Blogspot atau WordPress Untuk Adsense? Mana Yang Lebih Bagus?

Blogspot atau WordPress Untuk Adsense? Saya sendiri masih bingung memilih salah satu diantara dua platform blogging populerini. Hampir semua blogger yang saya kenal di forum iapd menghasilkan uang dari blog via adsense dengan menggunakan blogger atau adsense. Saya pribadi malah menggunakan keduanya sekaligus untuk mengetahui mana yang lebih bagus, blogger atau wordpress. Makanya jika anda bertanya kepada saya untuk memilih salah satu dari dua platform blogging tersebut saya masih belum bisa memberikan jawaban pasti.

google adsense logo
logo lama google adsense

Hingga saat ini saya belum menerima pembayaran dari adsense atas tampilan iklan yang ada di dalam blog saya. Maka artikel kali ini lebih banyak pada pengamatan saya pada rekan-rekan di forum yang sudah mendapatkan penghasilan bulanan melalui program adsense. Dari pengalaman saya mengikuti program adsense dengan menggunakan kedua platform populer di dunia saat ini jawaban sementara saya bagi pencari dolar via adsense adalah gunakan platform wordpress.

Saya menggunakan wordpress self hosted setelah sukses mendapatkan penghasilan melalui program WordAds. Program WordAds ini hampir sama cara kerjanya dengan adsense. Tidak jarang saya melihat karakteristik iklan adsense ketika melihat iklan WordAds yang tayang di blog sendiri.

WordPress vs Blogger sudah menjadi perdebatan yang cukup alot diantara blogger dan juga publisher adsense di seluruh dunia. Ada blogger yang sudah pindah dari blogger ke wordpress, pun ada yang pindah dari wordpress ke blogger. Masing-masing mempunyai alasannya sendiri.

Dengan tujuan blogging anda agar mendapatkan penghasilan yang wow dari program adsense banyak calon blogger yang bingung pilih blogger atau wordpress. Makanya tulisan ini akan saya bahas tentang pertimbangan anda dalam memilih platform blogging, blogspot atau wordpress untuk adsense.

Agar tidak ambigu saya ingin menegaskan jika platform wordpress yang saya maksud dalam tulisan ini adalah aplikasi yang membantu anda untuk membuat website/blog. Aplikasi ini disebut Content Management System atau CMS. Untuk menggunakan CMS wordpress ini anda harus mengeluarkan modal yang lebih banyak dibandingkan menggunakan platform blogger. Jadi wordpress yang saya maksud dalam tulisan ini bukan blog yang berada di situs wordpress.com yang layanannya hampir sama dengan blogger (hosting gratis).

Meskipun blogger maupun wordpress.com adalah situs layanan blogging yang dapat anda gunakan secara gratis tapi wordpress.com tidak bisa menyematkan kode adsense yang akan menjadi ladang uang anda. Makanya sekali lagi saya tekankan penggunaan istilah wordpress dalam artikel berjudul Blogspot atau WordPress Untuk Adsense? Mana Yang Lebih Bagus? merujuk pada aplikasi CMS WordPress.

Berikut perbandingan blogspot dan wordpress yang saya kutip dari blog klikmania milik mas +Gani Sebastian.

Kelebihan Menggunakan Platform Blogspot

tampilan baru situs blogger.com
  1. Mendaftar dan menggunakannya secara gratis
  2. Tidak memikirkan biaya hosting
  3. Terintegrasi dengan Google Account, gmail dan Gplus (termasuk google webmaster dan google analytic)
  4. Mudah dalam penggunaan, fleksibel
  5. Panel Kontrol sederhana dan mudah dipahami
  6. Tersedia banyak pilihan widget
  7. Navigasi layout yang mudah
  8. Banyak pilihan template yang bisa di gunakan (Ribuan)
  9. Bisa edit template dengan mudah
  10. Bisa memiliki banyak blog dalam satu akun
  11. Bisa di custom domain/menggunakan nama domain sendiri
  12. Integrasi SEO mudah (meta tag & keyword)
  13. Mudah di temukan di mesin pencari google
  14. Terintegrasi dalam bahasa indonesia
  15. Keamanan terjamin karena di hosting di google
  16. Bisa di pasang script iklan Adsense

Kekurangan Menggunakan Platform Blogspot

  1. Harus mengikuti peraturan dan ketentuan dari google
  2. Masih sedikit pengembang dan desainer blogger di banding dengan wordpress
  3. Blog terancam di hapus jika tidak sesuai dengan ketentuan dan kebijakan dari google.
ilustrasi tampilan website wordpress untuk adsense
ilustrasi website yang menggunakan wordpress

Kelebihan Menggunakan WordPress

  1. Bebas menggunakan nama blog dengan memesan nama domain yang tersedia.
  2. Mempunyai kontrol dan akses penuh terhadap blog.
  3. Tidak terikat dengan peraturan wordpress.
  4. Bebas menggunakan berbagai macam theme.
  5. Bebas memasang plugins sesuai keinginan.
  6. Bisa di pasangi bermacam iklan termasuk iklan google adsense.
  7. Pengaturan SEO yang mudah dengan plugins.
  8. Navigasi dan widget yang mudah dengan plugins.
  9. Lebih fleksibel untuk blo e-commerce/toko online
  10. Lebih terlihat profesional.
  11. Banyak pengembang dan desainer blog untuk platform wordpress.

Kekurangan Menggunakan WordPress

  1. Harus menyediakan dana untuk membeli domain dan sewa hosting.
  2. Masalah dengan server atau gangguan dari pihak hosting.
  3. Dari segi keamanan, sangat rentan di serang hacker.
  4. Tidak begitu mudah di pahami untuk seorang pemula.

Dari perbandingan antara dua platform diatas menurut anda mana yang lebih sesuai dengan kemampuan anda sendiri? Bagi mahasiswa memilih platform blogspot tentu akan lebih rasional. Tetapi ada juga mahasiswa yang lebih berani dengan menggunakan wordpress. Kalau dihitung-hitung blog dengan wordpress bisa menjadi investasi jangka panjang anda.

Cara buat wordpress untuk adsense itu tidak terlalu sulit. Anda hanya butuh theme wordpress yang memiliki kriteria fast loading, mobile dan seo friendly lalu gunakan plugin resmi dari google adsense yang terdapat di situs wordpress.org. Plugin tersebut akan memudahkan anda untuk menaruh iklan di dalam blog. Yang anda perlukan adalah data statistik bagaimana pengunjung berinteraksi dengan blog wordpress anda tersebut.

Jika anda menggunakan blogspot sebagai platform meletakkan iklan di dalam blog anda juga sangat mudah. Caranya hampir sama yaitu tinggal memilih area dimana iklan akan muncul kemudian sistem blogspot akan menampilkan iklan adsensetersebut di blog anda. Mitosnya blogger yang daftar blogspot akan lebih mudah diapprove sebagai publisher adsense dibandingkan blogger yang menggunakan platform lain.

Jika anda memilih untuk menggunakan cms wordpress ini untuk mendapatkan penghasilan melalui program adsense google maka anda harus mempersiapkan modal. Tidak hanya modal finansial tetapi juga modal ilmu. Salah satu keuntungan dua platform blogging ini, blogger dan wordpress, adalah komunitasnya yang sangat besar. Tidak terhitung berapa kali saya diselamatkan oleh komunitas wordpress indonesia yang memberikan panduan untuk setiap permasalahan yang saya hadapi ketika menggunakan platform self-hosting ini.

Modal yang anda perlukan untuk membuat website dengan platform wordpress tidak besar. Cukup anda mulai dengan paket managed wordpress dengan hosting berbagi (shared hosting) maka anda dapat membuat website yang profesional.

Saya sendiri menggunakan cms wordpress dan hosting di fastcomet untuk blog gado-gado yang mulai mendapatkan penghasilan dari adsense. Ilustrasinya jika anda memilih membuat website dengan menggunakan wordpress untuk adsense.

Beli domain plus hosting di fastcomet maka anda akan dikenakan biaya 47.40 us dolar (sekitar 630 ribu rupiah dengan kurs dolar 13.300). Atau anda dapat memilih provider hosting yang sudah berpengalaman seperti bluehost anda akan dikenakan biaya sebesar 83.26 us dolar (sekitar 1 juta).

Angka sewa hosting diatas memang berbeda dan silahkan anda pilih mana yang ingin anda gunakan.

baca: Blogspot atau WordPress Untuk Adsense? Berikut Pertimbangannya

Meskipun masih belum gajian per bulan seperti teman-teman blogger IAPD yang lain saya justru melihat jika blog yang dibuat dengan selfhosted wordpress justru lebih berisi daripada blog yang hosting di blogger.com.

Sebaliknya akun saya yang juga hosting di blogger.com tidak terlihat tanda-tanda sukses.

Rentang waktu antara kedua blog yang saya kelola tidak terlalu jauh. Tetapi sangat beda hasilnya.

Makanya jika saya disuruh untuk memilih antara blogspot atau wordpress untuk adsense jawaban saya adalah gunakan wordpress.

Kok hosting luar negeri sih, kenapa tidak dalam negeri saja?

Indonesia memang mempunyai perusahaan-perusahaan hosting yang juga tidak kalah dalam memberikan harga maupun fitur akan tetapi saya sendiri mempunyai pengalaman yang tidak menyenangkan dengan salah satu hosting Indonesia.

Untuk memonetisasi blog dengan adsense anda butuh trafik atau pengunjung.

Saat saya pertama kali menggunakan jasa layanan hosting di salah satu perusahaan Indonesia blog yang saya daftarkan selalu mengalami website down.

Hal ini saya ketahui dari fitur site monitor plugin jetpack. Fitur dari plugin ini akan memberikan notifikasi kepada pengelola blog/website wordpress jika blog/website tidak dapat diakses.

Pilihan hosting saya kala itu sama, shared hosting dan jumlah visitor saya pun 1/1000 dari visitor saya saat ini (untuk blog wordpress ya).

Oleh karena itu saya memilih untuk menggunakan layanan hosting luar negeri.

baca: Review: Apa Kata Mereka Tentang Hosting WordPress di Bluehost.com

Keputusan saya ini juga dikarenakan pertimbangan yang saya terima setelah membaca artikel dari para publisher adsense yang sudah rutin gajian dari adsense dan merekomendasikan menggunakan layanan hosting.

Hampir semua blogger senior yang saya baca artikelnya tentang blogspot atau wordpress untuk adsense menyarankan jika publisher adsense untuk membeli hosting luar negeri yang telah berpengalaman. Jika anda baru memulai untuk membuat blog dan mendaftarkan blog tersebut di google adsense, maka pilihan anda untuk hosting di blogger.com merupakan pilihan yang tepat.

Dengan blog yang dihosting di blogger anda dapat dengan mudah terdaftar di google search dan juga mendapatkan prioritas untuk disetujui lamaran sebagai publisher adsense. Setidaknya itu yang saya rasakan ketika google mengabulkan permintaan saya untuk menjadi salah satu dari ribuan (mungkin sekarang jumlahnya jutaan) publisher iklan adsense.

Nah dari penjelasan diatas semoga dapat menjadi pertimbangkan anda dalam menggunakan platform blogspot atau wordpress untuk adsense.

Advertisements

5 Balasan untuk “Blogspot atau WordPress Untuk Adsense? Mana Yang Lebih Bagus?”

      1. Mas Kandra, beli hostingnya di fastcomet pake yang paket apa ya? kan ada 3 kategori.

        Terus untuk memberi ” https:// ” seperti blog mas ini, bagaimana? apakah juga tersedia di fastcomet? dan apakah akan ditarik biaya lagi?

        1. Oh.. difastcomet ane pilih single hosting gan. Buat ssl ane dapet free. Ssl dari let’s encrypt. Mas bilang aja ma cs-nya. Dulu sebelum beli saya banyak nanya dulu sama tim cs sama sales-nya.

Tinggalkan Balasan