wordpress

Cara Melacak Link Outbound Dengan Google Analytics

Cara Melacak Link Outbound Dengan Google Analytics – Kesuksesan sebuah blog/website dapat diukur melalui beberapa parameter. Ada 3 statistik dalam google analytics yang akan membantu anda dalam membuat konten yang lebih baik. dapat anda Salah satu parameter yang dapat digunakan adalah mengetahui berapa banyak outbound link yang di klik oleh pengunjung.

Apa itu outbound link? Istilah outbound link merujuk pada sebuah kondisi dimana pengunjung melakukan aksi, yaitu berupa klik, pada teks, gambar, atau iklan yang sedang tayang. Anda mungkin pernah berada pada sebuah laman artikel kemudian melihat link yang direkomendasikan oleh webmaster atau blogger yang bersangkutan kemudian anda klik link yang diberikan dalam artikel tersebut.

Bagi para affiliate marketer menggunakan teknik lacak link outbound ini sangat bermanfaat untuk mengetahui berapa banyak pengunjung yang meninggalkan blog atau website anda dan menuju link yang anda rekomendasikan.

Setelah anda menginstal kode pelacakan yang anda dapatkan di google analytics dashboard jangan lupa menyertakan kode berikut ini:

function handleOutboundLinkClicks(event) {
  ga('send', 'event', {
    eventCategory: 'Outbound Link',
    eventAction: 'click',
    eventLabel: event.target.href
  });
}

Fungsi kode pelacakan diatas adalah untuk melacak setiap klik yang bersifat outbound yang ada di blog/website anda.

Event adalah pelacakan tersendiri yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi pengunjung dengan laman web atau aplikasi. Dengan menggunakan perintah event ini anda dapat melacak laman download, klik di iklan perangkat mobile, gadget, flash element,  dan pemutaran video.

Untuk menggunakan pelacakan Event ini anda diharuskan untuk membuat perintah

  • category
  • action
  • label
Contohnya saya ingin mengetahui apakah ada yang calon pembeli produk yang saya jual. Kategori yang saya tetapkan adalah outbound link. Untuk action dapat anda buat dengan nama klik, lalu labelnya adalah alamat url dari produk afiliasi tersebut.
Untuk laporan Event dapat anda lihat di google analytics yaitu di menu Prilaku (Behavior).
Catatan untuk anda: Kode diatas (pelacakan event) jangan di tempatkan di dalam cuplikan kode analytics dasar. Tetapi harus anda letakkan diluar kode analytics dasar tadi.
Catatan tambahan: Anda harus menambahkan perintah transport:beacon pada kode pelacakan diatas. Kenapa? Menurut panduan dari google analytics, pada saat pengunjung berinteraksi dengan link yang anda berikan kode javascript dari pelacakan tersebut akan terhenti. Perintah transport:beacon akan memberikan solusi atas hal tersebut.
Sekian dulu cara melacak link outbound dengan google analytics yang dapat saya bagikan. Semoga membantu.
Advertisements

Leave a Reply