Uncategorized

cara mudah memahami sitemap

Apa itu sitemap?? Bagi orang awam yang seringnya ikut-ikutan seperti saya istilah seperti ini tidak terlalu saya ambil pusing. Kenapa? Karena sitemap dianggap tidak terlalu penting. Yang menjadi penting adalah mempunyai blog dan menulis di dalamnya. Akan tetapi semua itu kini berubah… Apalagi semenjak blog walking pada blog-blog yang mempunyai traffic yang tinggi.

Pengertian sitemap dari wikipedia adalah representasi bangunan sebuah situs yang dapat berbentuk dokumen (pdf,exe,swf dan lain-lain) atau halaman web yang berada dalam situs tersebut. Dengan kata lain sitemap atau peta situs, istilah yang lebih banyak di pakai di Indonesia, adalah sebuah ringkasan halaman-halaman yang terdapat pada sebuah situs.
Kegunaan peta situs ini adalah untuk memudahkan pengunjung dan mesin pencari dalam menjelajahi situs atau blog anda. Sitemap pun berguna untuk meningkatkan SEO blog dan situs anda.
Sitemap diperkenalkan oleh google pada tahun 2005. Sekarang situs-situs seperti yahoo, ask, msn, dan mesin pencari lainnya menyediakan fasilitas tersebut.
Bagi seorang blogger adalah sebuah pilihan untuk membuat blognya dikenal oleh mesin pencari atau tidak. Kenapa saya bilang tergantung blogger tersebut? Ya.. mungkin konten blognya membuat aib kalau di publikasikan. Akan tetapi kebanyakan blogger, dari hasil blogwalking saya, berkompetisi agar search engine yang banyak dipakai pengguna internet di dunia menampilkan situs mereka pada halaman pertama dan di peringkat pertama pula.
Link
Advertisements

Leave a Reply