About these ads

23 Situs Indonesia WordPress Hosting Yang Harus Dicoba

indonesia wordpress hosting

Indonesia WordPress Hosting yang saya maksudkan disini adalah situs-situs yang menyediakan layanan hosting dimana anda dapat menggunakan aplikasi content management system (CMS) populer wordpress. Situs-situs penyedia layanan hosting dalam daftar ini ada yang sudah saya gunakan dan ada yang belum. Dan situs-situs layanan hosting dibawah ini juga banyak digunakan oleh blogger dari Indonesia untuk bisnis online mereka.

Kenapa WordPress?

WordPress adalah sebuah content management system yang banyak digunakan oleh blogger di dunia. Awalnya wordpress adalah sebuah situs blog gratis yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan koleganya. Oleh karena begitu populernya situs wordpress dan banyaknya blogger di wordpress yang melakukan modifikasi terhadap tampilan blog masing-masing, matt memutuskan untuk memberikan bahan mentah wordpress untuk digunakan secara gratis oleh masyarakat.

Untuk menggunakan bahan mentah yang diberikan oleh matt dan wordpress, seseorang membutuhkan tempat untuk menyimpan dan mengaksesnya secara bebas. Ruangan untuk menyimpan aplikasi wordpress ini yang disebut dengan hosting.

Saya tidak akan membahas secara spesifik untuk pengertian hosting karena kurangnya kapasitas saya terhadap topik ini tapi pengertian yang paling pas menurut saya untuk hosting adalah tempat dimana anda akan menyimpan seluruh file untuk mendukung tampilan blog anda sendiri.

Saya pribadi telah menggunakan layanan hosting dari tiga layanan hosting yang terdapat di daftar 23 Indonesia WordPress Hosting yang saya susun.

Ada banyak manfaat yang dapat anda ambil jika menggunakan layanan gratisan dari indonesia wordpress hosting. Setidaknya bagi saya manfaat yang dapat saya ambil dari layanan situs-situs penyedia hosting adalah sebagai berikut.

Pertama, menggunakan hosting di indonesia wordpress hosting berarti saya mendapatkan tempat belajar yang murah. Banyak yang harus saya pelajari dari penggunaan wordpress ini. Pertama bagaimana agar tulisan saya dapat bersaing di mesin pencari dengan menggunakan plugin yang diberikan. Kedua belajar untuk melindungi website dari tangan-tangan iseng dengan menggunakan plugin maupun tidak. Ketiga belajar untuk mempercantik tampilan web agar orang betah membaca tulisan saya.

Kedua, saat ini blog saya memang belum terlalu populer dan menjanjikan seperti punya mba Indri owner juragancipir.com. Ketika blog ini mulai populer saya merasa lebih mudah untuk melakukan maintainance yaitu melakukan upgrade dari gratis ke bayar, atau dari paket dasar ke paket menengah. Dengan menggunakan indonesia wordpress hosting saya dapat melakukan transfer dalam mata uang Rupiah ke salah satu provider. Hal ini menjadi pertimbangan saya saat membeli hosting di niagahoster.co.id untuk blog sutanmudo.com (sekarang ga aktif karena kondisi keuangan lagi labil).

Saat ini saya baru bisa mengelaborasi dua manfaat yang saya ambil dari indonesia wordpress hosting, semoga dilain kesempatan saya bisa menambahkan.

Berikut daftar indonesia wordpress hosting yang saya kumpulkan.

  1. niagahoster.co.id
  2. idhostinger.com
  3. dapurhosting.com
  4. beon.co.id
  5. jagoanhosting.com
  6. rumahweb.com
  7. webhostmu.com
  8. jaringanhost.com
  9. masterweb.com
  10. idwphosting.com
  11. ardetamedia.com
  12. nusantarahost.com
  13. dewaweb.com
  14. jogjahost.co.id
  15. ziehost.com
  16. hoststess.com
  17. andalan.net
  18. indosite.com
  19. indomedia.co.id
  20. baliorange.net
  21. kiosdomain.com
  22. masterweb.net

Dari 23 provider wordpress hosting di Indonesia diatas saya menggunakan 000webhost.com, idhostinger.com, dan niagahoster.co.id. Saya akan coba memberikan ulasan pada tiga hostingan yang saya gunakan tersebut dilain waktu. Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya anda catat tips untuk menggunakan indonesia wordpress hosting.

Tips memilih WordPress Hosting Indonesia

Tips #1

Selalu dan selalu cari informasi mengenai layanan yang akan anda gunakan. Informasi tersebut dapat anda dapatkan melalui artikel-artikel mengenai provider tersebut atau anda dapat menghubungi langsung provider wordpress hosting yang bersangkutan.

Tips #2

Cek kapasitas yang anda butuhkan. Jika anda baru memulai bisnis online berbasis blog dengan wordpress paling maka menggunakan paket bisnis harus diperhitungkan dengan matang. Bisnis baik online maupun offline penuh resiko, tapi jangan sampai anda tidak bisa bangkit lagi karena kesalahan membeli paket hostingan yang sebenarnya terlalu berlebihan yang berujung membebani keuangan anda sendiri.

Tips #3

“Pilih server yang dekat dengan target audience anda” by wpkampt. Jika anda menargetkan audience Indonesia maka anda sebaiknya mencari server Indonesia, tapi jika blog anda menetapkan target audience masyarakat Internasional maka server yang berbasis di US atau UK setidaknya menjadi pilihan.

About these ads

20 Comment

  1. Kalau saya masih suka paket yang share hosting dibandingkan paket wordpress hosting. Bayaran bulanan yang gak kuat, apalagi yang beon dan jagoanhosting. Lumayan biaya per bulannya, hampir setara sama VPS.

    1. kandra says: Reply

      Mas ridha pake apa nih? Boleh share donk. Ane pny rencana buat nyari hosting yg rada terjangkau nih.

      1. Saya dulu pakai share hosting. Sekarang sudah paka VPS.

  2. Agung says: Reply

    wah pas nih om. Saya juga kepengin punya .com 😀 Yang mau saya tanyakan, kalau kita beli domain .com di WordPress yang seharga $18/year itu, apakah kita juga harus beli hosting? atau hostingnya masih free seperti akun biasa, cuman TLD.

    1. kandra says: Reply

      Gung, klo ada rejeki mending beli .com di wordpress aja. Hosting tetap gratis tapi ya itu, krn hosting gratis trik internet marketingnya ga bisa seperti yang beli hosting di luar wordpress. Untuk start awal sarannya sih, lebih baik hosting di wordpress.com dulu. Nanti kalau udah bagus traffiknya dan rejekinya ada maka tinggal pilih hosting yg sesuai.

      1. Agung says: Reply

        Kemaren saya coba cari info om. Nemu 1 yg mayan murah, ZieHost. Rp250rb/tahun, dapet Hosting 500MB disk space, 10GB bandwidth, 1 domain .com.
        Kalau dibandingin yg di wordpress, 18$/year (Rp243rb), enakan mana om?

        1. kandra says: Reply

          Kalo ziehost sy belom baca reviewnya. Baru tahu ada hosting namanta ziehost. Klo domain .com gratis itu utk thn pertama sepertinya. Tahun kedua ntar agung bisa kena double. Bayar domain sama hosting di ziehost dan harga tahun kedua bisa dua kali lipat. Untuk make sure aja kalau ada no. tlp cb dikonfirmasi trus juga coba cari dulu ulasan orang lain tentang ziehost.
          Saran sy kalau msh gunain hosting gratis dr wordpress cukup beli domain .com aja, tapi liat dulu statistik blog. Per bulan visitor bisa 1000 ga? Kalo ada pakein blognya dengan domain TLD a.k.a dotKom trus ajuin blog ke program WordAds

          1. Agung says:

            domainnya gratis selamanya sih om.
            jadi mendingan tetep pake hosting WP tp domain TLD? gitu?
            Sebenernya pgen nyobain sih om pake hostingan..tadi saya dpt ref lagi, Jetorbit. Rp225rb/tahun free domain selamanya. Soalnya yg dr wordpress juga $18/year, kalo dikurs-in jadinya ya Rp243rb/tahun.

  3. […] ← 23 Situs Indonesia WordPress Hosting Yang Harus Dicoba […]

  4. Agung says: Reply

    pake jetorbit om. bagus katanya.
    yg jadi pertimbangan saya itu om, $18 vs Rp250rb per tahun. Itu kan sama ya nilainya? 😀 makanya saya agak condong ke yg Rp250rb/tahun. Tapi belum yakin juga sih 😀 soalnya blognya belum mateng bgt konsepnya. Saya cuma punya gmbaran: blog tentang dunia sastra, baik indo maupun luar, krn semester depan saya mulai belajar literature sm cultural studies. Saya pgen share di blog saya. Dan…kalau blognya berbayar, mungkin saya akan lebih semangat 😀

    1. kandra says: Reply

      Wah bagus itu. Good luck.

      1. Agung says: Reply

        so which one om? 😀 $18 atau Rp250rb?

        1. kandra says: Reply

          Kalau saya prefer beli domain aja dulu di wordpress

          1. Agung says:

            kalo pake wordpress.org masih ada fitur reader feed gak sih om?

          2. kandra says:

            Ada donk pastinya. Eh gini aja, ente beli domain aja dulu trus hostingnya coba yg gratis. Daftar di idhostinger dulu deh. Jd modalnya untuk bikin websitenya bs ditekan. Kalau nanti traffiknya mulai bagus tinggal upgrade ke layanan yg berbayar

  5. Agung says: Reply

    om udah pernah nyobain idhostinger yg free?

    1. kandra says: Reply

      Udeh donk. Kalo belom gak bakal ngasih link langsung. Buat migrasi dr blogger ke selfhosted wordpress.. Biar ga kaget pas pindahannya. Trus juga buat praktekin penggunaan plugin seo seperti yoast.
      Ini linknya panduan-paling.esy.es

      1. Agung says: Reply

        pas saya aktivasi, kok suruh masukin subdomain sih om? gmana itu maksudnya?

        1. kandra says: Reply

          Sub domain itu bakal jadi alamat website-nya. Kek wordpress aja. Tapi usahain jangan asal nama sub domainnya. Coba gunain matkulsastrainggris.esy.es atau yang kamu mau.

          1. Agung says:

            ohhh gitu 😀 oke thanks om 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: