Google Map Motorcycle: Fitur Penunjuk Jalan Khusus Biker

Generic Banner

Google Maps merupakan salah satu layanan google yang dapat digunakan secara gratis bagi pengendara di seluruh dunia.

Dengan Google map kita tidak hanya mengetahui rute terbaik untuk menuju tujuan tetapi juga mencari alternatif rute untuk mencapai tujuan.

Kalau sebelumnya pengendara motor harus melakukan settingan menghindari jalan tol agar bisa mendapatkan rute menuju tempat yang kita inginkan, baru-baru ini google map merilis peta khusus untuk pengguna kendaraan roda dua.

Akhirnya datang juga.

Fitur Mode Motorcycle kini bisa digunakan oleh para pengguna roda dua saat menggunakan google map untuk mencari rute terbaik untuk menuju ke sebuah tempat.

Selain rute perjalanan mode motorcyle google map juga dilengkapi dengan informasi yang bermanfaat seperti menginformasikan rintangan di rute yang dituju dan juga masalah ditempat parkir dari tempat tujuan tersebut.

Fitur mode motorcycle google maps ini bisa digunakan dengan memperbaharui aplikasi google map yang ada di smartphone android.

Sebelum dirilis di Indonesia, mode motorcycle sudah lebih dulu dirilis di India.

Kompas menulis alasan India menjadi negara yang dipilih untuk fitur terbaru google maps tersebut dikarenakan perbandingan antara pengguna mobil dan motor yang cukup besar (1:7). (https://tekno.kompas.com/read/2017/12/06/17050097/google-maps-dukung-rute-untuk-pesepeda-motor-bedanya-)

Portal liputan6.com dalam rilisnya tanggal 6 Desember 2017 lalu menyatakan kalau fitur ini belum bisa digunakan di Indonesia (http://tekno.liputan6.com/read/3185613/google-maps-rilis-fitur-untuk-pengendara-motor).

Di tahun 2018 mode tersebut sepertinya sudah dirilis untuk Indonesia.

Berikut screen shot mode motorcycle dari Xiomi Redmi 2 admin pencaricerah.

dok. pribadi

Selain google maps, waze sudah lebih dulu memberikan rute khusus yang bisa dilalui oleh sepeda motor.

Seharusnya aplikasi penunjuk arah seperti google maps maupun waze bisa membantu teman-teman ojek online dalam memberikan layanan transportasi.

Namun beberapa hari yang lalu saya mendapatkan keluhan dari istri, jika salah satu oknum ojol yang ia pesan malah tidak bisa membaca peta yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Miris sekali.

Padahal gawai dan aplikasi merupakan dua senjata yang mendobrak industri transportasi dalam beberapa tahun terakhir.

Kembali ke kisah istri saya yang masih kesal dengan abang ojeknya.

Selain si abang tidak mengetahui cara menggunakan peta yang sudah ada di layar hape yang digunakan, cara membawa motor pun ugal-ugalan.

Lutut istri saya jadi memar karena saat si abang mengantar istri saya ke rumah sakit dari kantornya di sekitar monas tidak menyadari kalau istri saya duduk menyamping.

Jadi ingat sebuah ungkapan:

Gawai udah pintar, orang yang memakainya belum tentu.

Advertisements

Punya Tanggapan? Mari kita berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.