Bonus Untuk Semua

Kemarin saya mendapat kabar dari beberapa kolega bahwa karyawan sebuah retail market besar yang dikuasai saham mayoritasnya oleh orang kaya pribumi di Indonesia ini mengadakan demonstrasi. Sebuah situs berita yang dimiliki oleh orang yang sama juga memberitakannya namun mungkin sekarang beritanya tidak dapat diakses. Hal ihwal karyawan perusahaan retail market tersebut mengadakan demonstrasi dikarenakan mereka belum mendapatkan bonus tahunan.
Mungkin anda masih ingat postingan saya mengenai vitamin b yang lalu. Jika belum membaca silahkan lihat baca dulu dan silahkan dikomentari oleh anda sekalian.
Sepengetahuan saya bonus adalah hak perusahaan untuk diberikan atau tidak kepada karyawannya. Dalam peraturan pemerintah pun pemberian bonus tidak diatur secara spesifik. Hal ini kemudian memberikan kebebasan bagi perusahaan untuk memberikan bonus bagi karyawannya. Lain padang lain ilalang, perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain tentu berbeda kebijakannya. Mungkin kebijakan pembagian bonus tersebut lebih baik dikaitkan pada pribadi pemilik. Jika pemilik bijaksana tentu ia memberikan bonus dengan hitungan yang sepadan dengan kerja keras karyawannya jika pemilik tidak bijaksana mungkin akan lebih baik ia mengambil langkah praktis.
Biasanya bonus diambil setelah perhitungan keuangan perusahaan dilakukan oleh tim audit eksternal. Tujuan laporan keuangan dilakukan oleh tim audit eksternal adalah untuk melihat laporan keuangan perusahaan yang telah disusun oleh tim keuangan internal perusahaan agar si pemilik, pemilik saham, dan pihak terkait lainnya dapat melihat kondisi perusahaan yang sesungguhnya. Setelah tim audit eksternal mengeluarkan laporan yang memutuskan laporan keuangan perusahaan wajar dan terdapat laba, barulah bonus menjadi sebuah angin segar bagi setiap pekerja di sebuah perusahaan.
Berapa besaran bonus tergantung pada keputusan pemilik dan Elit Manajemen perusahaan. Begitupun ada atau tidaknya bonus untuk karyawan. Mengingatkan kembali bahwa dalam peraturan pemerintah Bonus tahunan tidak diatur secara spesifik.

Demonstrasi karyawan perusahaan retail tersebut tidak hanya merugikan pemilik perusahaan namun juga masyarakat umum. Kemacetan tak terelakkan baik pengguna kendaraan pribadi maupun kendaraan umum terkena imbasnya. Saya berharap tuntutan karyawan perusahaan retail tersebut dapat diloloskan. Saya sendiri sedang menunggu apakah saya mendapatkan bonus tahun ini atau seperti tahun kemarin, ikut berbahagia melihat teman-teman lain menerima bonus.

Advertisements

1 thought on “Bonus Untuk Semua”

  1. Ping-balik: Mari Belajar Tentang Rejeki Yang Barakah/Berkah | PencariCerah

Tinggalkan Balasan