Cara Mengenali dan Menghindari Google Sandbox

apa itu google sandbox
ilustrasi google sandbox

Google Sandbox kini menjadi sebuah perbincangan yang sangat seru antara saya dan adik saya. Kebetulan saat ini kami mempunyai hobi yang sama yaitu menaklukkan internet dan menggali pundi-pundi dolar. Saya sendiri sudah menjalani hobi untuk mengais-ngais internet selama beberapa tahun. Saat ini saya sudah merasakan prospeknya tapi saya belum memanen. 

Adik saya baru memulai untuk blogging dan mencari penghasilan tambahan melalui blogging. Tapi tetap saja ia mau hasil yang instan, maka ia pun belajar mulai dari mengenal kembali content management system seperti wordpress dan juga mengenai database. Adik saya kerap membaca artikel-artikel tentang metode-metode internet marketing yang tersedia di internet. Mulai dari affiliate hingga cpc. Saya sendiri sudah banyak membaca dan bahkan ikut dalam sebuah kursus internet untuk menjadi profesional blogger, sebuah jalan hidup yang menawarkan kebebasan terhadap jam dan tingkat stres yang tinggi. 

Mengenal Google Sandbox

Saya mengenal google sandbox dari adik saya. Dia berbaik hati untuk mengecek blog pribadi yang telah saya utak-atik dan hasilnya dengan bantuan sebuah situs checker google sandbox, adik saya memperingatkan saya tentang blog pribadi yang saya kelola. Ia menyampaikan kalau blog saya terindikasi terkena hukuman dari google yaitu sandbox. Dalam situs cek google sandbox dan penalty tersebut saya juga menemukan maksud dari sandbox. Secara sederhana sandbox berarti blog/situs yang sedang dikelola mengalami penurunan dalam hasil pencarian (search engine result page).

Mesin pencari seperti google sepertinya menerapkan hukuman untuk pelanggaran yang dilakukan admin blog/website. Hukuman pertama adalah Deindexed/Banned, yaitu situs/blog yang telah didaftarkan ke mesin pencari akan dihapus dari index atau database mesin pencari tersebut. Contoh: secara umum mesin pencari akan memperingatkan kepada para blogger/website admin untuk tidak melakukan keyword stuffing/cloacking. Jika tidak diindahkan maka blog/situs yang dimaksud akan secara sepihak dikeluarkan dari index google.

Hukuman kedua adalah Penalized. Disebutkan dalam situs pixel groove bahwa blog/situs yang telah masuk dalam google atau mesin pencari (search “google index”) tetap berada dalam database namun situs tersebut tidak akan ditemukan jika dilakukan pencarian secara manual. Kebetulan saya belum pernah merasakan terkena Penalized dari google tapi saya mendapat gambaran begini. Jika anda telah memasukkan blog/situs anda di google index maka untuk cek apakah situs anda bisa ditemukan oleh mesin pencari biasanya diketikkan “site:http://situsanda.com”.

gak kena google sandbox atau penalized
contoh situs yang bisa ditelusuri

Saya sendiri pernah membaca tentang Google Sandbox dari praktisi internet marketing Amerika (lain kali saya coba untuk berbagi artikelnya disini). Inti yang saya tangkap adalah terkena google sandbox masih lumayan daripada terkena banned sama sekali.

Cara Menghindari Google Sandbox

Bagaimana cara menghindari google sandbox? Setelah saya berkeliling dengan google.com saya mendapatkan beberapa nasehat penting. Pertama bersabarlah, karena google berusaha untuk menjadi mesin pencari terbaik dan terfavorit. Maksudnya jangan pernah berharap dengan tweak yang anda lakukan di blog anda akan langsung berada di halaman depan mesin pencari. Google menggunakan algoritma dan juga manusia untuk mempertahankan reputasinya sebagai mesin pencari terbaik di abad ini. Jika anda pindah dari google ke bing atau yahoo pun situasi ini akan tetap sama. Mesin pencari akan selalu memonitor setiap situs yang muncul di halaman depan mereka, dan mereka sangat perhatian dengan pendapat orang terhadap situs/blog tersebut. Ini cara pertama yang disarankan oleh blogger dengan nama hedryiks.

Cara kedua untuk menghindari google sandbox ini adalah dengan merevisi kembali postingan yang anda buat. Maksud merevisi kembali postingan adalah mengurangi kata kunci yang muncul di halaman postingan anda.

Cara ketiga adalah membuat artikel tentang google sandbox dan juga mengupdate kembali peta situs anda ke dalam mesin pencari google dan mengupdate peta situs anda. Setelah anda mengupdate peta situs (re-submit peta situs di google.com/addurl) coba di cek dengan mengetikkan site:http://blogsaya.com pada form pencarian google (note: tentunya blog saya dot kom adalah alamat / url dari blog atau website anda).

Salam sukses.

Advertisements

Tinggalkan Balasan