About these ads

Daihatsu Copen Yang Lahir Kembali

Ada yang pernah nonton film Back to The Future? Film ini mengisahkan kisah seorang ilmuwan yang mampu mengembangkan sebuah mobil untuk perjalanan melintasi waktu. Film ini amat populer di tahun 90-an (kalau saya tidak salah ingat hehe..). 
Trend saat ini seperti film Back to The Future tersebut. Mulai dari demam batu akik yang melanda para lelaki di Indonesia hingga perusahaan otomotif dunia dari Jepang, Daihatsu. Namun bukan mobil batu ala Flinstone yang menjadi bahasan saya tapi Daihatsu Copen.
Saya penikmat barang-barang mewah dalam artian cukup senang untuk melihat dan khawatir untuk memiliki. Pasalnya barang mewah seperti Daihatsu Copen yang dilahirkan kembali selain harganya mahal jenis perawatannya juga cukup bikin pusing.
Daihatsu Copen 2015
Daihatsu Copen 2015
Pastinya perawatan untuk jenis mobil Daihatsu Copen tidak bisa sembarangan. Selain perawatan berkala, juga harus diperhatikan adalah asuransinya. Melindungi tidak hanya dengan perawatan di bengkel resmi tapi juga saat berkendara di jalanan.
Daihatsu Copen pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan otomotif Jepang, Daihatsu, pada tahun 1999 di Tokyo Motor Show. Pada saat itu Daihatsu Copen masih berupa konsep purwarupa. Di tahun 2013, kendaraan ini kembali diperkenalkan dengan fitur Masa Depan dan juga perubahan nama, Kopen.

Generasi Pertama Daihatsu Copen

Daihatsu Copen aslinya dibuat dengan mesin turbo 660 cc agar mengikuti kebijakan mobil di Jepang. Akan tetapi karena peraturan di beberapa negara mobil tentang gas buang, Daihatus memutuskan untuk mengubah mesin menjadi non-turbo 1.3 L yang bertujuan agar diterima pasar. 


Pada Pameran Motor Frankfurt, Daihatsu Copen memperkenalkan dua varian baru yaitu 1.3 L dan ZZ.
Mobil ini juga diikutsertakan pada pameran Top Gear, dimana James May mencari mobil konvertibel yang terbaik. James pada dasarnya menyukai Daihatsu Copen akan tetapi ia merasa desain mobil ini terlalu sederhana.
Pada tahun 2011, tanggal 13 Januari Daihatsu mengumumkan akan menghentikan penjualan Daihatsu Copen di dataran Eropa. Lalu pada bulan April 2012, Daihatsu mengumumkan Copen akan berhenti diproduksi pada bulan Agustus 2012 dan akan memasarkan 500 unit Daihatsu Copen limited edition sebagai salam perpisahan.  

Generasi Kedua Daihatsu Copen

daihatsu copen interior
daihatsu copen interior
Setahun setelah pengumuman penghentian produksi Daihatsu Copen, Daihatsu kembali mengumumkan akan memproduksi kembali mobil konvertibel ini dengan model yang paling baru. Tokyo Motorshow kembali menjadi ajang pengenalan Daihatsu Kopen dengan tagline Future Included.
Kopen diubah ulang menjadi lebih angular dibanding pendahulunya dengan kerangka yang disebut D-Frame. Struktur rangka mobil Kopen dapat disesuaikan pembeli tergantung pada apa yang desain interior dan/atau eksterior yang diinginkan.
Panel body dibuat dari 13 komponen resin terpisah, 11 diantaranya dapat diubah menurut desain dan warna. Kopen juga mempunyai sistem suspensi terbaru, mesin turbo 660 cc tiga silinder dengan DVVT, sistem bunyi yang lebih baik, dan berat yang dikurangi. Di Jepang ada tiga varian Copen yang dijual yaitu Copen XPlay, Copen Robe, dan Copen Robe tipe S. 

Spesifikasi Daihatsu Copen Generasi Kedua

Model 2014, Japanese market

KF engine
  • 658cc 3 cylinders 12 valves DOHC intercooler turbo
  • Compression ratio — 9.5
  • Power — 47 kW @ 6400 rpm
  • Torque — 92 Nm @ 3200 rpm
  • Combined fuel consumption — 22.2 Km/L (MT) or 25.2 Km/L (AT)
Transmission
  • Manual — KPMZ 5-speeds with ratios 3.181, 1.842, 1.250, 0.916, and 0.750, or
  • Automatic — KBPZ CVT with ratio 3.327 to 0.628
Body
  • Layout — Front-engine, front-wheel-drive
  • Weight — 850 Kg (MT) or 870 Kg (AT)
  • Wheel base 2230 mm
About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: