Balimau

Balimau adalah tradisi masyarakat minang untuk menyambut Ramadhan. Balimau berarti mandi dengan air yang telah dicampurkan dengan bunga-bungaan dan juga limau. Untuk mudahnya limau dalam bahasa indonesia berarti jeruk, namun dalam tradisi balimau jeruk yang dimaksud adalah jeruk nipis.
Tradisi ini mempunyai nilai kesakralan sendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Namun generasi mudah minang beberapa tahun belakangan telah membuat makna sakral balimau dengan balunau.
Balunau berarti menempelnya kotoran pada badan yang biasanya berupa lumpur hitam yang terdapat disawah atau endapan tanah pada sebuah lubang yang digenangi air setelah hujan. anda tahu maksudnya, kegiatan membersihkan diri sebelum bulan suci malah dimanfaatkan oleh para generasi muda untuk melakukan hal-hal yang dilarang agama.
Jika anda mempunyai kesempatan sebelum Ramadhan ini ke Sumatera Barat, cobalah anda tengok ke tempat-tempat pemandian yang juga merupakan daerah wisata provinsi tersebut. Selain keluarga-keluarga kecil yang sedang melakukan tradisi balimau anda akan melihat pasangan-pasangan muda saling bercengkrama yang terkadang tidak memperhatikan kepatutan moral dalam sikap mereka.
Berulang kali tokoh agama dan masyarakat menghimbau para generasi muda minang ini untuk mengembalikan makna sakral Balimau, namun himbauan tersebut seakan masuk telinga kiri mental keluar lagi lewat telinga kiri. Dengan arus komunikasi yang semakin membuat dunia ini menjadi datar peran keluarga dekat seperti orang tua semakin penting untuk membuat pemuda dan pemudi minang tidak berlunau dalam dosa sebelum masuknya bulan Ramadhan yang suci dan penuh berkah. Karena belum pasti sedetik menjelang Ramadhan nyawa yang dikasih pinjam oleh Allah SWT akan diminta kembali oleh Pemilik-Nya.
Sebelum memasuki bulan puasa kita haruslah untuk mensucikan diri. Balimau adalah bentuk harafiah dari mensucikan diri. Dan akan lebih baik lagi ketika memasuki bulan suci ini semua pribadi saling maaf dan memaafkan karena dengan memberi maaf dan meminta maaf kepada orang-orang disekitar kita semoga akan lebih memudahkan dalam beribadah di bulan Ramadhan yang akan datang.

Advertisements

1 thought on “Balimau”

Tinggalkan Balasan