Uncategorized

Hati-hati Menggunakan Automatic Posting Lewat Email

Alhamdulillah

Dashboard WP kembali normal lagi. Ini sudah yang kedua kalinya dashboard WP di suspend dikarenakan melanggar TOS dari WP sendiri. Bagi yang sedang asyik-asyiknya ngeblog apalagi memakai hosting gratisan seperti WP dan blogspot, sebaiknya hati-hati dalam membuat postingan. Jika saya belajar dari suspend terbaru yang dilakukan WP kepada blog saya, dugaan saya adalah sistem WP mendeteksi adanya autoblog pada blog saya.

Term of service WordPress

Maksud saya dengan autoblog adalah kegiatan posting yang tidak dilakukan oleh human user, trik ini pernah saya lakukan pada blog saya di blogspot. Triknya adalah membuat email khusus langsung dengan perintah langsung posting yang telah di-set terlebih dahulu. Langkah kedua adalah membuat setingan forward dari alamat email primary ke alamat email khusus postingan. Jadi begitu kita mendapat email dari alamat email primary, email tersebut langsung dikirim ke alamat email khusus postingan. Dengan settingan dashboard langsung posting, email yang di forward tersebut langsung terbit menjadi postingan terbaru di blog kita.

Seperti yang saya sebutkan diatas trik ini pernah saya gunakan pada blog saya di blogger.com, maksudnya agar saya tidak repot dalam mengelola blog dan juga agar saldo adsense tetap bertambah. Setahun ini saya bahkan melupakan blog tersebut hingga ada pemberitahuan dari blogger.com ke email saya bahwa blog saya terindikasi menyalahi TOS mereka. Alhasil blog saya di banned dan hingga kini saya tidak bisa memulihkannya kembali. Dengan di banned blog saya yang auto blog tersebut otomatis penghasilan adsense saya mentok. Untung punya dua akun di adsense tapi sayang belum bisa nyicipin PO seperti blogger lainnya.

Lanjut kepada kasus suspend dashboard WP di blog saya ini. Untuk kasus blog ini amat unik sebenarnya karena saya juga melakukannya dengan tidak sengaja. Kenapa saya sebutkan tidak sengaja, karena email khusus posting yang saya punya untuk blog ini masuk dalam kontak email primary saya. Maksud saya memasukkan email khusus posting di email primary sebenarnya bukan untuk membuat auto blog post tapi agar lebih memudahkan saya menerbitkan tulisan darimana saja. Kesalahan saya adalah saat mengundang teman-teman saya menggunakan medsos Linkedin, karena saya tidak melihat email siapa saja yang diundang maka undangan untuk menggunakan medsos tersebut kemudian menjadi postingan dalam beberapa waktu. Dan harus saya bilang disana kesalahan saya. Karena email undangan tersebut begitu agresif sehingga postingannya tentang undangan untuk menggunakan Linkedin tersebut muncul berkali-kali.

Alhasil mungkin sistem WP freehosted ini langsung mendeteksi ada yang salah dari blog saya kemudian langsung mengunci dashboard. Tindakan sistem tentu benar karena menjaga agar blog tidak di-“usili” oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Yang saya sesalkan adalah lambatnya happy engineer WP untuk merespon pemberitahuan saya mengenai suspend ini. Atau mungkin sistem lagi yang bermain disini karena, menurut saya, jika yang melepaskan suspend ini adalah human sungguh luar biasa kinerja beliau dalam menjaga wordpress. Pengguna wordpress hingga saat ini mungkin sudah jutaan jika 1 % dari satu juta mempunyai masalah yang sama dengan saya tentu manusia yang berada di belakang bisa dikategorikan manusia super.

Anyhow karena suspend sudah diangkat maka saya bersiap untuk memulai kembali menuangkan ide-ide dan juga nostalgia mahasiswa di jurusan sastra inggris.

Lazada Malaysia

Advertisements

Leave a Reply