Cara Paling Mudah Menghapus Widget Blogger Yang Bandel

Bagaimana cara menghapus widget blogger yang bandel?

Pertanyaan ini muncul karena saya ingin menghapus widget blogger yang tidak bisa dihapus walaupun sudah memakai revert widget template to default. Ada dua widget yang terdapat pada blog saya yang tidak saya ketahui (tidak ingat juga) dari mana datangnya.

Widget Bandel …

adalah widget yang tidak bisa dihapus ataupun tidak bisa dipindahkan, menurut mba Indri dalam cara menghapus widget yang tidak bisa dihapus dengan mudah. Kalau saya widget bandel ini hanya masuk dalam satu kriteria yaitu tidak bisa dihapus tapi bisa dipindahkan.

Hasil pencarian saya kembali memberikan jalan kepada website juragan cipir. Dari tulisan mba Indri, untuk menghapus widget yang susah dihapus harus dilakukan dari edit HTML. Cara ini adalah cara yang sangat beresiko jika anda tidak mengetahui apa yang harus anda lakukan. Salah hapus kemungkinan malah template anda akan semakin runyam.

Tulisan cara menghapus widget blogger dari juragan cipir sendiri terinspirasi dari blogger lain yaitu kang ucup. Sayang tidak diketahui kapan tanggal publish artikel tersebut sehingga ketika saya praktekkan tutorial menghapus widget blogger yang diberikan, hasilnya malah membuat saya menemukan hal lain.

Sebelum menuju penemuan saya mengenai cara mudah menghapus widget di blogger versi saya, mari kita lihat dan baca tulisan dari mba Indri Lidiawati.

Menghapus Widget ala Juragan Cipir

Dari tutorial yang diberikan dalam tulisan cara menghapus widget di blogger oleh Juragan Cipir blogger harus masuk ke edit HTML dan mencari kode locked=’true’ untuk diubah menjadi false.  Jadi kode yang terdapat di widget menjadi locked=’false’. Akan tetapi saya tidak menemukan kode di widget yang akan dihapus dalam locked.

“Widget bandel” yang akan saya hapus mempunyai title ‘Sepakbola Magz’ dan juga ‘Contoh Blog’ dan saya lupa kapan saya menaruh widget tipe feed di blog ini. Kedua widget ini bisa dipindah-pindahkan tetapi tidak bisa dihapus, saya bisa saja memindahkannya ke footer tapi hasilnya tidak bagus untuk tampilan blog.

Setelah masuk ke menu Edit HTML dan mencari judul widget yang dimaksud, kode widget saya terdapat kode <b:widget id=’feed2” locked=’false’ title=’sepakbola magz’ type=’feed’>…</b:widget>

contoh widget bandel di blog saya

Jadi tips dari cara menghapus widget blogger yang disampaikan oleh mba Indri di postingan cara menghapus widget yang susah dihapus dengan mudah tidak bisa saya terapkan. Karena posisi widget sudah pada posisi ‘locked’. Beginilah tampilan widget bandel tersebut dalam Layout.

tampilan widget bandel dalam layout

Solusi

Saya iseng melakukan eksperimen menghapus widget blogger yang bandel. Dalam baris kode widget <b:widget id=’feed2” locked=’false’ title=’sepakbola magz’ type=’feed’>…</b:widget> saya melakukan expand. Setelah barisan kode widget tersebut terlihat, saya melakukan highlight ke seluruh kode lalu menghapus kode-kode yang bersangkutan.

Saya berpatokan pada rumus html sederhana yaitu tag html harus diawali dengan <buka> dan </tutup>. Jadi saya menghapus kode widget feed 2 tersebut <b:widget id=’feed2” locked=’false’ title=’sepakbola magz’ type=’feed’>…</b:widget> dan hasilnya …

widget bandel langsung hilang

widget bandel hilang dalam tampilan Layout blog. FYI, saya hanya menggunakan template default blogger sekarang. Mungkin ada cara menghapus widget juragan cipir tidak berlaku bagi template saya tapi berlaku untuk template blog yang lain.

About these ads

Leave a Reply