8 Langkah Update WordPress Core Manual Jika Tidak Bisa Update Otomatis dari Dashboard

Iklan

Cara Update WordPress Manual – Aplikasi WordPress semakin populer dan banyak digunakan orang di seluruh dunia untuk berbagai tujuan. Dengan popularitasnya itu WordPress juga memiliki kerentanan terhadap keamanan sehingga hampir setiap bulan di halaman dashboard muncul pesan pembaharuan entah itu plugin, tema yang digunakan saat ini atau bahkan wordpress core atau engine wordpress itu sendiri.

Meskipun saat ini untuk mengupdate core wordpress kita bisa melakukannya dari halaman dashboard admin dengan satu klik tombol perbaharui namun tidak menutup kemungkinan disuatu saat cara update wordpress manual berikut Anda butuhkan di masa depan.

Artikel update wordpress manual ini berasal dari codex.wordpress.com/Updating_Wordpress dan telah saya praktekkan sendiri dengan menggunakan wordpress offline (modal aplikasi xampp dengan komputer tanpa jaringan internet).

  1. Backup Website Anda via Cpanel atau via FTP. Bagaimana cara backup wordpress di Cpanel? Silahkan tanya web hosting provider Anda. Biasanya mereka memiliki panduan untuk hal ini. Bisa jadi langkah-langkah membackup website yang saya lakukan hampir sama. Kalau dengan FTP saya sendiri belum lihat dalam melakukannya jadi silahkan merujuk ke artikel berikut.
  2. Download atau unduh versi wordpress terbaru dari wordpress.org atau klik disini. Versi terbaru wordpress saat tulisan ini diterbitkan adalah 5.1.1.
  3. Setelah pengunduhan selesai, ekstrak file zip dari WordPress Core yang diunduh tadi ke komputer dan kemudian jalankan aplikasi xampp dan masuk ke laman admin wordpress Anda.
  4. Sebelum upgrade wordpress dilakukan PASTIKAN anda telah me-non aktifkan plugin yang anda gunakan.
  5. Setelah itu Anda hapus Folder wp-include dan wp-admin beserta isinya.
  6. Setelah folder wp-include dan wp-admin versi lama dihapus, unggah (upload) folder wp-include dan wp-admin yang terdapat di File WordPress Core versi terbaru yang telah diekstrak di komputer pada poin tiga diatas.
  7. Setelah dua folder tadi diunggah folder selanjutnya yang Penting untuk diunggah (upload) folder wp-content dari File WordPress versi 5.1.1 dengan menimpa (overwrite) folder dengan nama yang sama di hosting. Perhatian! Jangan didelete folder wp-content tersebut atau salah satu dari isinya karena alasan ini.
  8. Unggah file lain yang terdapat di File WordPress Core terbaru seperti index.php, wp-login.php dan lain-lain. Wp-config tidak akan terhapus (namun sebaiknya anda download terlebih dahulu untuk jaga-jaga)

Setelah kedelapan langkah tersebut Anda lakukan akses laman admin wp Anda lalu klik tombol update database. Tergantung berapa besar database yang Anda miliki upgrade wordpress akan selesai dalam beberapa saat saja.

Silahkan bagikan pengalaman cara update wordpress manual ini kepada teman-teman Anda. Semoga membantu

Advertisements
Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *