Cara Instal dan Review Blackberry Messenger (BBM) di Samsung Ch@t Android Jelly Bean

bbm on android

#blackberryforall adalah strategi marketing yang paling jitu dari blackberry untuk tetap eksis di jagad gadget. Setelah handset mereka mulai ditinggal oleh pasar langkah blackberry (Research In Motion/RIM) melepas aplikasi bbm untuk android dan iOS dapat dikatakan hasilnya berbuah manis.

Aplikasi bbm for android dan iOS awalnya sempat dipertanyakan setelah kegagalan server blackberry dalam mengatasi lonjakan tiba-tiba pada servernya. Diberitakan ada delapan juta user dengan platform android berbagai tipe yang mengunduh aplikasi bbm yang bocor. Saya sendiri mendapatkannya dari seorang teman kantor yang mendapatkan mentahan aplikasinya dari forum xda developer. Akhirnya saya sendiri kemudian memandang sebelah mata pada kemampuan dan keseriusan Blackberry untuk melepaskan aplikasi paling top mereka blackberry messenger.

Kepesimisan saya tersebut bukan tanpa alasan sama sekali. Sebelum melepaskan aplikasi bbm untuk android dan iOs, blackberry internet service terkenal, yang merupakan jalur aplikasi blackberry di seluruh dunia sering kali down karena berbagai alasan. Saat itu aplikasi blackberry messenger hanya bisa digunakan pada handset smartphone blackberry. Logika saya kemudian berkesimpulan, jika masih dalam lingkungan blackberry saja gangguan komunikasi (dalam hal ini bbm-an) terkendala bagaimana server blackberry bertahan pada pengguna android yang jumlahnya ratusan juta (koreksi kalau salah)?

Pada launching resminya Oktober yang lalu, Blackberry sepertinya belajar dari kesalahannya yang pertama. Baik pengguna android maupun bbm yang belum teregistrasi pada situs bbm.com harus sabar menunggu dalam antrian agar mereka terdaftar (red. mendapatkan blackberry id). Dalam kicauannya di twitter, blackberry beralasan bahwa mereka tidak menyangka aplikasi bbm untuk android mendapat sambutan yang cukup antusias dari

komunitas android dan Iphone. Dan untuk mencegah server blackberry down, proses registrasi kemudian harus dilakukan dengan antrian.

saya sendiri menginstal blackberry bukan dengan langsung mendownloadnya pada Google Playstore. Saya mengunduh aplikasi mentahan (bbm apk) dari forum xda. Hal ini saya lakukan karena saat saya mencari di Playstore saya tidak menemukan aplikasinya. Belakangan saya baru mengetahui kalau mencari aplikasi bbm di samsung ch@t saya harus menggunakan kata kunci “bbm”.

bbm for android

 

saya praktekan sendiri dengan samsung galaxy ch@t (B5330) :

cara menginstal bbm di handset android yang telah 

  1. Langkah pertama tentunya harus download .apk bbm for android, anda bisa mendapatkannya pada halaman download
  2. Masuk ke halaman “setting” kemudian masuk ke halaman “security”
  3. Cari “Device Administration” kemudian centang pilihan “Unknown Sources”
  4. Cari  aplikasi bbm yang telah di download pada handset anda, lalu klik ikon bbm untuk memulai installasi, dan tunggu.
  5. Jika anda telah berhasil melakukan installasi, maka anda akan diarahkan ke situs bbm.com untuk melakukan registrasi blackberry id.
  6. Jika anda pada saat setelah installasi menemukan pesan “No Connection” lakukan langkah selanjutnya.
  7. Klik ikon BBM  pada notifikasi kemudian tekan dan tahan hingga muncul App info
  8. Klik opsi app info tersebut hingga anda dibawa ke system aplikasi BBM. Tunggu hingga kalkulasi data selesai dilakukan.
  9. Setelah kalkulasi data berhenti cari opsi “clear data” untuk menghapus data yang ada sebelumnya.
  10. Setelah melakukan penghapusan data, cari opsi “clear cache” untuk menghapus cache.
  11. Setelah itu lakukan Force Stop. Dan jalankan kembali aplikasi Blackberry Messenger yang sudah diinstal.

Pada kasus saya, aplikasi bbm langsung jalan dan saya bisa langsung registrasi di situs bbm.com. Langkah-langkah instalasi diatas saya lakukan pada smartphone samsung yang belum di root (gagal root, alhamdulilah ga break). Hasilnya dapat berbeda pada masing-masing smartphone dan handset android yang digunakan.

Setelah menggunakan Blackberry Messenger saya kemudian menemukan bahwa aplikasi ini membuat baterai boros. Jika sebelum memakai aplikasi bbm saya hanya perlu charge samsung ch@t 2 kali (siang di kantor, dan malam di rumah) maka setelah aplikasi ini digunakan frekwensinya menjadi 3 kali. Saya pun mendapat info dari teman-teman di grup whatsapp bahwa blackberry messenger saat ini mempunyai kekurangan lain seperti tidak bisa saling tukar video, tidak bisa mengirim file dengan ekstensi pdf/word/excell, tidak ada bbm chanel, dan pin yang berawalan 7 yang bersifat sementara.

Ada beberapa orang yang memposting di forum kaskus akhirnya melakukan uninstall bbm di android mereka karena alasan-alasan diatas. Ada beberapa yang tetap menggunakannya dengan beberapa alasan yang salah satunya terkait dengan rekanan bisnis mereka yang terlanjur memakai blackberry. Apapun keputusan anda dan alasan dibaliknya semuanya sah-sah saja.

Advertisements

3 Replies to “Cara Instal dan Review Blackberry Messenger (BBM) di Samsung Ch@t Android Jelly Bean”

  1. Ping-balik: Update BBM For Android and Review of BBM | PencariCerah
  2. Ping-balik: 3 Tahun Situs Belanja Online Lazada.co.id | PencariCerah

Tinggalkan Balasan