About these ads

Halal Parsial

By: Nandang Burhanudin
****

(1)
Sudah seminggu saya diajak menjualkan hotel. Berkas-berkas dihantar. Jadi makelar alias simsar bin calo, bukan hal baru.

(2)
Saya pun segera proaktif dengan agresif menebar info ke grup-grup WA atau telegram yang dirasa cukup potensial.

(3)
Tanggapan beragam. Ada yang serius santai. Memelesetkan buyer jadi puyer. Ujungnya hingga puyer bintang toedjoe hingga buyer muenchen.

(4)
Beberapa mengaitkan, fee sabilillahnya untuk membangunkan rumah baru dan isinya, mulai perkakas rumah dan perkakas lain yang bernyawa.

(5)
MaasyaAllah. Dari grup sersan ini, terhubung dengan calon buyer dari negeri Daarussalam. Semoga berjodoh.

(6)
Adalagi grup yang anggotanya marah. Tersinggung. “Kok jualan sich.” Dirasa mengganggu ..tanpa basa-basi, saya pun dikick aloas diusir bin dikeluarkan. Padahal saya pun diculik. Tiba-tiba ada di grup itu tanpa izin.

(7)
Sebelumnya saya minta maaf 3 kali. Bahasa iklan pun diperhalus. Mengundang milyarder yang bicara bisnisnya selalu menggelegar, tapi mentalnya hambar dan emosinya main tampar.

(8)
Adalagi grup yang mengkritisi, tapi tidak sampai mengkick. Malah adminnya bikin grup khusus MAKELAR berbagai produk. Akhirnya komunikasi makin cair. Ragam produk makin ramai. Silaturahmi antsr produk.

(9)
Dari pengalaman saya di atas. Saya memahami satu hal: jargon HALAL itu jangan parsial. Halal juga melingkupi jiwa tasamuh/toleransi dan menghindari sikap tanfir/membuat lari alias antipati.

(10)
Tasamuh itu memberi permakluman, jika ada yang share iklan di luar core bisnis grup. Jika pun dianggap melanggar. Memberi nasihat jauh lebih baik daripada main kick.

(11)
Jangan sampai sibuk GESIT gerakan silaturahmi menawarkan produk keluar. Sementara dengan sesama anggota, bukannya GESIT malah dibikin sempit.

(12)
Rezeki halal itu terbuka lebar. Ditutup dari satu pintu. Ada 19 pintu lain yang lapang. Saya memaafkan admin grup yang mengusir tadi. Doakan suatu ketika, triliyuner itu adalah saya sendiri.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: