About these ads

Google Memberikan HTTPS Gratis untuk Blogger.com

Sekarang anda tidak perlu untuk membeli sertifikat SSL, Google telah memberikannya dengan gratis.

Kemarin pada blogger buzz, saya membaca sebuah kabar terbaru kalau Google memberikan https gratis untuk pengguna blogger.com
fitur https di blogger.com
Dari tahun 2008 Google telah menggunakan koneksi yang ter-enkripsi untuk para pengguna beberapa produk seperti Search, Youtube, Gmail dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar Google dapat memberikan perlindungan bagi pengguna dalam berselancar di dunia maya. Setelah Search, Gmail, Drive, Youtube dan produk lainnya sekarang blogger.com mendapatkan jatahnya.
Menurut rilis resmi dari Google keuntungan dari penggunaan https ini adalah 
  1. Mempersulit orang iseng untuk mencuri informasi dari dan melacak aktivitas blogger maupun visitornya 
  2. Membantu pengguna untuk menjelajahi website yang benar-benar dituju bukan website yang di-redirect pada lokasi yang mencurigakan, dan 
  3. Membantu mendeteksi jika seseorang dengan sengaja merubah data yang diterima pengunjung blog dari blogger 
Fitur baru ini sudah bisa digunakan semenjak kemarin, 30 September 2015. Saya sendiri sudah mengaktifkan fitur https pada blog belajar blogging dengan blogspot namun untuk blog kandra wilko sendiri tidak bisa menggunakan fitur ini. 
Fitur HTTPS yang diberikan oleh google hanya bisa digunakan untuk pengguna sub domain blogspot, untuk pengguna blogger yang sudah melakukan Custom Domain, fitur ini tidak bisa digunakan. 
Saya mendapatkan informasi dari beberapa member di Indonesia Adsense Publisher Discussion kalau blog yang belum berganti template alias masih menggunakan template blogger tidak ada adaptasi yang harus dilakukan. Sebaliknya bagi pengguna blogger yang sudah berganti template maka yang bersangkutan harus melakukan beberapa perubahan didalam blog mereka.

HTTPS dan peringkat Google

Saya baru tahu kalau penggunaan HTTPS ternyata mempengaruhi peringkat sebuah situs atau blog dalam SERP. (ketauan jarang silaturahim sama google hihihi… )

Dalam rilisan google di tahun 2014, dinyatakan kalau google akan lebih fokus pada keamanan para penggunanya. Oleh karena itu kita pengguna produk google bisa melihat kalau setiap mengakses gmail, drive, youtube dan lain-lain terdapat tanda penggunaan “jalur aman” yang dikenal dengan https.

Apa itu HTTPS?

Google menjelaskan pengertian https itu sebagai berikut

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) is an internet communication protocol that protects the integrity and confidentiality of your users’ data between the user’s computer and the site.

Artinya sebagai kira-kira begini; https adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna yang terdapat pada komputer pengguna dan situs yang dikunjungi.

Data yang dikirim melalui https diamankan melalui Transport Layer Security protokol. Protokol ini menyediakan tiga kunci lapisan pengamanan berupa

  1. Enkripsi. 
  2. Integritas Data, 
  3. Otentifikasi

Daftar di atas adalah harga ssl yang tertera pada layanan domain saya, GoDaddy. Jika saya harus upgrade layanan domain untuk menggunakan https berarti selain membayar biaya domain .info saya juga harus membayar sewa ssl yang harganya hampir satu juta rupiah.

daftar harga ssl dari godaddy

Pertanyaan Mengenai Fitur HTTPS Gratis Blogger

Fitur https yang diberikan secara gratis oleh google melalui blogger ini disatu sisi akan membantu para blogger untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada visitor. Namun disisi lain blogger harus bertanya-tanya apakah mereka akan juga dianggap “konsumen google” karena pada beberapa laporan di google analytics, kueri kata kunci yang membawa pengunjung ke blog tidak dibuka semua. Beberapa kata kunci yang dilaporkan (not set) diketahui sebagai akibat penggunaan fitur HTTPS di produk google Search.

Selain dari analytics, yang menjadi perhatian saya lainnya mengenai efek dari https ini adalah pada tampilan iklan dan juga pendapatan iklan seorang publisher adsense. Blog saya mendapatkan peak penghasilan adsense di bulan september 2015 tapi setelah itu seiring dengan statistik blog yang semakin turun pageviewsnya, saya tidak mendapatkan apa-apa dari program adsense hingga saat ini.

Kesimpulan

Fitur https telah banyak digunakan oleh Google untuk beberapa produknya yang telah kita gunakan. Sekarang blogger.com mendapatkan jadwalnya untuk didukung dengan program https anywhere -nya google. Perubahan yang terjadi pasti memberikan dua sisi, good and bad.

Dari sisi manfaat visitor yang berasal dari Search akan lebih tenang dalam menjelajahi blog yang dihosting di blogger. Di sisi lain blogger yang sudah melakukan custom domain dan juga menikmati trafik tinggi akan mengalami penurunan visitor dan penghasilan.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: