About these ads

Phonetics Berbicara Bahasa Inggris Dengan Mudah

moto g smartphoneDi grup whatsapp saya seorang teman yang sedang berada di Inggris mengagumi bagaimana anaknya begitu fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Teman saya itu seorang ibu dan kami satu almamater. Bedanya saya mengambil program sastra inggris, sedangkan teman saya mengambil program pendidikan bahasa Inggris. Kembali ke anaknya yang fasih dalam berbahasa Inggris tadi, sebagai seorang mahasiswi yang dipersiapkan sebagai guru teman saya begitu kagum dengan bagaimana guru-guru taman kanak-kanak disana mengajarkan kata-kata bahasa Inggris tersebut pada anak-anak. Mungkin anda berpikir ya terang saja fasih berbahasa Inggris wong anaknya besar di Inggris. Percayalah saya juga berpikir seperti itu. Namun ternyata setelah teman saya memperhatikan bagaimana guru-guru tersebut mengajar ia teringat dengan mata kuliah Phonetics (For Your Info mata kuliah Phonetic ini HARUS diikuti mahasiswa bahasa Inggris). Ia bercerita kepada kami bahwa anaknya diajarkan mengucapkan kata dalam bahasa Inggris sesuai dengan lafal kata tersebut dalam bahasa Inggris.

Baca terus agar anda tahu bagaimana bahasa Inggris anda terdengar seperti native speaker (Bahasa dosen saya dahulu sound like a native).

Bagi mahasiswa bahasa Inggris ayo kembali cari bahan kuliah mengenai phonetic, jika anda seorang mentor bahasa Inggris tentunya materi phonetic akan sangat bermanfaat bagi anda dan juga anak didik anda. Bagi mahasiswa non bahasa phonetic pengertiannya adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari bagaimana pengucapan sebuah kata yang mempunyai simbol atau arti tersendiri.

Contohnya saat belajar kata CAT (kucing). Anak-anak itu tidak hanya mendengarkan bagaimana gurunya mengucapkan kata CAT /kaet, tetapi dijelaskan satu per satu huruf nya  /k, /ae, /t. Mungkin anda akan bingung dengan tulisan yang saya beri tanda “/”. Maksud dari tanda “/” adalah bagaimana cara anda mengucapkannya. Simbol /ae sendiri saya akui tidak persis seperti simbol phonetic yang seharusnya. Ini terjadi karena kekurangan saya dalam mengetahui kode-kode dalam keyboard, mohon dimaafkan.

Bagi yang muslim tentu ingat dibelakang kitab Al Quran lama (saya kurang tahu terbitannya dan tahun berapa) ada gambar anatomi mulut dan kerongkongan dan kita diberi penjelasan bagaimana huruf semisal /kha harus dibunyikan. Gambar berikut ini mungkin akan lebih menjelaskan apa maksud saya.

phonetic Al Quran
belajar membunyikan huruf bahasa Arab

Belajar bahasa Inggris di taman kanak-kanak di Inggris Raya sana, juga melakukan hal yang sama. Seperti tadi kata CAT /kaet yaitu terdiri dari bunyi /k, /ae, /t. Jika anda belajar bahasa Inggris dengan google translate seperti yang telah saya sarankan sebelumnya, anda patut mencoba untuk membaca artikel mengenai International Phonetic Alphabet dari wikipedia. Jadi anda tidak hanya perlu untuk mendengar dengan baik sebuah kata diucapkan, tetapi anda juga harus tahu bagaimana huruf tersebut dibunyikan. Dan jangan lupa selalu berlatih monolog jika anda tidak mempunyai teman untuk memperlancar bahasa Inggris anda.

Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.

About these ads

3 Comment

  1. […] Sastra Inggris Tentang Jurusan Lulusan Sastra Inggris Sebaiknya Menghindari Bank Mandiri Phonetics: Teknik Bahasa Inggris Dengan Mudah Masuk Sastra Itu Menyenangkan Dan Belajar untuk Kritis 7 Tips Belajar Bahasa Inggris Skype […]

  2. […] Sastra Inggris Tentang Jurusan Lulusan Sastra Inggris Sebaiknya Menghindari Bank Mandiri Phonetics: Teknik Bahasa Inggris Dengan Mudah Masuk Sastra Itu Menyenangkan Dan Belajar untuk Kritis Skype Aplikasi Untuk Memperlancar […]

  3. […] merupakan konsentrasi pendidikan bahasa yang membahas bahasa itu sendiri. Mulai dari makna bahasa, bentuk bahasa hingga konteks bahasa itu sendiri. Dalam sastra inggris berarti anda akan membahasa makna bahasa […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: