuan dengan bertele-tele.

Agar memiliki banyak kosa kata dan menyampaikan sebuah informasi dengan tepat dan tidak bertele-tele kita tidak mungkin menghiraukan aspek membaca. Berbeda dengan kita, bagi orang asing membaca merupakan sebuah prioritas dalam rutinitas mereka. Dengan membaca kita tidak hanya mendapatkan sebuah informasi tetapi juga menambah perbendaharaan kata yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan beragam karakter orang.

Jadi kita tidak bisa melepas keempat aspek dalam berkomunikasi karena saling berkaitan antara satu dan lainnya.

Duh terlihat berat ya?

Kalau dilihat dari teori komunikasi diatas kelihatannya memang berat padahal tidak. Berikut adalah hal yang dibutuhkan jika belajar bahasa Inggris:

  • Memiliki tujuan belajar yang tinggi, motivasi dan niat sangat diperlukan karena akan banyak kesulitan yang ditemui sehingga akan tetap menjaga niat awal.
  • Menerima segala kesulitan yang akan dihadapi karena proses belajar tidaklah mudah.
  • Sebagai pelajar maka fokus terhadap proses bukan hasilnya karena proses sangat menentukan hasil dan perlu dipahami bahwa setiap orang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
  • Berikan pikiran positif yang akan mendukung keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris sehingga akan membantu kemampuan berkembang.
  • Habiskan waktu dengan orang yang menyukai belajar bahasa Inggris dengan baik sehingga akan memberikan motivasi.

TIPS:

Untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Banyaklah menonton film Hollywood atau film yang bersubtitle berbahasa Inggris. Banyak orang yang lebih suka media audio visual yang terdapat saat menonton film. Ketika menonton film kita tidak hanya melatih aspek mendengar tapi juga aspek berbicara. Kita mendapatkan aspek mendengar dari dialog yang terjadi antar peran di film tersebut dan kita juga mendapat aspek berbicara jika kita mengikuti dialog salah satu pemeran di film yang kita tonton.

Apabila masih bingung dalam beberapa kosakata dan penggunaan grammar maka dapat segera mengunjungi lembaga bahasa Inggris. Salah satu lembaga pendidikan bahasa Inggris adalah EF adults. EF memiliki lokasi di Jakarta dan Surabaya. Dapat menggunakan sistem belajar online maupun offline dengan akses perangkat 24 jam dan lebih mudah dengan adanya kelas online smart kreatif sehingga akan membantu peserta dalam melatih teknik pengucapan yang benar serta memiliki life club untuk menonton film bersama dengan teman kursus.

Iklan

Oleh Kandra

Seorang karyawan yang mengelola beberapa blog sembari belajar banyak hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *