About these ads

Doni: Kuliah di Jurusan Sastra Inggris atau Kuliah di Jurusan Manajemen?

Saya mendapatkan pertanyaan dari Doni di peluang kerja sastra inggris (silahkan klik linknya) apakah ia harus ambil jurusan sastra inggris atau ia ambil jurusan manajemen.

Dari informasi awal yang disampaikan oleh Doni pada kolom komentar bahwa ia telah bekerja dan ia mempunyai latar belakang pendidikan dari SMK maka saya menyarankan kalau Doni ikuti arahan orang tua yaitu mengambil jurusan manajemen.

Untuk memperdalam keahlian bahasa inggris dalam menunjang performa Doni di tempat kerja, lebih baik Doni mengambil kursus bahasa inggris yang direkomendasikan di kota Doni.

Mata kuliah jurusan sastra inggris yang khusus mempelajari manajemen sejauh yang saya ingat tidak ada.

Namun beberapa universitas menambahkan mata kuliah english for correspondence untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi pekerjaan kantoran yang bersifat surat menyurat.

Tentunya mata kuliah ini bermanfaat tapi jika dihubungkan dengan keadaan Doni yang telah bekerja mata kuliah ini hanya mengkover sebagian kecil dari skill yang dibutuhkan dalam perusahaan.

Saya menangkap ilmu manajemen yang dimaksud oleh orang tua Doni begini.

Dalam ilmu manajemen diajarkan bagaimana cara berbisnis, mengatur bawahan, mengorganisasikan setiap masalah dan mencari solusinya secara efisien. Tentunya mahasiswa sastra inggris bisa melakukan hal ini namun  outcome-nya tidak sesempurna mahasiswa manajemen.

Titik berat jurusan manajemen adalah pada ekonomi, teori dan praktek. Jurusan sastra inggris pun mempelajari teori ekonomi namun berbeda dalam mempraktekkannya.

Jika jurusan manajemen mempraktekkan teori ekonomi pada pasar, maka jurusan sastra inggris mempraktekkannya dalam membedah karya sastra bahkan dalam lingkup yang lebih luas budaya. (saya pribadi pernah membaca jurnal tentang korelasi ekonomi dan budaya tentang pemasaran coklat di hari valentine).

Kesimpulannya seperti yang saya sampaikan diawal tadi, pilihlah jurusan manajemen jika dengan kuliah tersebut Doni bisa promosi dan untuk memperdalam bahasa inggris, carilah lembaga kursus yang amat direkomendasikan.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

About these ads

6 Comment

  1. Doni says: Reply

    Trims, sangat bermanfaat, paling tidak saya punya pertimbangan lain setelah baca artikel ini. Kalo menuruti kata hati sebenarnya mau ke sastra inggris karena memang minat dan saya suka bahasa inggris, tp kata orang tua saya (yang konservatif) lulusan manajemen atau sarjana ekonomi itu yg dibutuhkan di dunia kerja sekarang, itu yang membuat saya dilema. Tinggal beberapa hari sebelum pendaftaran ditutup. Sy harus sholat istikhoroh dulu untuk lebih memantapkan pilihan hehehe

    1. kandra says: Reply

      Mantaap..shalat juga lebih baik semoga dpt jawaban yg baik Doni

  2. […] Diketahui Sebelum Masuk Perguruan Tinggi Kuliah di Jurusan Sastra Inggris Yang harus Diketahui Belajar dari kisah Doni: kuliah di jurusan sastra inggris atau kuliah di jurusan manajemen Dosen Sebagai Pilihan Karir Sastra Inggris Paspor Untuk Menjelajahi Segala Peluang Kerja […]

  3. kalo mau ambil Manajemen saya lemah di itung2an , kalo sastra inggris udah umum kalau sastra inggris kursus pun bisa jg bisa. tolong bantu saya harus bagaimana?

    1. kandra says: Reply

      Halo Hani

      Kalau saya boleh usul coba renungkan lebih minat kemana. Ada beberapa orang yang kuliah tidak pada minatnya yang akhirnya membuat kuliah menjadi “neraka”; nilai jeblok, dan paling nelangsa tidak lulus alias jadi mahasiswa abadi. Kalau minatnya manajemen secara tidak langsung pasti nanti Hani akan memperbaiki kelemahannya dalam itung-itungan.
      Kalau guru dan orang tua saya bilang lebih baik shalat istikharah agar kegalauan itu menjadi hilang.
      Semoga sukses Hani dan semoga pilihannya adalah yang terbaik

  4. […] Diketahui Sebelum Masuk Perguruan Tinggi Kuliah di Jurusan Sastra Inggris Yang harus Diketahui Doni: kuliah di jurusan sastra inggris atau kuliah di jurusan manajemen Dosen Sebagai Pilihan Karir Sastra Inggris Paspor Untuk Menjelajahi Segala Peluang Kerja […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: