About these ads

Berhenti Melihat Statistik Blogger.com!

Berhenti melihat statistik blogger.com!

ilustrasi sendiri

Pesan ini disampaikan oleh bidadari di rumah. Begini ceritanya.
Sebagai seorang blogger yang sudah menjadi publisher adsense, melihat statistik adsense adalah sebuah rutinitas setiap hari. Tapi melihat taksiran hari ini selalu 0, sepertinya ada yang salah dengan apa yang saya lakukan selama ini. 
Selain melihat taksiran hari ini dari adsense hal yang selalu saya lakukan setiap buka blog adalah melihat statistik blog. Dan saya selalu merasa down ketika statistik tersebut tidak mencapai tujuan yang saya tetapkan di awal tahun. Pageviews blog maupun postingan saya yang tidak ada mencapai 1000 unik visitor per hari pada unik visitor adalah modal bagi seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan. Dan standar 1000 unik visitor per hari itu minimum.
Nah karena dua hal itu (adsense yang masih 0 aja tiap hari dan juga pageviews yang tidak mencapai target) saya meminta pendapat istri di rumah. Ada apa sih dengan blog saya jika dilihat oleh orang awam? 
Istri saya bukanlah seorang blogger, ia hanya seorang pegawai biasa di kantor pemerintah. Jadi pendapatnya tentang blog saya anggap cukup merepresentasikan unik visitor yang saya targetkan. Sayangnya sebagai pembanding istri saya membandingkan blog saya yang sangat sederhana ini dengan blog-blog besar seperti punya raditiya dhika dan simomot.

Diawal tulisan tadi sudah saya sampaikan apa yang ia inginkan untuk saya perbaiki. Yaitu berhenti melihat statistik di dashboard blogger. Menurut belahan jiwa saya itu, saya terlalu terfokus pada statistik dan angka-angka di blog tapi melupakan isi yang menjadi pilar dari sebuah blog. Ternyata sederhana, sesederhana pesan dari internet marketer seperti Yaro Starak yang bukunya saya baca berulang-ulang. Menulislah untuk manusia jangan menulis untuk mesin pencari, buatlah pilar hingga blog menjadi ramai dikunjungi.

Selain perintah tersebut, beberapa pendapat istri saya yang menjadi catatan untuk memperbaiki blog lainnya yaitu:

  1. judul blog yang sangat personal, ini maksudnya nama blog saya yang menggunakan nama pribadi kandrawilko.info. Tentu tidak menjual dibandingkan bestsurvivalknifeguide-nya Spencer Haws.
  2. topik blog yang tidak fokus (isinya gado-gado), namanya juga blogger amatir dan masih belajar untuk membuat sebuah konten yang isinya tidak hanya lebih baik bagi orang banyak tapi lebih bermanfaat. Mungkin satu saat saya harus mempertimbangkan membuat brand sendiri.
  3. tampilan blog yang tidak menarik dan cenderung sempit. Sepertinya saya harus kembali menggunakan template Johny Responsive yang sudah biasa saya utak-atik.

Berarti bersih-bersih blog dalam arti sebenarnya belum berhenti.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: