Racun Kalajengking Mana Yang Bisa Bikin Kaya?

Generic Banner

Racun kalajengking.

Hewan ini menjadi pembicaraan yang sangat ramai beberapa hari terakhir. Apalagi presiden Joko Widodo menyatakan kalau racun kalajengking merupakan komoditas paling mahal didunia dengan bukti dihargai lebih dari 143 milyar rupiah untuk satu liter.

Pernyataan beliau tersebut disampaikan pada Musrembagnas RKP 2019. Sambil bergurau orang nomor satu Indonesia itu berkata, “Jadi pak Gubernur, pak Bupati, pak Walikota, kalau mau kaya cari racun kalajengking.” tribun

Pernyataan beliau cukup kontroversial hingga menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Penasaran dengan statement presiden tersebut saya pun menelusuri google mencari informasi yang berkaitan dengan racun kalajengking itu sendiri.

Kenapa racun dari hewan berbisa ini bisa semahal itu?

Informasi pertama yang saya tuju tentu saja wikipedia. Dari situs ensiklopedi khusus bahasa indonesia tersebut saya mendapatkan informasi dasar kalau racun hewan beruas yang masuk dalam ordo scorpiones tersebut mengandung racun saraf (neurotoksin).

Neurotoksin merupakan racun yang dapat mengakibatkan terganggunya transmisi saraf. Akibat terkena neurotoksin dari kalajengking seseorang atau seekor binatang akan mengalami kelumpuhan atau kematian.

Selain memiliki neurotoksin kalajengking memiliki racun sitotoksin yang bisa membunuh sel. Disebutkan dalam situs wikipedia tadi kalau kalajengking jenis Hemiscorpius Lepturus memiliki bisa sitotoksik (racun sel).

Obat-Obatan Dari Racun Kalajengking

Dikutip dari detikhealth racun kalajengking digunakan untuk beberapa penelitian sebagai pengganti obat-obatan yang ada sekarang seperti morfin (obat penghilang rasa sakit), obat kanker, obat malaria hingga obat jantung.

Baca juga: Kolesterol, Penyakit dan Pencegahannya

gambar dari wikipedia

Racun dari rhopalurus junceus atau kalajengking biru disebut-sebut bisa menjadi obat dari kanker payudara, penghilang rasa sakit dan obat inflamasi (mengurangi nyeri dan peradangan). Penggunaan racun kalajengking biru untuk obat-obatan ditemukan di Mexico dan Kuba.

Berbeda dari dua negara tadi Amerika Serikat menggunakan racun Kalajengking Emperor untuk menyembuhkan penyakit jantung. Kalajengking jenis ini disebut-sebut memiliki efek yang lebih baik dibandingkan 12 jenis kalajengking lain yang juga digunakan untuk penelitan yang dilakukan di Madison, Winsconsin.

Selain jenis kalajengking tertentu yang digunakan untuk penelitan, hal lain yang membuat racun kalajengking menjadi mahal adalah sulitnya mendapatkan satu liter racun kalajengking. Ingat 1 (satu) liter racun kalajengking yang dihargai 143 Milyar.

Detikhealth mengutip Science Nature, mengatakan satu ekor kalajengking menghasilkan 0.5 miligram racun dari satu sesi pemerahan dan itu pun hanya bisa memerah dari 10 ekor kalajengking. Jadi dalam sehari maksimal seseorang akan mendapatkan 5 miligram racun.

Jadi untuk mendapatkan satu liter liter racun kalajengking mungkin orang-orang yang ingin cepat kaya bakalan mundur dengan teratur.

Universitas Ben M’sik Hassan II dilaporkan oleh detik health sudah mengembangkan sebuah mesin yang bisa mengambil racun dari 150 kalajengking per hari dengan menggunakan tegangan listrik yang ditempelkan ke ujung ekor kalajengking sehingga menstimulasi bagian yang memproduksi racun.

Jika paten dari mesin tersebut sudah keluar bukan tidak mungkin akan muncul peternakan kalajengking. Hanya saja siapa yang cukup gila untuk melakukannya?

Di Indonesia sendiri penelitian untuk menggunakan racun kalajengking sebagai alternatif pengobatan belum banyak dilakukan. (Atau setidaknya begitu karena literatur online yang saya temukan hampir tidak ada)

Kesimpulan saya:

Mungkin presiden kita itu memang bergurau atau hanya fiksi menunggu menjadi realiti?

Kalau gurauan yah cukuplah dianggap sebagai penghibur.

Soalnya beberapa jenis kalajengking yang racunnya digunakan untuk obat-obatan sepertinya tidak terdapat di Indonesia, atau mungkin saya kurang membaca referensi lain perihal penelitian racun kalajengking dan jenis kalajengking yang digunakan untuk pengobatan di negeri ini.

Advertisements

4 Langkah Mudah Mengubah Tampilan Kamar Mandi dengan Biaya Minim

Kamu kalau di kamar mandi ngapain?

Ya mandi ya buang hajat.

Ohh..

Nah om sendiri di kamar mandi ngapain?

Upss… Rahasia!

Jangan ngeres otaknya.

Kamar mandi itu tidak hanya digunakan untuk membersihkan badan atau membuang hajat.

Kalau kata dosen saya di universitas dulu, orang Barat (baca:bule) menggunakan kamar mandi untuk membaca dengan tenang.

Membaca majalah stensil om?

Ngaco. Itu mungkin kamu.

Tapi yah mungkin saja perkiraan kamu itu benar, tetapi konteks membaca yang disampaikan oleh dosen saya itu membaca buku yang membutuhkan ketenangan dan kenyamanan.

Buku apaan sih om?

Macam-macam. Bisa novel yang baru dibeli, bisa buku teori berat yang butuh konsentrasi, atau juga skripsi.

Siapa yang menyangka dari kamar mandi saya mendapatkan inspirasi menulis skripsi karena novel yang saya jadikan bahan penelitian butuh tempat menyendiri khusus.

Kebiasaan ini (baca: membaca buku di kamar mandi) sudah menjadi kebiasaan saya sejak SMA.

Sebelum membaca buku-buku berat, kebiasaan saya membaca di kamar mandi dimulai dengan membaca komik-komik Jepang yang dipinjam dari Taman Bacaan.

Saya sendiri sering mendapat komplain dari keluarga karena dirasa terlalu lama di kamar mandi.

Seperti kalian, keluarga saya awalnya mikir ngeres karena saya kelamaan di kamar mandi.

Akhir-akhir ini saya pun merasa agak bosan berlama-lama di kamar mandi.

Sampai ditanyain oleh istri, “tumben ga bawa buku lagi?

Masalahnya simpel.

Saya mulai merasa bosan dengan suasana kamar mandi kami. Mungkin sekarang saatnya mengganti tampilan dengan merenovasinya.

Namun masalahnya untuk merenovasi kamar mandi mungil di rumah biayanya ga kecil juga.

Bagaimana caranya merubah suasana kamar mandi kami dengan dana yang minim?

Salah satu ide yang saya dapatkan dari berselancar di internet adalah dengan mengubah tampilan toilet kamar mandi terbaru.

Kalau di kantor toilet yang digunakan bentuknya adalah toilet duduk. Lumayan sih untuk membaca, namun saya lebih suka yang bentuk tradisional.

Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, toilet jongkok justru lebih menyehatkan dibandingkan dengan toilet duduk.

Di dalam penelitian tersebut disebutkan kalau buang hajat besar dilakukan dengan posisi jongkok akan membuat pencernaan bekerja lebih baik dalam mengeluarkan sisa makanan dibandingkan dengan posisi duduk.

Hanya saja kalau mengganti toilet yang dipakai saat ini, saya belum ada rejeki. Mau ambil pinjaman takut ga bisa nyicil balikin uangnya. Apalagi dana yang disisihkan sekarang buat si dedek yang berada di kandungan.

Kalau dapat bonus dari kantor ingin rasanya saya mendesain ulang kamar mandi jadi mirip kamar mandi hotel dengan menggunakan inspirasi koleksi kamar mandi modern situs American Standard Indonesia.

Berawal dari obrolan di kedai kopi, seorang teman memberikan solusi cara mudah dan jenius (menurut saya) untuk mengubah tampilan kamar mandi tanpa keluar banyak uang.

Kamu pun bisa mendapatkan kamar mandi yang menarik dan terlihat baru. Penasaran seperti apa saran dari teman saya itu?

Simak pembicaraan kami:

Mengganti Warna Cat Dinding Kamar Mandi

Plak!!

Kepala saya serasa dipukul oleh teman saya itu.

Simpel.

Mengganti warna cat dinding kamar mandi merupakan cara yang cukup praktis. Pasti suasananya akan berbeda.

Teman saya itu melanjutkan:

Kalau ingin dinding yang bercorak, gunakan wallpaper. Pilih wallpaper yang tahan air agar lebih tahan lama.

Jika ingin sesuatu yang beda, aplikasikan cat dinding pada ubin, lalu tempel ke dinding. Kalau tidak ingin repot, tempelkan stiker pada ubin dinding kamar mandi.

Eh, wallpaper apaan? Tanya saya.

Gubrak.

Wallpaper adalah jenis dekorasi dinding yang ditempel. Bahan wallpaper biasanya kertas vinyl…

Opp.. cukup. Itu kamar mandinya orang kaya. Saya gak sanggup. Saya lebih memilih untuk mengganti cat dinding saja.

Kalau gitu coba pilih cat warna kuning atau oranye supaya suasana kamar mandi terasa lebih cheerful.

Sep..

cat kupu-kupu? noway. its silly (majalahasri.com)

Menambahkan artwork di Dinding Kamar Mandi

Setelah warna dinding kamar mandi diganti, tambahkan artwork, kata teman saya. Art Work bisa membuat tampilan kamar mandi menjadi lebih unik.

Ada beragam jenis artwork yang bisa dipilih. Misalnya saja lukisan atau pajangan gantung.

ilustrasi gambar sumbernya majalahasri.com

Artwork ini juga bisa membuat kamar mandi menjadi lebih personal, sesuai dengan kepribadian pemiliknya.

Hmmm… untuk sekarang mungkin enggak pake artwork dulu deh. Soalnya kamar mandi di rumah baru cuma satu untuk rame-rame. Bisa kaget nanti tamu kalau masuk kamar mandi saya.

Dibawah ini Artwork yang terbayang di kepala ketika teman saya lagi ngejelasin

Menambahkan Benda yang Fungsional Juga Bisa Mengganti Suasana

Teman saya lebih lanjut bertanya kepada saya. Dalam beberapa bulan terakhir apa ada penambahan atau pengurangan benda di kamar mandi.

Saya jawab, Tidak.

Pengennya sih buang mesin cuci yang sudah ga dipakai lagi karena mesinnya ga muter.

Lah, ntar mau nyuci pake tangan?

Enggak, udah dibantuin nyuci sama orang deket rumah. Gue ganti uang listrik sama tenaganya buat nyetrika.

Lha enak. Gantungan handuk gimana?

Ntar saya ganti.

Ganti Pernak-Pernik Di Dalam Kamar Mandi

Kamar mandi lo pakai shower?

Enggak. Cuma punya baskom gede buat nampung air buat mandi atau ambil air untuk basuh hajat.

Ntar kalau mau pake shower, gunain tirai penyekat. Orang yang memiliki kamar mandi menggunakan shower paling tidak harus mengganti tirai penyekat dalam dua tahun sekali.

Keran wastafel ada di kamar mandi?

Enggak. Saya cuma pake gayung yang airnya diambil dari baskom gede tadi.

Tapi kerannya ada kan?

Ada.

Sudah terlihat karatan? Jika ya, gantilah dengan desain yang lebih modern.

Sekarang kalau lo sempat maen ke toko-toko bangunan modern, banyak bentuk keran yang unik dan murah buat bikin kamar mandi terasa lebih nyaman.

Oke.

Nah bagaimana sahabat pencaricerah?

Tidak butuh biaya besar dan juga renovasi besar-besaran kan untuk merubah suasana kamar mandi?

Cukup mengganti cat dinding, menambah aksesoris, mengganti pernak-pernik dan membuang mesin cuci yang udah ga kepake kita sudah bisa mendapatkan suasana baru untuk relaksasi di kamar mandi.

Ada yang mau mencoba? Atau ada yang mau memberikan ide lain? Komen aja di form yang udah disediakan ya.

Inspirasi:

  • http://majalahasri.com/4-cara-mudah-memperbarui-tampilan-kamar-mandi-tanpa-merenovasinya/
  • http://majalahasri.com/15-ide-desain-kamar-mandi-aneka-warna/

Penggalangan Dana Untuk Mereka Yang Membutuhkan

Sebagai manusia yang hidupnya bersosial tentu tidak akan lepas dari orang lain, termasuk dalam saling tolong menolong.

Manusia yang hidupnya bersosialisasi tidak akan sulit ketika salah satu dari mereka membutuhkan bantuan, untuk itu hiduplah dalam bersosialisasi agar ketika suatu saat terkena musibah tidak ragu untuk meminta pertolongan.

Begitu pun kita sebagai manusia harus peka terhadap kehidupan sosial di masyarakat, terlebih lagi bagi mereka yang hidupnya keterbatasan ekonomi, tentu sangat memprihatinkan dan perlu uluran tangan kita untuk membantunya dalam bentuk apa pun.

Banyak orgaisasi-organisasi yang melakukan Penggalangan Dana sebagai aksi sosial mereka untuk berempati terhadap sesama dan memberikan bantuannya dalam bentuk apapun untuk menyambung kehidupannya menjadi lebih baik.

Salah satunya adalah UNICEF, sebagai salah satu organisasi kemanusiaan khusus menaungi sosial anak-anak, ibu hamil, balita, yang keterbatasan ekonomi dan memerlukan bantuan untuk kehidupan yang lebih layak.

Bantuan bisa Anda salurkan melalui UNICEF Indonesia, yang nantinya akan disalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan terutama anak-anak.

Mereka akan mendapatkanbantuan berupa makanan yang baik, sehat dan bergizi, membantu kehidupan sosialnya menjadi lebih baik, membantu pendidikannya, dan masih banyak lagi implementasinya bagi kehidupan yang lebih baik bagi mereka.

Sebagai organisasi kemanusian dibawah naungan PBB, UNICEF banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan sosial masyarakat, terutama anak-anak, ibu hamil, bayi atau balita yang membutuhkan uluran tangan kita karena keterbatasan ekonominya.

Untuk memaksimalkan tujuan UNICEF dalam mengemban tugas dan tujuannya, ayo bantu dan dukung gerakan penggalangan berupa dana bantuan bagi mereka, baik berupa uang, pemikiran, tenaga, atau yang lainnya untuk mewujudkan kehidupan mereka yang lebih baik.

Karena pendidikan, kebutuhan sosial lainnya bagi mereka yang keterbatasan ekonomi pasti sulit dalam mewujudkan kehidupannya yang lebih baik.

Untuk itu, ayo salurkan Penggalangan Dana UNICEF untuk kehidupan sosial masyarakat yang kehidupannya terbatas menjadi lebih baik lagi.

Wujudkan cita-cita anak Indonesia untuk mewujudkannya melalui uluran tangan kita, karena berapa pun nilainya akan sangat berarti bagi mereka.

Aturan Baru Panitia Pusat SBMPTN Akan Buka Lebar Kesempatan Lulus PTN Favorit

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017 memberikan evaluasi penting bagi panitia pelaksana.

Bersamaan dengan evaluasi tersebut panitia pusat SBMPTN tahun 2018 melakukan perubahan untuk sistem penilaian akhir setiap peserta ujian.

Jika sebelumnya metode penilaian SBMPTN menggunakan skor 4, 0, -1 maka di SBMPTN 2018, setiap peserta akan diberi skor bonus tergantung dari karakteristiknya.
Diberitakan dari detik, Joni Hermana, Sekretaris Panitia Pusat SBMPTN, menyampaikan pengumuman perubahan skoring ini secara tertulis,

“Penilaian terhadap SBMPTN 2018 tidak lagi menggunakan skor 4 (empat) untuk jawaban yang benar, 0(nol) untuk yang tidak menjawab dan negatif 1 (-1) untuk jawaban yang salah”

sumber: https://news.detik.com/berita/d-3963481/aturan-4-dan–1-dihapus-begini-sistem-penilaian-sbmptn

Jadi bagaimana sistem penilaian SBMPTN 2018?

Dalam surat yang diterbitkan oleh Panitia Pelaksana Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri yang ditayangkan oleh portal berita detik, mekanisme pemberian nilai akhir akan melalui dua tahap.

Pertama untuk jawaban yang benar akan diberi nilai 1 (satu) dan untuk jawaban yang salah atau soal yang tidak dijawab akan diberi nilai 0 (nol).

Kedua panitia akan mengevaluasi setiap soal yang diberikan berdasarkan tingkat kesulitan dengan menganalisa response peserta terhadap soal yang diujikan dengan menggunakan metode Item Response Theory.

Setiap soal memiliki karakteristik tersendiri dan jawaban yang diberikan peserta terhadap soal tersebut akan menentukan skor masing-masing peserta.

Jawaban yang diberikan peserta untuk soal-soal tertentu akan menjadi bonus tersendiri dengan diberikan skor khusus.

Artinya untuk soal ujian yang secara keseluruhan menurut peserta sulit, bagi peserta yang bisa menjawab dengan benar akan diberikan skor khusus (baca: bonus) yang akan diakumulasi pada penilaian jawaban peserta tersebut secara keseluruhan.

Metode Item Response Theory dianggap lebih fair untuk peserta ujian dan metode ini sudah digunakan sebagai seleksi calon mahasiswa di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa.

So,

… bagi kamu yang merencanakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Universitas, jangan sia-siakan momen perubahan yang berlangsung sekarang.

Saya sendiri bisa masuk ke salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Barat juga karena memanfaatkan perubahan sistem yang dilakukan oleh panitia pelaksana.

Di masa saya (hiks… udah tua nih) perubahan yang terjadi adalah perubahan ujian nasional dari EBTANAS (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional) menjadi UN (Ujian Nasional).

Dibarengi setelah itu perubahan dari UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri) menjadi SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru).

Sekali lagi… jangan sia-siakan kesempatan langka sekarang ini. Maksimalkan kemampuan kamu di UNBK dan hampiri kesempatan perubahan sistem penilaian SBMPTN 2018