About these ads

Buruh Bisanya Cuma Demo Tuntut Gaji Naik?

Belakangan sentimen negatif soal buruh demikian hebat. Beberapa yang merasa superior berusahan menunjukan dirinya di atas buruh dengan label kasihan. Kasihan karena buruh cuma bisa demo, bukannya memperbaiki kualitas diri. Kasihan, karena ulah demo buruh yang tidak demo terancam dipecat. Kasihan karena buruh demo pake ninja, padahal gajinya kecil. Rasa kasihan yang bersumber dari sikap tinggi hati dan merasa lebih baik ini, karena minimnya kesadaran kelas.

Tapi tentu saja itu tak penting. Saya ingin mengajak anda menghakimi buruh. Tentu jika anda merasa lebih baik dari buruh, anda baiknya berhenti di sini, tak perlu dilanjutkan lagi. Saya ingin ajak anda untuk membedah satu demi satu tuduhan pada buruh dan bagaimana memahaminya secara lebih luas.

1. Buruh bisanya cuma menuntut gaji tinggi?

Salah. Dalam banyak demo, buruh memperjuangkan hak dasar seperti hak untuk mendapatkan cuti haid. Seperti di bawah ini.

http://nasional.kompas.com/read/2009/04/14/18060269/tuntut.hak.cuti.haid.buruh.di.kota.malang.demo

Di Karanganyar buruh menuntut pemberian cuti hamil dan hak tidak masuk karena sakit.

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/08/20/168885/Tak-Diberi-Hak-Cuti-Hamil-350-Buruh-Demo

Bandung, buruh demo menuntut pemberian hak normatif. Seperti cuti dan pemberian hak uang tambahan ketika lembur.

http://solidaritas.net/2015/05/tuntut-keadilan-buruh-demo-di-phi-bandung.html

2. Buruh bisanya cuma Demo.

Salah. Federasi Ikatan Serikat Buruh (FISBI) Indonesia mengajukan uji materi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan) dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Dengan dimenangannya kaum buruh, maka pekerja outsourching (termasuk kelas menengah kantoran) bisa mengajukan dan berhak menjadi karyawan tetap.

http://nasional.news.viva.co.id/news/read/695581-gugatan-dikabulkan-mk–buruh–ini-penantian-panjang

Setelah membaca website organisasi buruh, FISBI .Andriyani buruh yang penrah bekerja di PJTKI PT Megahbuana Citramasindo, menang gugatan di MK. Apakah dia minta naik gaji agar bisa beli Ninja dan plesir ke Bali? Oh tidak, dia “hanya” gak digaji 18 bulan. Tapi itu tak pentingkan? Yang penting buruh itu ga tau diri.

http://news.detik.com/berita/1966857/kisah-buruh-andriyani-seorang-diri-menggugat-negara-dan-menang

Selain mogok, buruh juga mengajukan Judicial Review, terhadap PP Pengupahan. Ini mah oknum. Masa ada buruh yang ga demo dan nutup jalan, malah ajukan Judicial Review? Pokoknya buruh itu ya yang demo, nuntut naik gaji sambil naik ninja, nutup jalan. Ini mah bukan buruh.

http://bandung.bisnis.com/read/20151111/5/544976/buruh-siap-ajukan-judicial-review-pp-pengupahan-ke-mk

3. Buruh itu dimanfaatkan sama serikat buruh.

Tuduhan ini memiliki implikasi serius. Menganggap bahwa semua buruh itu tolol, goblok dan mudah dikembalikan. Tapi benarkah demikian? Tapi kok ada tulisan ini? Kok ada situs2 yang menganjurkan agar buruh berpikir kritis dan tidak dikendalikan serikat buruh?

http://solidaritas.net/2015/07/buruh-harus-sadar-jati-dirinya-yang-sebenarnya-agar-tidak-dimanfaatkan-elit-serikat.html

Buruh juga punya kesadaran bahwa tidak semua demo mesti dihadiri dan didukung. Juga tidak semua ajakan serikat mesti dituruti dan dibenarkan.

http://solidaritas.net/2014/10/oligarki-di-dalam-tubuh-serikat-buruh.html

4. Buruh itu bisanya nuntut naik gaji ga punya isu lain.

Selain salah besar ini tolol luar biasa. Beberapa buruh perempuan sudah sadar gender, sadar kelas dan memiliki kesadaran politik. Salah satunya kritik terhadap wacana Putri UMK 2015. Analisa singkat ini menunjukan pemahaman serius tentang relasi kuasa dalam budaya patriarkis, pemahaman mengenai feminisme dan kesadaran akan tubuh. Sesuatu yang saya ragu kelas menengah pembenci buruh memilikinya.

http://solidaritas.net/2014/11/penindasan-perempuan-dibalik-putri-umk-2015.html

Radio Marsinah, yang dibentuk untuk para buruh perempuan, melahirkan inisiasi solidaritas kepedulian terhadap kekerasan terhadap perempuan. Para buruh bersolidaritas menyisihkan 100.000 untuk mengadvokasi korban pelecehan seksual, kekerasan seksual, dan mereka yang ditindas karena jadi perempuan. Kalian yang begitu benci sama buruh sudah ngapain?

Gerakan Rp 1000,00 Melawan Kekerasan Terhadap Perempuan

Buruh tuntut keselamatan kerja karena minimnya kepedulian perusahaan terhadap pekerjanya. Pernah bekerja berjam jam sambil terpapar zat berbahaya? Pernah bekerja tanpa ada standar keselamatan kerja? Kalo anda jawab “Sapa suruh kerja di situ, berhenti aja terus jadi wirausaha,” berarti memang ada yang salah dengan isi kepala anda.

http://hot.detik.com/read/2011/10/24/130904/1751040/466/ratusan-buruh-fspmi-tuntut-keselamatan-kerja

http://economy.okezone.com/read/2015/07/30/320/1187791/sering-kecelakaan-buruh-tuntut-peningkatan-program-keselamatan

http://kabarburuh.com/2015/07/30/infografis-kebakaran-kecelakaan-kerja/

Lho kok ada aktivis buruh yang anti korupsi? Bukannya buruh cuma peduli sama gaji? Aktivis buruh palsu ini, gak mungkin buruh peduli sama isu beginian.

http://kabarburuh.com/2015/08/28/surya-tjandra-aktivis-buruh-yang-ingin-memberantas-korupsi/

Sementara ini dulu. Nanti kita bedah lagi tuduhan tuduhan lain tentang buruh. Nih gambar anak anjing biar kalian ga stress 🙂

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: