teknologi

Big Blue Nation Membantu Swope

Big Blue NationBig blue nation adalah nama yang diberikan kepada situs media sosial twitter. Besarnya pengarush media sosial ini seakan membuat ranah twitter sebagai sebuah negara (nation) baru. Apalagi di situs yang di dominasi warna biru (blue) ini sebuah kicauan mengenai ketidakadilan akan berubah menjadi sebuah gerakan. Dan gerakan inilah yang mengantarkan seorang anak muda mendapatkan hak yang diabaikan.

Ketika Vincent Swope, mahasiswa baru Universitas Kentucky,dapat memasukkan bola dalam kontes yang diadakan pada waktu istirahat Pertandingan hari Sabtu melawan Universitas South Carolina, Ia berlari mengelilingi Rupp Arena yang penuh penonton dan mulai merencanakan apa yang akan ia lakukan dengan hadiah sebesar 10.000 dollar amerika.

Namun ia tidak mengetahui apa yang harus dilakukan untuk memastikan hadiah uang tersebut berada dalam genggamannya.

Salah satu pengelola kontes tersebut mendekati swope ditengah-tengah selebrasi yang ia lakukan dengan kopian kontrak yang ia tandatangani dan video ulangan lemparan tersebut. Pria tersebut kemudian mengatakan kepada Swope bahwa jaringan supermarket Kroger tidak akan memberikan hadiah sebesar sepuluh ribu dollar amerika tersebut karena Swope diduga melakukan lemparan beberapa inchi diluar garis tengah.

“Mereka bilang saat aku melepas bola aku sudah melewati garis,”kata Swope. “Ada beberapa gambar yang diperlihatkan ketika sepertinya kakiku berada digaris dan ada gambar yang tidak melihatkan hal tersebut akan tetapi aku tidak menyadari hal tersebut ketika aku melakukan tembakan. Aku hanya berpikir, “aku punya $ 10.000 dalam genggaman.”

Berita bahwa jaringan supermarket Kroger tidak membayar Swope sampai ke telinga pendiri Radio Kentucky Sports Matt Jones saat babak kedua pertandingan di hari sabtu tersebut, Ia lalu menyempatkan diri untuk mengatur pergerakan untuk membantu mahasiswa tersebut. Jones menawarkan Swope untuk bersamanya dalam program radionya setelah pertandingan dan meminta 37000 pengikut akun twitternya untuk men-tweet sebagai protest dengan menggunakan hashtag #OccupyKroger.

Para pengikut twitter Jones tidak hanya mengikuti pesan tersebut, tapi beberapa dari mereka berbuat lebih jauh lagi. Dua orang fans Wildcats membuat gambar #OccupyKroger dan berdiri didepan Supermarket tersebut di Ashland, Kent.

Demi nama baiknya, jaringan supermarket tersebut tidak lama untuk menyadari kesalahan PR mereka dengan tidak memberikan hadiah Swope. Perwakilan Kroger memanggil Jones satu jam setelah pertandingan berakhir dan meminta Jones untuk menyampaikan kepada Swope ia layak mendapatkan 10.000 dollarnya. “Itulah Negara Biru Besar,” ungkap Swope menggambarkan kuatnya pengaruh social media twitter.”mereka mendukung aku dan aku berterima kasih kepada mereka.”

Swope berencana akan menghubungi Kroger hari senin depan untuk mengetahui bagaimana dia akan mendapatkan uang hadiahnya. Ia berencana untuk menggunakan uang tersebut untuk membiayai kuliahnya.

Advertisements

Leave a Reply