Cara Mulai Blogging Kembali Setelah Lama Pensiun Atau Untuk Rebranding

Bagaimana cara memulai kembali kegiatan blogging? Saat ini untuk beberapa niche yang “basah” sudah banyak kompetitornya. Bahkan website-website tersebut sudah mendapatkan audience yang jumlahnya cukup tinggi. Apakah anda akan menyerah begitu saja?

blogger cowok yang lagi fokus bikin konten

Saya sendiri sudah mulai blogging dari tahun 2008 dan baru sekitar tahun 2010 saya mendapatkan approval sebagai publisher adsense. Mungkin anda pikir jika sekarang saya sudah mendapat “gaji” bulanan dari adsense. Jika itu pertanyaan anda maka jawab saya anda salah.

Hingga saat ini saya masih belum mendapatkan penghasilan dari adsense. Penghasilan dalam artian dikirim cek dan pin untuk pencairan saldo setiap bulan ya.

Kadang saya merasa frustasi, tetapi saya tetap memaksakan diri untuk aktif menulis di blog kandrawilko.info. Total postingan saya saat ini adalah lebih kurang 700 artikel tetapi sebagaimana anda lihat pada archieve saat ini artikel saya hanya berjumlah 27 artikel. Artikel lain saya turunkan untuk saya perbaiki lagi kontennya agar sesuai dengan topik blog kandrawilko saat ini.

Jika anda membaca artikel-artikel dari blog lain tentang bisnis online atau tentang blogging anda akan membaca jika saat ini topik blog anda harus spesifik. Jika anda menyukai topik-topik tentang bisnis online maka konten blog anda jangan pernah berisi diluar topik tersebut.

Dengan membuat segmentasi pembaca dan kegunaan blog anda akan mudah memonitisasi artikel-artikel yang ada di blog. Inilah masalah yang saya temui di blog multi niche atau blog gado-gado.

Dulu tahun 2008 mempunyai sebuah blog dengan berbagai macam kategori dan pembahasan akan membuat blog anda lebih berwarna dan mendapatkan kompetisi iklan yang tinggi. Tetapi sekarang pengiklan lebih mengutamakan blog dengan topik khusus karena target dari pengiklan bukan lagi branding tetapi selling.

Maksudnya jika sebuah iklan tampil di sebuah blog maka iklan tersebut akan menjadi konversi bagi pengiklan. Entah itu produknya di beli atau pengunjung blog menjadi pengguna layanan dari pengiklan.

Dengan memahami tujuan dari pengiklan maka saya berkesimpulan untuk melakukan rebranding dari blog kandrawilko.info.

Lalu bagaimana dengan kompetitor? Ada banyak blog di database google yang membahas tentang blogging dan juga bisnis online. Tentu saja. Topik blogging dan bisnis online merupakan topik yang menarik. Namun saat ini pembaca artikel juga beragam dan juga cara calon pengunjung blog menggunakan kata kunci untuk menemukan informasi di blog yang kita kelola juga beragam. Karena itu masih ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk berkompetisi dengan blog-blog yang sudah “mapan”.

Syarat Berkompetisi dengan Website Besar di Niche Yang dipilih

Neil Patel, seorang internet marketer asal Amerika, memberikan 5 langkah mudah kembali blogging. Berikut kelima langkah tersebut.

1. Pick up where you left off 
2. Make a big comeback 
3. Build (Rebuild) Your Audience
4. Do Your Research (Again)
5. Build Your Email List

Sepintas kelima langkah yang disampaikan oleh Neil Patel ini mudah. Jadi begini maksud saya

#1 Pick up where you left off

Bagi yang pernah main Football Manager anda kenal dengan term ini? Sewaktu bermain football manager saya menggunakan menu ini untuk memberi semangat pada pemain. Arti dari Pick up where you left off ini kira-kira bermain seperti yang dilakukan pada pertandingan yang lalu.

Kalau dibawa ke blogging maksud pick up where you left off ini adalah balik pada blog lama yang sudah ditinggalkan. Saya kembali membaca artikel-artikel lama yang mendapat kunjungan dari mesin pencari dan membuat pembaharuan pada artikel tersebut.

Selain memperbaharui tulisan saya juga memperbaharui segmentasi blog. kandrawilko.info tidak lagi akan berisi tentang segala macam yang lagi trend tetapi khusus pada topik yang saya gandrungi, internet marketing atau digital marketing.

#2 Make a BIG comeback

Saat masuk lagi pada pusaran kompetisi blog Neil Patel menyarankan agar blogger lama ini masuk kompetisi dengan sebuah BANG (baca:beng). Intinya jadilah pusat perhatian dari blog-blog yang lain.

Ada dua hal yang bisa dilakukan agar blog baru (rebrand) mendapatkan pusat perhatian
2.1 mulai menerbitkan konten (artikel) secara reguler. Pengertian reguler disini tidak setiap hari atau setiap waktu, tetapi HARUS mempunyai jadwal tetap penerbitan artikel baru. Jumlah penerbitan artikel juga harus konsisten, mungkin seminggu 2 kali atau seminggu 1 kali.

2.2 mengumpulkan ide-ide yang akan dibahas sebelum anda mulai menerbitkan blog. Cara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar tetapi akan memberikan keleluasaan dalam menerbitkan konten. Berapa artikel yang harus dipersiapkan? Neil menyarankan agar anda membuat artikel yang panjang dan komprehensif untuk dapat terbit dalam 3-4 minggu.

Atau …

Anda membuat jadwal editorial untuk menerbitkan konten. Anda dapat menggunakan Google Kalender untuk tahap ini.

#3 Build (Rebuild) Your Audience

Mungkin sebelum berhenti ngeblog anda sudah mempunyai komunitas sendiri. Ketika anda berhenti ngeblog apakah komunitas anda masih ada? Jika anda masih memiliki daftar email pelanggan blog anda dimasa lalu Neil menyarankan agar anda mengabarkan pada subscriber anda jika anda mulai ngeblog lagi.

#4 Do Your Research (Again)

Yup. Mulai lagi riset. Tetapi riset yang disampaikan oleh Neil tidak riset keyword tetapi trend terbaru yang saat ini banyak digunakan oleh para website besar yang menjadi influencer di topik anda sendiri.

Contoh yang paling mudah adalah jika anda ngeblog tentang blogging, bagaimana anda riset kata kunci dengan keterbatasan yang diberlakukan oleh Adwords baru-baru ini. Hampir semua blog yang membahas riset keyword dengan adwords masih menggunakan gambar dari fitur yang lama. Padahal sekarang adwords hanya memberikan range pencarian per bulan. Alih-alih anda mendapatkan angka seperti 480,000 yang anda dapatkan sekarang 450k – 500 k.

#5 Build Your Email List

Email list tidak bisa dipungkiri lagi menjadi senjata bagi internet marketer dalam berjualan. Saya menggunakan feedburner untuk menangkap email list. Belakangan ini saya mengganti layanan gratis penjaring email dari google ini dengan aplikasi dari sumo.me.

Kesimpulan

Advertisements

Tinggalkan Balasan