Uncategorized

Freebirds: Freedom of Indians

Freebirds
Freebirds movie – image source: rogerbert.com

Film free birds yang baru sekarang tayang di bioskop Indonesia membuat saya berpikir sesuatu yang sangat ekstrim. 

Film animasi yang mempunyai cerita tentang perayaan thanksgiving di Amerika ini sepertinya sedang mengajarkan anak-anak mengenai sejarah Amerika itu sendiri. Saya tidak mengacu kepada perayaan yang ditandai dengan makan kalkun tapi saya merujuk pada sejarah kedatangan bangsa Eropa ke benuar Amerika yang membuat penghuninya harus keluar dari tempat ia dan nenek moyangnya.

Jika anda perhatikan karakter kalkun yang dimasa lalu amat mirip dengan suku Indian. Kehidupan social kalkun di masa lalu menggambarkan kehidupan masyarakat Indian dimasa lalu. Cara hidup mereka megutamakan keharmonisan antar individu yang hidup dalam suku yang sama. Setiap kalkun mempunyai kesamaan karakter yaitu wajah yang dicat dan warna bulu yang merah. Coba bandingkan dengan penyebutan orang Indian oleh bangsa Eropa yang datang. Muka merah.

Kehidupan koloni baru di film Free Birds sendiri ternyata hampir sama dengan kehidupan bangsa Eropa yang datang ke benua Amerika. Bangsa Eropa yang datang ke benua Amerika tidak bermaksud untuk hidup bersama dengan penghuni asli tapi mereka membuat penduduk asli terusir dari tanah mereka sendiri. Mereka tidak mau berperang mempertahankan tanah nenek moyangnya namun memilih untuk beradaptasi dengan daerah baru. Dengan beradaptasi dengan daerah yang baru mereka dapat kembali melestarikan kebudayaan dan juga kelangsungan hidup suku mereka.

Alur cerita atau plot film animasi ini tidaklah jelimet, namun sederhana. Dimulai dari seekor kalkun yang menyadari bahwa manusia Amerika telah membodohi kaum kalkun untuk kemudian dibantai dan menjadi menu wajib untuk perayaan thanksgiving. Kalkun yang berpikiran seperti ini bernama Reggie dan dengan cepat ia diasingkan oleh kaumnya. Bagi kalkun di peternakan Reggie adalah penyakit yang membawa sebuah pemikiran konyol tentang petani Amerika. Seorang petani yang selalu merawat dan memberikan makan (jagung) dianggap sebagai sahabat kalkun. Padahal kalkun yang gemuk akan menemukan riwayatnya habis ketika petani membawa kalkun tersebut ke surga bagi kalkun. Reggie si kalkun akhirnya selamat karena diberikan sebuah tanda kehormatan sebagai burung yang diampuni. Disini saya menjadi berpikir apa salahnya kalkun hingga gelarnya menjadi burung yang diampuni? Reggie kemudian hidup di camp david tempat peristirahatan presiden Amerika dan ia mengalami kehidupan yang tenang dan menyenangkan. Disini kemudian saya berpikir kenapa harus camp david. Apa artinya camp david oleh sebuah bangsa yang diklaim oleh masyarakat Eropa?

Advertisements

Leave a Reply