Cara Kerja Google dan Cara Membuat Search Engine Optimization (SEO)

Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Istilah ini biasanya sudah sangat familier oleh blogger yang berpengalaman. Tapi bagi yang masih baru ngeblog dan pengen agar artikelnya lebih banyak dibaca orang, istilah ini tentu masih asing.

Saya pun bingung bagaimana cara membuat artikel yang telah diterbitkan di website pencaricerah bisa banyak dibaca oleh orang banyak yang sedang mencari informasi di google, bing, ataupun yahoo. Butuh waktu untuk mempelajari bagaimana cara kerja mesin pencari dan juga memaksimalkan aspek-aspek teknis yang terdapat didalam website agar saat dicari oleh orang melalui mesin pencari diatas, website kita langsung bisa menjadi rujukan oleh mesin pencari tersebut.

Jadi artikel tentang SEO ini mudah-mudahan bisa melengkapi berbagai artikel yang sudah banyak muncul saat anda mencari informasi tentang seo.

Cara Kerja dan Cara Membuat Search Engine Optimization (SEO)
gambar dari maxmonroe.com

Search engine optimization (SEO) dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi optimisasi mesin pencari. Dengan kata lain mengoptimalkan kemampuan mesin pencari agar blog yang kita kelola dapat muncul di halaman pertama dari hasil pencarian mesin pencari tersebut.

Search Engine atau mesin pencari adalah sebuah situs yang mempunyai database berupa alamat blog atau website, cuplikan artikel dan judul artikel dari blog atau website. Apa yang terjadi jika blog yang anda kelola tidak pernah anda daftarkan ke google search console? Apakah anda akan mendapatkan kunjungan?

Bisa saja.

Loh kok bisa?

Search engine bukan satu-satunya jalan yang bisa dilalui pengunjung anda pertama kali untuk menuju blog atau website. Sekarang dengan banyaknya situs bergenre media sosial, search engine semacam google mendapatkan saingannya. Beda halnya sebelum media sosial dikembangkan oleh mark zuckerberg dan kawan-kawan mesin pencari menjadi satu-satunya alat agar blog anda diketahui oleh orang.

Agar sebuah blog atau website terdaftar di google anda hanya butuh mendaftarkan sitemap atau peta situs blog atau website saja. Dengan mendaftarkan peta situs (sitemap) ke database mesin pencari (google, bing, yahoo, yandex, dan lain-lain) situs yang anda buat akan mempunyai kesempatan untuk dikunjungi oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Jika anda menganggap mendaftarkan peta situs ke search console lalu tiba-tiba blog anda mendapatkan pengunjung maka anggapan anda itu salah. Setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan blog yang telah diterbitkan oleh orang-orang di seluruh dunia. Dan topik blog yang anda kira hanya punya anda pun ternyata dipikirkan juga oleh orang lain. Oleh karena banyaknya blog dan website yang mendaftar dan juga keseragaman topik yang dibahas terciptalah kompetisi.

Kompetisi ini dapat kita lihat pada laman hasil pencarian. Ketika anda mengetikkan kata Search Engine Optimization (SEO) di kotak pencarian maka kita akan melihat seperti apa kompetisi tersebut berlangsung. Jika anda sebagai pengunjung mungkin anda tidak menyadari bahwa untuk kata kunci tadi google sudah memiliki 15 juta lebih alamat website yang memiliki kata kunci Search Engine Optimization (SEO). Dari 15 juta alamat website yang terdaftar dalam database google tersebut google hanya menampilkan 10 website dan blog yang menurut mereka memiliki konten yang dimaksud oleh penggunanya pada halaman pertama.

Sebagai pengunjung yang mencari informasi, apakah anda akan menjelajahi semua laman hasil pencarian google tersebut untuk menemukan apa yang anda mau? Jawabannya bisa iya, bisa tidak.

Saya pribadi kalau mencari informasi dan menemukan jawaban atas permasalahan saya di situs yang saya temukan pada urutan teratas maka saya tidak akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk menjelajahi hasil pencarian yang lain. (Kecuali jika saya ingin mencari bahan untuk menulis)

Itulah manfaat seo yang akan saya bahas pada tulisan kali ini. Fungsi dari SEO menurut saya dan yang saya alami adalah membuat blog atau website mendapatkan tempat paling atas atau minimal di halaman pertama dari hasil pencarian. Jika blog atau website kita muncul dihalaman pertama dan berada di posisi teratas maka kemungkinan pengunjung untuk datang ke blog atau website yang kita punya akan semakin besar.

Cara Kerja SEO

Situs yang paling banyak digunakan oleh orang di dunia ini saat melakukan pencarian adalah google.com. Untuk kawasan Amerika Serikat saja situs google digunakan oleh 68% pengguna internet dibandingkan dengan saingannya yang lain. Jadi bing.com, yahoo.com, dan lain-lain harus berbagi porsi 32% sisanya. Oleh karena itu saat anda mempelajari cara kerja seo ada baiknya anda mengambil rujukan dari Dasar-Dasar SEO Google.

Secara umum google (dan mesin pencari lainnya) mempunyai tiga cara kerja yaitu

  1. perayapan
  2. pengindeksan
  3. penyajian
Saya coba membahas satu per satu cara kerja google sebagaimana yang telah disampaikan oleh situs ini didalam web resmi mereka.

Perayapan

Seperti yang saya utarakan diawal tadi ketika sebuah website terbit, pengelolanya mendaftarkan situs tersebut ke google webmaster. Setelah mendaftarkan alamat website yang bersangkutan si admin juga mendaftarkan peta situs web. Saat peta situs dan alamat situs didaftarkan, perangkat lunak google yang disebut robot google melakukan tugasnya untuk merayapi website tersebut.

Pengindeksan

Setelah merayapi isi website tersebut dari atas <!Doc type html> hingga ke bawah </html> maka informasi yang didapat saat melakukan perayapan tersebut kemudian disortir melalui beberapa kategori yang telah dipersiapkan.
Bagaimana google membuat pengkategorian tersebut hingga kini tidak ada yang tahu. Parameter yang digunakan oleh google ini tetap menjadi rahasia dapur mereka dan walaupun sudah ada yang berasumsi parameter seperti apa yang bekerja rahasia ini masih belum dibuka oleh google.
Menurut saya kategori yang dipersiapkan google berupa kata dan frasa bukan tag html. Bahkan dengan voice search pun kata merupakan kunci dari teknologi google untuk menyajikan hasil pencarian. Untuk lebih lengkapnya anda dapat melihat artikel dari master blogger, maxmonroe.
Mungkin saja asumsi saya itu salah. Anda pun dapat berasumsi bagaimana cara kerja seo google melalui sedikit informasi tentang bagaimana si robot google bekerja di Dasar-Dasar SEO google.

Penyajian

Setelah perayapan dan pengindeksan maka si robot google akan menyajikan data sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna. Informasi yang menurut robot google paling mendekati informasi yang diinginkan oleh pengguna akan ditampilkan dalam laman hasil pencarian.
Jika suatu hari blog saya berada di laman pertama hasil pencarian tetapi isi dari blog ini tidak sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna, google akan menurunkan peringkat blog ini dari laman hasil pencarian. Indikasi blog atau website tidak sesuai dengan mutu yang diinginkan pengguna diketahui google dari rasio klik through atau kunjungan terhadap situs tersebut dari situs google, berapa lama pengunjung berada di laman blog atau website yang dimaksud dan berapa persen rasio keterlibatannya terhadap blog atau website.
Maksudnya begini. Contoh seseorang mencari cara kerja dan cara membuat search engine optimization (seo). Tujuannya tentu mengetahui cara kerja search engine lalu bagaimana mengoptimalkan kerja search engine tersebut pada blog. Menurut google pada waktu itu blog saya yang paling relevan untuk memenuhi keinginan penggunanya, maka google meletakkan blog saya di laman pertama hasil pencarian dan di posisi teratas.
Pengunjung kemudian datang ke blog saya. Tapi ternyata informasi yang ia inginkan tidak ada di dalam blog, maka si pengunjung tadi kemudian menekan tombol back browser dan beralih pada rekomendasi google yang lainnya. Aktifitas seperti ini memberikan sinyal kepada google jika untuk pencarian informasi cara kerja dan cara membuat search engine optimization (seo) blog saya kurang relevan. Akibatnya pada saat yang (mungkin) sama ketika ada pengunjung lain yang mencari informasi yang sama google akan menurunkan peringkat saya dari paling atas ke urutan paling bawah.

Cara Membuat SEO

Setelah anda mengetahui bagaimana cara kerja seo google, anda akan lebih mudah memahami cara membuat seo untuk meningkatkan keberadaan blog / website. (to be continued, maaf tugas memanggil) Topik tentang cara membuat seo sudah banyak yang menulis baik itu dengan teknik scrapping maupun benar-benar dari pengalaman sendiri. Anda dapat mengambil semua trik tersebut dan mempraktekkannya untuk blog anda.

Saya sendiri saat awal-awal memulai kegiatan blogging tidak peduli dengan seo ini. Begitupun teknik seo yang dipakai. Bagi saya mempunyai blog dan menulis di dalam blog saja sudah membuat saya merasa lebih dari orang kebanyakan. Lambat laun saya pun tertarik dengan topik search engine optimization apalagi setelah lamaran sebagai publisher adsense diterima.

Makanya saya sarankan bagi blogger pemula yang masih menimbang-nimbang untuk menggunakan seo di blog segera memulai penerapan teknik ini. Sebagai awal langkah anda dalam menggunakan teknik seo teori terbaik adalah dengan membaca panduan optimasi penelusuran dari google.

Panduan yang diberikan google ini sangat saya rekomendasikan karena secara implisit google memberikan rahasia bagaimana cara kerja seo robot google saat seseorang sedang mencari informasi melalui situs tersebut.

  1. Judul laman Unik dan Akurat
    Judul website atau laman artikel atau laman statis anda sebaiknya menggunakan teks. Hal ini berguna untuk pengunjung maupun mesin pencari. Contohnya saya mencari informasi tentang search engine optimization (seo) di google. Setelah mengekan tombol cari maka saya akan mendapatkan beberapa situs yang mengandung informasi tentang informasi yang saya cari tersebut. Bentuk informasi di laman pencarian google hanya cuplikan judul dan artikel.

    Dari gambar diatas situs maxmanroe.com ternyata memiliki informasi yang saya inginkan. Maka saya berkunjung ke situs tersebut. Ini trik pertama membuat seo. Judul dari artikel atau blog anda harus akurat. Artinya Judul tersebut benar-benar mencerminkan isi dari artikel yang anda buat.

    Judul laman artikel juga harus berada di tag elemen html <title>. Bagi anda yang belum belajar bagaimana sebuah website atau blog dibuat sebaiknya mulailah belajar. Tag judul dalam HTML <title> dirayapi oleh robot google dan baik pengunjung blog maupun pengelola blog tidak dapat mengetahuinya. Coba anda lihat source code website max monroe yang saya ambil sebagai contoh dalam gambar dibawah ini

  2. Gunakan tag meta description
  3. Mudahkan perayapan dan struktur URL
  4. Buat navigasi yang mudah untuk manusia dan robot
  5. Buat anchor text yang baik
  6. Optimalkan penggunaan gambar dengan tag alt
  7. Gunakan Heading sewajarnya
  8. Gunakan robot.txt dengan efektif
  9. Gunakan atribut rel=’nofollow’ dengan baik
  10. Gunakan template yang mobile friendly
  11. Promosikan dengan benar
  12. Manfaatkan situs webmaster (google search console)

Kesimpulan

Keuntungan SEO yang dapat anda rasakan sebagai blogger adalah banyaknya kunjungan yang anda dapatkan. Jika anda sedang mengirim pesan maka pesan itu akan sampai kepada orang yang anda tuju. Jika anda seorang publisher adsense maka kunjungan yang banyak tersebut berarti bertambahnya penghasilan yang akan anda dapatkan.
Advertisements

4 Balasan untuk “Cara Kerja Google dan Cara Membuat Search Engine Optimization (SEO)”

Tinggalkan Balasan