About these ads

Computer Assisted Language Learning/CALL

Salah satu mata kuliah (atau hanya program?) yang paling saya tunggu ketika kuliah sastra Inggris adalah CALL singkatan dari Computer Assisted Language Learning.

Sekarang dosen yang mengajar telah meninggal dunia, semoga beliau diringankan dalam kubur.

Al-Fatihah…

Saya sendiri sudah lupa siapa nama dosen tersebut.

Beliau punya basic kependidikan bahasa Inggris dan juga ketertarikan terhadap teknologi.

Maka belajar bahasa Inggris dengan CALL sangat membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris dan komputer.

Dalam mata kuliah CALL saya dapat menonton film yang disediakan di labor komputer.

Tidak hanya menonton film dalam bahasa asing atau sembarang film, karena mata kuliah tentu ada tugas yang menanti setelah mengikuti program CALL.

Tugasnya berupa makalah yang sering kali berupa ringkasan dari film yang ditonton atau penggunaan aplikasi komputer yang dipersiapkan untuk belajar.

Computer Assisted Language Learning baru saya ketahui ternyata adalah metoda belajar bahasa Inggris dengan menggunakan perangkat multimedia yang saat ini menjamur.

Dalam penjelasan wikipedia ada berbagai macam fitur yang disediakan program CALL ini seperti lingkungan belajar virtual, dan belajar jarak jauh dengan perantaraan situs.

Konsep dari computer asissted language learning atau call ini adalah membuat siswa dapat belajar sendiri.

Hal ini berawal dari perubahan konsep mengajar dari pendekatan terpusat dari guru menjadi pendekatan terpusat dari siswa.

Maksudnya jika cara mengajar dahulunya guru yang menjadi titik pusat atau punya wewenang untuk mengatur cara belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa maka CALL lebih menitik beratkan cara belajar siswa.

Saya sendiri menyadari cara belajar saya berbeda dengan orang kebanyakan.

Dalam belajar bahasa inggris saya lebih suka menonton dan mengulang sendiri kata-kata yang diucapkan oleh pemeran/aktor.

Hal ini berawal dari sebuah film kartun ketika era TPI masih menjadi Televisi Pendidikan Indonesia.

Kartun tersebut menceritakan makhluk planet yang suka makan jam membantu makhluk planet bumi dari kejahatan terorganisir.

Kisahnya semacam konspirasi yang membuat seseorang yang berhak atas tahta yang dikudeta.

Dalam tayangan tersebut saya belajar beberapa kata dalam bahasa Inggris dan juga cara pengucapannya ketika berdialog.

Inilah yang membuat saya menyenangi mata kuliah CALL (Computer Assisted Language Learning), saya belajar bahasa Inggris melalui film yang disediakan di labor bahasa.

Saya pada dasarnya memang suka menonton film dari pada membaca buku teks.

Program Computer Assisted Language Learning (CALL) adalah bantuan dari pemerintah Amerika (seingat saya) yang diberikan kepada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

Selain CALL bantuan tersebut juga mengadakan dosen-dosen yang berasal dari Amerika.

Saya berkesempatan mendapatkan tiga dosen sewaktu bantuan tersebut diberikan.

Dua diantara mereka masih ingat dengan mahasiswa yang suka melupakan dosen ini dengan menjadi teman facebook saya.

Saya bertanya-tanya apakah fasilitas Computer Assisted Language Learning ini dimiliki oleh lembaga-lembaga pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia?

Saya berharap semoga ada, karena metoda belajar Bahasa dengan menggabungkan komputer dan bahasa asing sangat membantu perkembangan kemampuan bahasa saya.

About these ads

3 Comment

  1. […] Tentukan Pilihan Kuliah D3 Sastra Inggris atau S-1 Sastra Inggris MATA KULIAH SASTRA INGGRIS – Computer Assisted Language Learning – HUMANISTIC STUDIES – HISTORY OF ENGLISH LANGUAGE SASTRA DALAM PERADABAN ISLAM […]

  2. […] dan Kependidikan. Contoh mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa nk dan kependidikan adalah computer assisted language learning atau mata kuliah listening comprehension. Tidak hanya mata kuliah dasar dalam menguasai bahasa […]

  3. […] Pilihan Kuliah D3 Sastra Inggris atau S-1 Sastra Inggris MATA KULIAH SASTRA INGGRIS – Computer Assisted Language Learning – HUMANISTIC STUDIES – HISTORY OF ENGLISH LANGUAGE SASTRA DALAM PERADABAN ISLAM […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: