Damailah Indonesiaku Dalam Berkampanye

Kemarin saya sempat mempertanyakan kedamaian yang akan muncul dari setiap peserta pemilu 2009. Dan hari ini saya akhirnya dapat menyebutkan kedamaian pemilu 2009 hanya impian.Kemarin saya berharap bahwa pemilu 2009 yang akan berlangsung akan diwarnai dengan kedamaian yang membuat berbagai pihak merasa pesta demokrasi betul-betul pesta mereka sendiri. Hakikat sebuah pesta adalah setiap orang merasa puas setelah turut serta di dalamnya. 

Saya sempat berharap semua orang dapat berkaca dan mengambil pelajaran dari peristiwa pilkada yang hampir selalu diwarnai dengan bentrokan antar pendukung, politik-politik kotor, dan lain sebagainya. Kita selalu melihat contoh ke negeri luar, apalagi demokrasi yang dijalankan Amerika dan negara barat secara umum. Pesta demokrasi di barat apalagi di amerika sana, jarang terjadi kerusuhan yang disebabkan oleh pemilu. Setiap pendukung dari seorang caleg atau partai dengan berbesar hati menerima setiap keputusan yang telah dihasilkan lewat jalur perhitungan suara.

Saya hampir tak pernah mendengar bahwa antar pendukung partai atau caleg di sana membuat kerusuhan dikarenakan partai atau caleg atau capres yang didukungnya kalah. Sungguh berbeda dengan kondisi negeri ini.

Pengamat politik selalu beralasan masyarakat Indonesia sedang belajar untuk berdemokrasi, karena itu walau disayangkan perilaku yang tidak menerima kekalahan bisa dimaklumi.

serangan fajar atau kampanye hitam

Dalam politik apalagi kampanye baik di barat maupun di negeri sendiri juga ada yang disebut kampanye negatif dan kampanye positif. kampanye negatif adalah sebuah propaganda yang dilakukan oleh pesaing sebuah partai politik untuk menjatuhkan lawannya tersebut. Ada bermacam-macam cara yang dilakukan seperti yang terjadi beberapa minggu belakangan ini, salah satu peserta pemilu, partai keadilan sejahtera, di kampanye hitamkan oleh media nasional yang bermottokan aktual, tajam, terpercaya.

Persaingan seperti ini adalah lumrah jika saya merunut ke belakang. Ketika pilkada gubernur sumatera barat beberapa tahun yang lalu, situasi seperti ini pernah muncul. Gubernur saat ini pernah di kampanye hitamkan dengan alasan bahwa ia terlalu ingin berkuasa karena tidak ingin menjadi orang kedua dalam pemerintahan. Dilain waktu saya pernah mendengar calgub yang mempunyai anak di kampanye hitam dengan mengatakan bahwa dengan anaknya yang banyak maka si calon gubernur akan lebih berpotensi untuk korupsi. Apakah kedamaian yang saya inginkan itu adalah tidak adanya hal-hal tersebut? Apakah kampanye hitam terhadap seorang calon atau sebuah partai adalah bumbu dari pesta demokrasi ini?

Saya hanya orang yang buta tentang politik, gamang dalam menulis…

tulisan yang mungkin terkait

kompetisi popularitas website peserta pemilu 2009
pemilu damai hanya impian?
logo partai peserta pemilu 2009
macam-macam cara caleg berkampanye
damailah indonesiaku dalam berkampanye
kampanye damai pemilu 2009(2)
kampanye damai pemilu 2009
kampanye damai pemilu 2009

Advertisements

8 Balasan untuk “Damailah Indonesiaku Dalam Berkampanye”

  1. Ping-balik: Berpisah untuk yang terbaik « PencariCerah: kampanye damai pemilu 2009
  2. Ping-balik: Macam-macam cara caleg berkampanye « PencariCerah: kampanye damai pemilu 2009
  3. Ping-balik: Pemilu damai hanya impian? « PencariCerah: kampanye damai pemilu 2009
  4. Ping-balik: Logo Partai Peserta Pemilu 2009 « PencariCerah: kampanye damai pemilu 2009
  5. Ping-balik: kompetisi popularitas website peserta pemilu 2009 « PencariCerah: kampanye damai pemilu 2009
  6. Ping-balik: SEO kontes: Kampanye Damai Pemilu 2009 « PencariCerah: kampanye damai pemilu 2009
  7. Ping-balik: Kampanye damai pemilu 2009 « PencariCerah: kampanye damai pemilu 2009
  8. Ping-balik: Hingar Bingar Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014-2019 | PencariCerah

Tinggalkan Balasan