Bersabar..dan bersabar

Bismillahirrahmanirrahim…
Sudah berapa lama ya tidak menulis?? Sepertinya telah bertahun-tahun saya meninggalkan kegiatan ini. Padahal saya bermimpi blog ini dapat menjadi sumber nafkah seperti bloggers yang telah berhasil disini.
Tentu saja semua harus diikuti oleh ikhtiar. Dan ikhtiar itu adalah memperkenalkan blog ini pada semua orang. Standar sebuah blog menjadi incaran para pebisnis adalah dengan banyaknya hits yang didapat oleh blog sehingga blog tersebut menjadi referensi pertama bagi mesin pencari.
Bagaimana caranya agar blog kita menjadi referensi utama? Banyak caranya. Mulai dari yang instan hingga yang manual. Yang instan adalah dengan mengandalkan software yang dibeli dengan harga yang melangit. Penawaran ini selalu muncul setiap saya mengetikkan frasa “tips SEO” di mesin pencarian favorit google.com. Sedang yang manual adalah dengan membuat tulisan-tulisan sendiri yang mengunggah perhatian para pengguna internet hingga mereka selalu dan selalu datang ke blog kita untuk menanti hal-hal yang baru.
Cara kedua ini yang sampai sekarang belum saya lakukan dengan maksimal; yaitu selalu mengupdate situs dengan tulisan-tulisan saya yang menggugah. Kelemahan lain adalah saya tidak membuat sebuah topik khusus. Padahal membuat tulisan dengan tema tertentu adalah sebuah keharusan, setidaknya dari yang saya baca dari tips-tips para blogger yang berhasil. Saya selalu menulis sesuatu yang saya rasa harus saya tulis. Temanya jadi beragam. Dan hasilnya pengunjung pun sepi.
Tips lain dari para blogger yang menjadi favorit mesin pencari adalah membuat situs yang mempunyai kekhususan. Jonru, misalnya, selalu membuat tulisan tips dan trik menjadi seorang penulis. Dan selalu saya melihat banyak orang datang ke blog beliau untuk membaca dan memberikan tanggapan mereka. Ada seseorang yang mengenal Jonru karena sebuah kata yang ia cari di internet. Sungguh luar biasa…

Saya juga ingin seperti itu…

Advertisements

Tinggalkan Balasan