wordpress

Dapatkan Domain dan Hosting Gratis dari KOMINFO

Anda salah satu pencari domain dan hosting gratis? Kalau jawabannya iya maka artikel ini untuk anda. Kebetulan saya adalah salah satu saksi hidup dari program kementrian informasi dan informatika ini. Syaratnya cukup mudah dan anda dapat langsung live dengan toko online atau website pilihan anda.

Saya ingat ketika mencari informasi tentang domain dan hosting gratis melalui google. Hasilnya kalau tidak hostinger ya 000webhost. Meskipun tidak salah janji alias anda benar-benar mendapatkan domain dan hosting secara gratis. Contohnya agar mendapatkan domain dan hosting gratis dari hostinger tersebut anda harus mendapatkan klien bagi hostinger. Klien ini tidak sembarang klien tetapi harus klien yang membeli paket hosting (dan mungkin juga domain) di situs hostinger Indonesia.

Hal yang kurang lebih sama juga berlaku dengan webhost, tetapi tidak untuk program domain dan hosting gratis dari kominfo dan pandi.

Minggu lalu saya mendapatkan informasi dari teman, benihkita.com, jika pemerintah Indonesia sedang mengadakan kampanye sejuta domain id bagi para pelaku usaha UKM, institusi pendidikan, atau organisasi masyarakat. Awalnya saya tidak percaya…

… tapi rasa penasaran saya menang juga dan saya pun mengetikkan alamat https://1juta.id.

Saya mencoba mendaftarkan nama blog yang ingin saya jadikan toko online pada menu periksa domain. Setelah nama domain saya tersedia saya mencoba daftarkan nama domain tersebut melalui tombol daftar.

Saat anda menekan tombol daftar baru, anda diberikan pilihan domain yang akan anda gunakan untuk apa. Pilihannya ada UKM, komunitas, pesantren, sekolah, dan satu lagi saya lupa. Setelah memilih kegunaannya langkah selanjutnya adalah memberikan informasi daerah domisi anda yaitu provinsi dan kabupaten/kota.

konfirmasi pendaftaran domain dan hosting gratis untuk tokopencaricerah.id
gambar dokumen pribadi

Sebelum masuk ke form pendaftaran domain .id anda diminta untuk memilih nama domain yang akan didaftarkan dan digunakan. Saya memilih nama domain tokopencaricerah.id. Nama ini pastinya tersedia namun saya merasa harus bekerja keras agar website toko online saya bisa dikenal dan menghasilkan.

Untuk isian formulir standar saja. Anda hanya memberikan informasi lengkap seperti nama lengkap, alamat domisi, nomor KTP dan lain-lain. Hanya saja yang membedakan adalah anda harus meng-upload Kartu Tanda Penduduk yang dimiliki.

Setelah mengisi formulir pendaftaran dan juga mengupload KTP maka anda tinggal menunggu konfirmasi dari sistem satu juta domain id. Prosesnya kalau menurut website resmi bisa membutuhkan waktu hingga 1 minggu. Namun saya mendapat konfirmasi untuk domain dan hosting hanya selang satu hari.

dapat domain dan hosting gratis dari program satu juta id kominfo
dokumentasi pribadi

Makanya buruan daftar kalau masih pengen bisnis online. Klik aja link 1juta.id yang saya berikan diatas. No tipu-tipu.

Nah sekarang tanggapan saya dengan program satu juta domain id dari kominfo ini.

Program ini bagus bagi pemilik Usaha Kecil Menengah karena

  1. domain .id itu harganya 500 ribu rupiah, jadi jika tidak dimanfaatkan sekarang cost anda akan sangat besar.
  2. saat anda mendaftarkan diri melalui program kementerian kominfo anda akan mendapatkan hosting (seharga Rp. 250 ribu) melalui beberapa situs layanan web host. Jadi cost anda benar-benar ga ada bukan. (ingat untuk tahun pertama)
  3. untuk satu tahun pertama sewa domain .id ini gratis, makanya anda harus banyak belajar tentang internet marketing atau digital marketing agar tahun depan website toko online anda tidak hilang secara tiba-tiba
  4. meskipun sepertinya banyak anda jangan sampai telat untuk mendapatkan program satu juta domain .id kerja sama kominfo dan pandi. Sebagai gambaran saja id toko online yang saya daftarkan tadi, tokopencaricerah.id, 30.596. Asumsi saya adalah sudah ada 30 ribu lebih domain .id yang saat ini di booking oleh para internet marketer maupun praktisi blog di Indonesia. Tidak mendaftar sekarang entah kapan lagi anda akan mendapatkan domain dan hosting gratis.

 

Domain dan Hosting Gratis Dengan Program Satu Juta Domain .ID

Dilansir dari blog Maxmonroe.com, kementerian komunikasi dan informatika mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 50 Milyar agar masyarakat Indonesia mendapatkan domain .id beserta hosting dari masing-masing partner yang bekerja sama dengan kominfo dan pandi. Tujuan program domain dan hosting gratis .id sebagaimana dikutip oleh blog tersebut adalah mengurangi besarnya bandwith yang digunakan oleh Indonesia dalam mengakses internet.

Advertisements

2 comments

  1. Pingback: Hosting dan Domain Murah di FastComet.com (rumah baru blog saya)

  2. tedi

    Program ini bagus bagi pemilik Usaha Kecil Menengah karena

    domain .id itu harganya 500 ribu rupiah, jadi jika tidak dimanfaatkan sekarang cost anda akan sangat besar. Saya setuju bahwa domain dan hosting akan mengeluarkan biaya maka dari itu harus dimanfaatkan dengan baik laman websitnye

Leave a Reply