7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Generic Banner

 

Cara berpakaian mahasiswa baru harus diperhatikan baik-baik. Jangan gara-gara pakaian ke kampus di hari pertama kamu sudah menjadi incaran senior untuk digojlok. Yah meskipun sekarang katanya ospek sudah enggak ada, tapi budaya mengincar anak baru oleh mahasiswa senior masih dalam proses untuk dihilangkan.

Teman-teman pencaricerah.com yang akan kuliah baik di jurusan sastra inggris maupun di jurusan lain seperti jurusan akuntansi harus perhatikan pesan saya tentang cara berpakaian untuk mahasiswa baru.

Baju anak kuliahan itu bebas. Kamu tidak harus menggunakan seragam. Coba saja kamu perhatikan nanti senior-senior kamu ketika mendaftar ulang di perguruan tinggi yang menerima kamu sebagai mahasiswa. Kamu bisa mengekspresikan kepribadian melalui pakaian yang kamu kenakan.

Kali ini saya ingin menambahkan beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang perguruan tinggi yang belum dibahas di artikel tersebut.

Biasanya setelah teman-teman diumumkan diterima di jurusan dan perguruan yang telah dipilih saat seleksi penerimaan mahasiswa baru, kita harus melakukan pendaftaran ulang baik di universitas maupun jurusan.

Nah bagi teman-teman yang jadi mahasiswa baru jangan lupa, bahwa saat anda mendaftar ulang ke universitas dan jurusan, teman-teman juga harus mendaftarkan diri pada lembaga kemahasiswaan fakultas dan jurusan.

Biasanya lembaga kemahasiswaan yang mengadakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru adalah badan eksekutif mahasiswa (BEM) dan himpunan mahasiswa jurusan (disingkat HMJ namun juga sering dikenal dengan HIMA).

Jadi kita ambil contoh, anda lulus di jurusan sastra inggris fakultas bahasa dan seni Universitas Negeri Padang. Agar kursi anda di jurusan tersebut tidak pindah ke orang lain kita harus daftar ulang mengkonfirmasi kalau kita benar-benar sudah diterima di PTN tersebut. Selain anda mendaftar ke Universitas dan Jurusan anda juga harus melapor ke BEM Fakultas Bahasa dan Seni dan Himpunan Mahasiswa Jurusan bahasa dan sastra inggris.

Saya tidak tahu apakah teman-teman akan mendapatkan pengalaman ospek sewaktu mendaftar untuk kuliah, apalagi sekarang katanya OSPEK itu udah dihapuskan. Walaupun katanya sudah dihapuskan saya harap teman-teman bisa memperhatikan saran saya tentang cara berpakaian bagi mahasiswa baru.

cara berpakaian mahasiswa baru saat ospek
ilustrasi gambar dari pejagan.com

Ada sebuah peraturan tak tertulis yaitu anda harus berpakaian dengan sopan. Definisi sopan bisa saja berbeda antara kita. Saya hanya ingin mengingatkan definisi berpakaian sopan untuk mahasiswa baru secara umum.

  1. Pakai atasan kemeja (entah itu kemeja lengan panjang atau lengan pendek, gunakan sesuai selera anda)
    Jangan coba-coba datang ke sekretariat BEM atau HIMA/HMJ dengan memakai t-shirt (beberapa BEM/HMJ masih menerima jika anda menggunakan polo shirt).
  2. Jangan memakai sandal, apakah itu sandal jepit atau sandal gunung. Tidak sopan. Karena meskipun hanya lembaga mahasiswa BEM dan HMJ dikelola dengan profesional layaknya sebuah kantor.
  3. Pakailah sepatu kets masih bisa diterima
  4. Bagi wanita jangan menggunakan pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh, jangan memakai hot pants atau mini skirt anda kuliah bukan ke mall (meskipun aktifitas resmi kuliah belum dimulai). Dan hal ini saya sarankan agar anda tidak di-bully oleh senior anda apalagi sama senior cewek.
  5. Jangan membawa aksesoris tambahan yang berlebihan. Ini berlaku untuk mahasiswa baru cewek maupun cowok. Anda mungkin supel dalam bergaul tetapi anda tetap anak baru di tempat baru.
  6. Sebaiknya gunakan kemeja yang sopan dan rok span.
  7. Menggunakan sepatu teplek masih bisa diterima tapi usahakan jangan pakai sandal. (saya kurang tau jenis sandal yang digunakan wanita karena itu saya gunakan bahasa umum saja)

Tujuh cara berpakaian mahasiswa baru tersebut diatas saya harapkan menjadi perhatian dari sahabat semua, karena saya berharap tidak ada insiden yang menjadi mimpi buruk bagi anda sebelum ospek dimulai.

Begitu juga ketika pertama kali kita masuk kelas di semester 1.

Kemeja mahasiswa khusus untuk pria harus menunjukkan kalau mahasiswa itu mahasiswa jurusan tertentu. Coba saja perhatikan artikel dari idntimes. Walau terlihat agak berlebihan tapi setiap jurusan memiliki style masing-masing. Perhatikan senior-senior anda bagaimana pakaian mereka.

Kok cuma cowok sih om?

Habisnya cowok lebih gampang untuk berpakaian. Cara berpakaian mahasiswa baru biasanya mengikuti senior. Mungkin supaya lebih bisa masuk dan cepat diterima di lingkungan sosial per-cowok-an kampus.

Kalau untuk membahas pakaian kuliah wanita untuk mengawali semester 1 di kelas maupun dilingkungan baru, saya angkat tangan. Wanita itu punya banyak kriteria dan hingga saat ini saya tidak bisa memahami makhluk yang berjenis wanita tersebut.

Coba saja lihat koleksi kemeja wanita di matahari mall, dan bandingkan dengan kemeja pria di situs yang sama. Bisa lihat perbedaannya?

Saya pun bukan tipikal cowok metro yang mengerti style anak kuliah. Bagi saya, baju anak kuliahan itu simple. Kemeja, celana jeans, dan juga sepatu kets. DONE.

Ga macem-macem.

Saya juga bukan tipikal seleb sih. Face ga ganteng, body juga ga slim fit. Hahaha…

Udah ya. Perhatikan saja aturan umumnya. Soalnya kalau membahas lebih dalam lagi soal cara berpakaian mahasiswa baru saya ga sanggup.

Silahkan dibagikan buat teman-teman anda, semoga anda mendapatkan pengalaman ospek yang menyenangkan.

Bagi yang ingin berbagi pengalaman jangan lupa kirim ke pencaricerah.com dengan cara mengirimkan email ke kandra@pencaricerah.com.

Advertisements

Punya Tanggapan? Mari kita berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.