bisnis-online

Bikin Situs Bahasa Indonesia Yang Menghasilkan Dengan Google Adsense

peluang usaha lewat internet

Bikin situs Bahasa Indonesia yang menghasilkan dengan Google Adsense bukan mimpi bagi blogger yang berasal dari Indonesia. Pasalnya Google sudah memasukkan bahasa Indonesia ke dalam daftar bahasa yang didukung oleh Google Adsense. Jadi tidak perlu lagi blogger Indonesia sok-sok an nulis dengan bahasa Inggris agar website yang dikelola bisa disetujui mengikuti Program monetisasi dari google ini.

Google Adsense merupakan program monetisasi yang paling populer dan juga paling dianjurkan untuk digunakan bagi para pemula untuk menghasilkan uang dari website yang dikelola.

google adsense logo yang lama

Kepopuleran program adsense setidaknya dipengaruhi oleh tiga alasan, yaitu:

  1. Tidak ada biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran program adsense (alias gratis)
  2. blogger dengan pengetahuan program website dapat melakukan implementasi kode Adsense dengan mudah
  3. INI yang paling penting; Google benar-benar membayar publisher mereka yang mengikuti program mereka.

Untuk alasan nomor tiga banyak blogger yang sudah merasakan gurihnya gajian dari adsense. Dari luar negeri ada Jeremy Shoemaker, Linda Ikeji, Darren Rowse dan lain-lain. Bagaimana dengan Indonesia sendiri? Semenjak adsense mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar blog banyak blogger dari Indonesia yang menjadi blogger profesional. Contohnya blog juragancipir.com, dapur-uang.com, dan marketingjos.com. (kebetulan pemilik website-website ini bergabung di komunitas publisher Indonesia dan blog yang dikelola berbahasa Indonesia). Bahkan publisher adsense yang saya sebutkan tadi mulai merintis karir menjadi blogger profesional. Apa itu blogger profesional? Blogger profesional itu adalah orang-orang yang mendapatkan penghasilan melalui blog yang dikelola. Menjadi publisher google adsense adalah satu cara menghasilkan uang yang banyak digunakan oleh para blogger profesional. Saya sendiri sudah menjadi publisher google adsense, tetapi besaran penghasilan saya belum sebesar para blogger yang saya sebutkan tadi diatas. Saking kelihatan mudah mendapatkan uang melalui kerjasama dengan google ini banyak orang yang mendaftar. Akan tetapi tidak banyak yang berhasil menjadi partner google yang disetujui. Pertanyaan yang sering saya temui di komunitas publiser adsense yang saya ikuti adalah bagaimana caranya agar mendapat publisher adsense yang full approved? Kenapa harus full approved? Karena google menginginkan blog yang bekerja sama dengan mereka saling memberikan manfaat. Google mendapatkan penghasilan dengan banyaknya pengiklan di Adwords, sedangkan blogger akan mendapatkan penghasilan dari setiap iklan yang diklik pengunjung blog.

Bikin Situs Adsense Bahasa Indonesia Yang Menghasilkan Dengan Google Adsense, Berikut Langkah-langkahnya:

#0 Membuat Website Sendiri

Ada banyak cara untuk membuat website anda sendiri. Dua hal yang anda butuhkan untuk membikin situs adsense bahasa indonesia yang menghasilkan dengan google adsense adalah

  • Domain
  • Hosting

Domain adalah alamat website dimana pengunjung akan membaca konten yang anda berikan. Anda akan menemukan nama lain yang digunakan orang saat merujuk domain. Bisa alamat website, URL, atau bisa juga URI. Penjelasan lebih lanjut tentang domain dan tips memilih nama domain yang cocok untuk bikin situs bahasa Indonesia yang menghasilkan dengan google Adsense dan lain sebagainya akan saya bahas di tulisan yang lain. Beberapa website yang membahas tentang bisnis online seperti panduanim dan juga mas sugeng menyarankan agar calon blogger menggunakan domain yang profesional. Domain yang tidak mencerminkan profesionalitas dan kesungguhan pemiliknya adalah blog yang mempunyai alamat domain sub. Contohnya saat anda menggunakan blogger atau wordpress, alamat blog anda akan terlihat seperti ini

  • kandrawilko.blogspot.com (untuk yang menggunakan blogger.com)
  • pencaricerah.wordpress.com (untuk kamu yang bikin situs di wordpress.com)

Membeli domain yang profesional tidak sesulit saat saya awal-awal mengenal blog. Dulu kartu kredit menjadi faktor penting. Sekarang Anda bisa membayar domain yang ingin digunakan dengan cara transfer antar bank. Syarat kedua untuk membikin situs bahasa indonesia yang menghasilkan dengan google adsense adalah hosting. Definisi hosting adalah sebuah ruang tempat penyimpanan file yang akan anda gunakan untuk membikin situs sendiri. Blogger dan WordPress.com merupakan dua layanan hosting gratis yang banyak digunakan untuk membikin situs sendiri. Walau begitu hanya blogger yang bisa bikin situs bahasa Indonesia yang menghasilkan dengan google adsense. WordPress.com dalam aturan pemakaian untuk penggunanya telah menginformasikan jika pengguna tidak bisa menyematkan kode iklan di dalam blog yang terdapat di layanan hosting mereka. Tetapi jika pengguna bikin situs sendiri dengan menggunakan aplikasi CMS WordPress yang dapat digunakan secara gratis, menghasilkan dengan menyematkan kode iklan adsense baru bisa dilakukan. Pembahasan lebih lanjut mengenai rekomendasi web hosting, tips mencari web hosting yang baik dan lainnya akan saya bahas lebih lanjut pada tulisan berikutnya.

#1 Memberikan Konten Yang Bermanfaat

konten berkualitas syarat untuk bikin situs bahasa indonesia yang menggunakan adsense
gambar dari socialmarketing.guru

Hal pertama yang harus anda lakukan sekarang adalah membuat konten yang berkualitas. Jika anda pernah membaca tulisan tentang menghasilkan uang dari blog adsense dari blog lain, tentu anda akan merasa heran kenapa konten yang menjadi poin pertama yang selalu diangkat. Begini… Jika anda langsung ke step nomor dua (membuat blog atau membuat channel youtube) maka ini yang akan terjadi:

  1. blog anda akan terindeks di mesin pencari tetapi konten anda nol (0) apa yang menurut anda akan terjadi? Seseorang yang kebetulan mengunjungi blog anda akan merasa kecewa. Informasi yang ia butuhkan tidak ada di blog anda. Akibatnya pengunjung tadi akan menutup browser atau menekan tombol kembali di browser mereka untuk mencari informasi di situs / blog lainnya. Jika ini terjadi maka google akan mendapat sinyal “eh blog ini ga bagus, turunin peringkatnya”. Jangan sampai ini terjadi.
  2. anda akan dikejar deadline membuat konten. Akibatnya anda berprinsip yang penting posting setiap hari apapun caranya. Efeknya blog anda tidak mempunyai jatidiri dan anda akan sulit membuat branding. Situasi terburuknya blog anda akan dihukum oleh google dengan dihapusnya blog anda tersebut dari indeks google.
  3. jika google sedang lagi good mood blog anda hanya akan mendapatkan warning dari google (google sandbox). Situasi ini tidak seburuk de-indeks tetapi mempunyai efek yang hampir sama yaitu penurunan peringkat di mesin pencari dan juga tentunya penurunan visitor.
  4. strategi link building anda akan menjadi kacau dan (mungkin) akan membuat blog anda kehilangan otoritas dari search engine.
  5. selain strategi link building yang tidak bagus efek buruk lainnya bagi blog anda untuk masa depan adalah tingkat engagement pengunjung yang semakin rendah.

Dan sebagai informasi bagi anda, kelima poin diatas adalah kesalahan yang saya lakukan semenjak mulai blogging di tahun 2008. Jadi jika anda berniat bikin situs bahasa indonesia yang menghasilkan dengan google adsense hindari kesalahan-kesalahan saya tersebut. Untuk bikin situs bahasa indonesia yang menghasilkan dengan google adsense anda tidak perlu mencontek topik (niche) yang saya ambil. (Oke ini tambahan bagi anda, saya melihat orang mendapatkan penghasilan dari adsense karena membahas bisnis online via adsense saya juga ikut membahas tapi saya kurang memberikan informasi secara lengkap.) Langkah ini sangat buruk. Percaya sama saya. Kenapa? Setiap orang memiliki minat yang berbeda begitu pula passion. Jika anda mengambil konten yang tidak menjadi passion anda maka tujuan anda untuk mendapat penghasilan dengan google adsense melalui situs berbahasa indonesia akan gagal. Jika anda punya minat pada sesuatu coba anda gali lebih dalam minat tersebut. Contoh minat saya terhadap belajar bahasa inggris yang akhirnya mengantarkan saya mendapatkan gelar Sarjana Sastra Inggris dari Universitas Negeri Padang. Pengalaman saya kuliah di jurusan sastra inggris ini saya tulis dan ternyata mendapat tanggapan yang positif dari calon mahasiswa baru. Akhirnya bisa anda lihat tulisan saya tentang sastra inggris lebih mendominasi dibandingkan tulisan tentang wordpress atau tips blogging. Saya yakin anda punya minat dan pengetahuan anda tentang minat anda tersebut jauh melebihi yang saya ketahui. Mulailah dari situ. Mas Darmawan dari panduanim.com juga menyarankan hal ini. Tujuannya agar anda selalu punya konten yang bagus dan tepat sasaran. Jadi kedepannya anda tidak hanya bikin situs bahasa Indonesia yang menghasilkan dengan google adsense saja, tetapi juga bisa menjual produk-produk lain.

#2 Membuat Blog Atau Situs Sendiri

membuat blog bahasa indonesia dan menghasilkan dengan adsense
gambar dari panduanim.com

Untuk menjadi publisher adsense sebenarnya anda tidak hanya bikin blog atau situs. Beberapa teman saya di komunitas publisher adsense telah mengembangkan sayap dengan membuat channel video di youtube. Saya tidak akan membahas panjang lebar bagaimana cara membuat channel youtube yang menghasilkan dengan Adsense karena kapasitas saya tidak pada tempatnya. Untuk mengetahui lebih lanjut cara menggunakan youtube dan juga adsense untuk mendapatkan uang dari internet anda dapat meluncur ke laman . Jangan lupa jika anda ingin mendaftar sebagai publisher adsense, Anda harus mempunyai akun gmail. Tanpa akun email dari google ini anda tidak akan bisa mendaftar baik di youtube, blogger maupun adsense. Setelah anda mempunyai akun gmail maka bikin situs bahasa indonesia yang menghasilkan dengan google adsense dengan menggunakan layanan dari blogger.com. Setelah anda membuat akun di blogger maka seketika itu juga anda telah membuat situs sendiri. Menggunakan blogspot tidak disarankan oleh pengelola panduanim, Mas Darmawan menyarankan agar calon blogger dan publisher hendaknya langsung menyewa hosting. Beberapa hosting di Indonesia layanannya sudah cukup bagus. Contohnya juragancipir.com menggunakan layanan dari metroworldhost, marketing-joss.com menggunakan layanan dari dewaweb. Kalau dapur-uang.com pastinya menggunakan layanan webhost dari luar negeri yang bernama fastcomet.

#3 Daftarkan Blog di Webmaster dan Pasang Pelacak Analytics

interaksi pengunjung situs bahasa indonesia
gambar dari contohblog.com

Setelah anda membuat konten dan membuat blog maka langkah ketiga adalah mendaftarkan blog tersebut di tool gratis milik google: webmaster dan analytics. Kegunaan dari dua tool gratis dari google ini akan saya bahas di artikel tersendiri.

#4 Terbitkan Konten Secara Kontinu

nenek yang konsisten di depan komputer
gambar dari 02varvara.worpress.com

Langkah keempat ini menjadi krusial. Setelah konten siap dan blog sudah berikut mendaftarkan blog tersebut di tool gratis seperti google webmaster dan google analytics maka anda harus menerbitkan konten. Usahakan membuat jadwal untuk menerbitkan konten. Bisa sekali sehari atau sekali seminggu. Trik menerbitkan konten dengan jadwal yang konsisten ini selalu dibahas pada ebook yang membahas tentang cara menghasilkan uang dari blog yang saya unduh di website blogger luar negeri. Dengan menerbitkan konten anda secara periodik secara perlahan anda memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa blog anda adalah bisnis yang serius. Bukan bisnis musiman.

Ssst.. Saya buka sedikit rahasia. Google sangat menyukai blog yang serius dalam membahas sesuatu.

#5 Promosikan Blog dan Konten

Langkah kelima adalah mempromosikan blog kepada orang-orang yang tepat. Pada awal penerbitan blog anda tidak akan mendapatkan kunjungan. Akan tetapi seiring dengan konsisten si konten anda yang terbit secara periodik perlahan-lahan anda akan mendapatkan kunjungan. Untuk mendapatkan kunjungan secara cepat anda bisa melakukan hal ini;

  1. kirim email kepada kolega / keluarga / sahabat anda
  2. melakukan sinkronisasi blog dan media sosial yang anda punyai
  3. meminta bantuan google dengan beriklan melalui adwords
  4. membuat artikel yang sedang trend (contoh admin @sangpemburu99 adalah sukrasno?  atau skandal dalam transkrip lengkap #papamintasaham)
  5. Gunakan teknik seo terbaru

Lakukan langkah pertama, keempat dan kelima secara konsisten selama tiga bulan. Setelah itu barulah anda mendaftarkan blog tersebut di program adsense.

#6 Mendapatkan Full Approved Publisher Adsense

Ini permasalahan yang banyak terjadi di teman-teman blogger IAPD yang baru mendaftar sebagai publisher adsense. Blog sudah mendapatkan traffik (bahkan hingga 5000 pageview per hari), konten sudah dibuat sendiri dan jumlahnya lebih dari 100 tetapi sejak didaftarkan tapi google belum menyetujui pemasangan iklan yang full. Apa Penyebabnya? Meskipun robot perayapan google sudah sangat canggih, tim adsense yang mendapatkan jutaan pendaftar untuk ikut serta dalam adsense melakukan survei terhadap blog secara manual. Maka tidak heran jika beberapa blogger yang sudah mendaftarkan blognya untuk program adsense mendapatkan jawaban berhari-hari kemudian. Selama masa tunggu ini calon publisher adsense yang baru disarankan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas konten yang terdapat di dalam blog masing-masing. Contohnya gambar. Hampir kebanyakan blogger (termasuk saya) suka main comot dan pakai gambar yang ditemukan di google untuk menambah konten dari sebuah artikel. Dan penyakit yang sering terdapat di blogger Indonesia (mungkin orang luar juga) tidak ada rujukan yang diberikan kepada gambar comotan tersebut. Dengan adanya Digital Millennium Copyright Act blogger seharusnya berhati-hati dalam comot gambar atau penyematan video. Jangan sampai melakukan klaim terhadap gambar dan video yang anda gunakan namun berasal dari website lain.

Tip. Jika anda menggunakan gambar atau video yang berasal dari website orang lain berikan link credit yang semestinya.

Demikian catatan-catatan yang saya dapatkan selama bikin situs bahasa Indonesia yang menghasilkan dengan google adsense. Semoga bermanfaat dan jika ada pendapat lain silahkan gunakan kolom komentar dibawah.

Advertisements

Leave a Reply