About these ads

Hari Blogger Nasional

Hari Blogger Nasional, saya baru tahu kalau tanggal 27 Oktober adalah hari blogger nasional. Hashtag ini menjadi trending begitu saya membuka akun media sosial, twitter.

Menjadi blogger itu tidak gampang tapi juga tidak susah. Dengan modal wifi gratisan, atau dengan menggunakan modal sharing jaringan dari smartphone android yang dimiliki seseorang sudah bisa menjadi blogger.

Pertanyaannya menjadi blogger seperti apa?

Ada beragam alasan orang memulai aktivitas blogging. Mulai dari aktualisasi diri hingga ingin menjadi seorang enterprenuer berbasis internet atau yang sering dikenal dengan internet marketing.

Saya sendiri memulai aktifitas blogging untuk aktualisasi diri atau kata lainnya buat keren-kerenan aja. Hobi blogging ini sudah dimulai ketika saya mendapatkan pekerjaan pertama di kampung halaman sebagai seorang penjaga warnet di tahun 2008. Saya memulai blog pertama saya di situs multiply.com yang sudah almarhum. Setelah itu saya membuat akun blog di friendster, kompasiana, hingga saat ini yang masih bertahan di blogger.com dan juga wordpress.com.

Menulis di blog itu menyenangkan karena anda dapat menulis apa saja tanpa takut ditolak. Tidak seperti menulis untuk koran atau media-media lain memang, tapi perlahan-lahan saya akhirnya menyadari menulis di blog yang bebas itu harus dibatasi sendiri. Istilah saya seorang blogger itu reporter sekaligus redakturnya. Si pencari berita dan si penyeleksi berita. Dalam draf blog saya sudah banyak tulisan yang dipendam. Saya tidak menginginkan tulisan saya yang akan saya terbitkan di blog yang bersifat pribadi malah akan menjadi bumerang bagi saya sendiri.

Sebuah tulisan tentang hari blogger nasional juga saya temukan di situs jonru.com. Ada sebuah kisah menarik disana yaitu seorang blogger yang menentang pernyataan Roy Suryo namun pada akhirnya terjebak dengan pernyataannya tersebut. Blogger yang dikenal dengan nama priyadi menentang pernyataan Roy Suryo yang mengatakan seorang blogger itu hanya untuk keren-kerenan semata tidak untuk sesuatu yang jangka panjang. Dan saya juga berpikiran seperti itu untuk beberapa blogger yang saya kenal.

Sejujurnya saya pun sempat merasakan menyerah untuk menjadi blogger, namun saya kemudian berpikir ulang setelah membaca ebook yang saya dapatkan dari John Chow. Seperti yang saya singgung diatas tadi motivasi seseorang untuk menjadi blogger itu bermacam-macam, dan saya sendiri mengalami evolusi motivasi selama menjalani aktivitas blogging. Awalnya untuk aktualiasi diri dan sekarang saya termotivasi untuk menjadikan blog sebagai sarana untuk mencari nafkah. Ada banyak kisah sukses blogger indonesia yang telah sukses dalam mencari nafkah melalui aktifitas menulis di blog, contohnya seperti Astri Tada dan Juragan Cipir.

Aktifitas blogging jika hanya ditujukan untuk mencari uang saja maka pasti akan membuat anda akan merasa jenuh karena anda akan terjebak dengan rutinitas seperti submit artikel di social bookmarking, research keyword, search engine optimization dan modifikasi template dan lain sebagainya. Padahal inti dari aktivitas blogging adalah berbagi pengetahuan anda dan mendiskusikannya dengan orang lain.

Pastinya ada masa naik turunnya produktifitas seorang blogger. Ada kalanya ia dapat memposting tulisan setiap hari, namun ada kalanya selama sebulan ia tidak dapat menyelesaikan ide tulisan untuk diterbitkan di blog. Dan tantangan inilah yang harus dikalahkan oleh setiap blogger.

Dulu dalam memperingati hari blogger nasional ada sebuah komunitas yang mengumpulkan blogger indonesia dalam acara pesta blogger. Namun sepertinya acara ini tidak berlanjut karena mungkin juga para founding fathernya pada sibuk ngurus blog masing-masing ataupun sibuk dalam aktifitas diluar blogging. Saya sendiri berharap acara seperti pesta blogger diadakan lagi untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antar blogger di Indonesia.

Harapan saya di hari blogger nasional ini sederhana saja. Menyambut dunia yang semakin dilipat blogger Indonesia bisa menjadi agent of change yang bergerak bebas dalam memajukan Indonesia.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: