Google Hacking: Teknik Rahasia Mencari Informasi Secara Akurat

hasil google hacking saya tahun 2008Google hacking adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas seseorang yang menggunakan mesin pencari populer www.google.com untuk melancarkan aksi hacking atau cracking. Website yang kena korban dari teknik hacking ala google ini disebut dengan google dork.

Dengan algoritma yang begitu canggih sebuah blog yang didaftarkan ke google search console dapat terbuka keamanan yang ada didalamnya. Mungkin karena blogger atau webmaster mendaftarkan sitemap ke google search console maka celah-celah keamanan yang terdapat di blog menjadi terbuka.

Dulu saya pernah mencoba teknik google hacking ini dan hasilnya dapat anda lihat digambar.

Saya dapat masuk ke dalam halaman hosting dari situs tersebut dan mendownload semua file yang terdapat disana. Hampir semua file yang berupa gambar, lagu, dan ebook saya dapatkan secara gratis dari situs tersebut.

Penasaran apa itu google hacking? Yuk mari dilanjut bahasnya.

Sejarah Singkat Google Hacking

Google hacking pertama kali ditemukan oleh Johnny Long di tahun 2002. Temuan Mister Johnny ini dikumpulkan dalam buku Google Hacking for Penetration Testers, Volume 1 (2005). Isi buku tersebut berfokus pada kelemahan sistem dan terbukanya informasi sensitif ketika seseorang melakukan pencarian melalui google.

Selain google hacking, website yang membuka celah keamanannya lewat keyword-keyword tertentu yang diketikkan digoogle dinamakan dengan google dork. Sebuah ejekan karena celah keamanan yang seakan-akan mengundang orang-orang iseng untuk melihat isi dalam dari website tersebut.

Cara Menggunakan Teknik Hacking Dengan Google

Saya pernah mendapatkan album mp3 dan juga ebook dalam bahasa inggris di sebuah situs dengan mengetikkan inurl:admin intitle:index.of pada search engine google. Jika keamanan situs tersebut lemah maka anda akan dibawa pada directory admin sebuah situs.

Sebagai informasi bagi kawan-kawan, halaman direktori sebuah situs biasanya diproteksi oleh webmaster. Halaman ini harus dilindungi agar website yang bersangkutan tidak mendapatkan serangan dari cracker/hacker yang mengancam privasi sebuah situs.

Saking banyaknya serangan pada website melalui google hacking ini, banyak pemilik situs yang melakukan protes ke perusahaan mesin pencari google inc. Hingga akhirnya selain google memberikan rekomendasi agar pemilik situs memperkuat sistem keamanan di website mereka, google juga memberikan restriksi kepada pengguna yang mencoba google hacking.

Baca: Waspada Google Pun Mencuri Data

Dari beberapa kali percobaan google hacking saya berhasil mendownload ratusan mp3 dari situs yang menjual lagu.

Selain google hacking, tools yang saya gunakan untuk mengunduh ratusan mp3 dari sebuah situs adalah internet download manager.

Mencari Bahan Skripsi Dengan Google Hacking

Teknik google hacking ini sangat membantu saya untuk menyelesaikan skripsi sewaktu kuliah. Dengan teknik yang cukup berbahaya ini saya bisa menemukan artikel-artikel yang sangat membantu saya dalam menulis skripsi.

Saya contohkan saja kode yang saya sampaikan diatas. Dengan mengetikkan intitle: berarti anda memerintahkan mesin pencari google untuk mencari judul yang anda butuhkan.

Contoh anda ingin mencari artikel yang mempunyai kata kunci “skripsi sastra inggris” maka anda cukup mengetikkan intitle:skripsi sastra inggris setelah itu anda akan mendapatkan beragam artikel yang mempunyai judul google hacking.

Kata Kunci Yang di Gunakan Untuk Hacking dengan Google

Bagi yang lagi mencari tugas (sekolah, kuliah, atau kantor) silahkan mencoba beberapa perintah yang dapat anda ketikkan di mesin pencari google.

  1. inurl fungsinya untuk mencari url
  2. intitle fungsinya untuk mencari judul laman
  3. allintitle fungsinya untuk mencari judul laman
  4. allinurl fungsinya mencari url
  5. filetype fungsinya mencari file khusus tertentu
  6. allintext fungsinya mencari text dari laman tertentu
  7. site fungsinnya mencari situs tertentu
  8. link fungsinya mencari link pada laman-laman
  9. inanchor fungsinya mencari text anchor link

Kesimpulan

Walaupun sekarang teknik hacking dengan google ini tidak terlalu terdengar perkembangannya, setiap website harus memproteksi akun login dan database pelanggan yang mereka punya.

Bukan tidak mungkin suatu ketika anda sedang iseng mencari sesuatu dengan menggunakan teknik google hacking ini, anda akan melihat bahwa ada celah yang terbuka pada sistem keamanan website anda.

Jika anda tidak punya kemampuan atau waktu untuk memperbaikinya, sebaiknya gunakan wordpress atau blogger untuk membuat website. Sejauh ini saya masih belum mendengar website yang dihosting di wordpress atau di blogger berhasil di crack / hack orang-orang iseng.

Meskipun google hacking seperti pisau bermata dua, teknik ini akan membantu anda dalam mencari artikel untuk membantu tugas sekolah, kuliah, atau kantor anda.

Akhir kata selamat mencoba.

About these ads

1 Comment

  1. […] komik karena baru setelah adanya internet saya mendapatkan komik-komik superman (caranya dengan google hacking, baca aja tulisan saya tentang google hacking). Komik yang saya dapatkan dari internet pun tidak […]

Leave a Reply