GHOST FLEET PRABOWO DAN TEORI READER RESPONSE

Generic Banner

Novel Ghost Fleet beberapa hari terakhir menjadi perbincangan yang menarik di negara kita, Indonesia.

Pasalnya tidak lain karena ketua umum partai Gerindra, Prabowo Subianto, menyatakan kalau Indonesia diprediksi bubar tahun 2030 berdasarkan cerita dari novel karya P.W.Singer dan August Cole.

Pernyataan dari seorang ketua umum partai yang menjadi oposisi pemerintah saat ini kemudian disantap dengan lahap oleh para pendukung pemerintah di media sosial dan juga digoreng dengan matang oleh portal-portal berita nasional.

Novel yang mendapat tanggapan bagus di negerinya sendiri, Amerika Serikat, dibuat oleh dua orang yang memiliki kepakaran pada informasi intelijen dan menjadi konsultan untuk departemen pertahanan Amerika Serikat.

[bluebox]Baca cuplikan novel Ghost Fleet: Novel Perang Dunia Ketiga

[/bluebox]

Novel yang pertama kali terbit di tahun 2015 tersebut disebut amazon.com sebagai a must read for military leaders around the world.

Sebagai mantan panglima kostrad Prabowo Subianto membacanya tidak dengan main-main dengan beranggapan bahwa kisah yang dituturkan oleh kedua pengarang hanya bersifat fiktif.

Berdasarkan latar belakang yang ia miliki dan mungkin juga berdasarkan latar belakang kedua pengarangnya kesimpulan yang diambil oleh ketua umum Partai Gerindra tersebut tidak salah.

Peringatan yang diberikan oleh mantan calon presiden tahun 2014 tersebut berdasarkan pengalaman atau latar belakang beliau sendiri termasuk pada kritik sastra yang disebut dengan reader response.

Apa itu reader response?

Reader response merupakan teori sastra yang fokus pada pembaca dan pengalaman mereka terhadap sebuah karya sastra. (wikipedia)

Perhatikan saja pidato dari Ketua umum Partai Gerindra tersebut di video yang telah diposting di laman facebook dan twitter partai Gerindra:

“Saudara-saudara! Kita masih upacara, kita masih menyanyikan lagu kebangsaan, kita masih pakai lambang-lambang negara, gambar-gambar pendiri bangsa masih ada di sini. Tetapi, di negara lain mereka sudah bikin kajian-kajian, di mana Republik Indonesia sudah dinyatakan tidak ada lagi tahun 2030”

Pidato diatas yang kemudian menjadi buah bibir setiap penikmat berita politik dan juga teori konspirasi di Indonesia.

Tanggapan yang diterima pun beragam, ada yang setuju dengan peringatan yang disampaikan oleh manta Pangkostrad tersebut dan banyak juga yang memperolok pidato ketua umum Gerindra tersebut.

Bagi saya peringatan yang disampaikan oleh Prabowo Subianto sudah sesuai dengan kapabilitas pemahaman beliau dengan karya sastra yang dibaca dan juga dengan latar belakang militer yang ia miliki.

Kenapa?

Coba simak kata kunci Indonesia dalam cuplikan novel yang dijual di situs amazon.com tersebut.

Page 13: … former Republic of Indonesia and Malaysia was less than two miles wide at its narrowest, barely dividing Malaysian’s authoritarian society from the anarchy that Indonesia had sunk into after.

Page 19: … China-US exercise to help bring order to the waters around the former Republic Indonesia are sign of our future together will be a strong one, “said General Wu

Page 29: … interference in our interest in Transjordan , Venezuela, Sudan, the Emirates, and the former Indonesia.

Page 62: … choice to covert Chinese “risks-elimination” strikes in Africa and the former Republic of Indonesia.

Page 119: … death and more like one of those ramshackle floating tidal towns off what used to be Indonesia,

Coba saja perhatikan sedikit cuplikan yang diberikan oleh amazon pada novel tersebut untuk negara kita, Indonesia: The former Republic Indonesia, The former Indonesia, used to be Indonesia.

Karena saya tidak punya amazon kindle ataupun dana untuk membeli buku aslinya di amazon, saya sangat-sangat terganggu bagaimana kedua pengarang ini mengisahkan Indonesia.

Apalagi seorang mantan panglima tertinggi.

Novel Ghost Fleet pun tidak dibuat dengan angan-angan semata, tetapi juga berdasarkan fakta-fakta yang dapat ditemukan dalam EndNote.

Penulis telah melakukan kajian tentang kisah yang akan mereka angkat dengan agar pembaca betul-betul merasakan jalan cerita atau plot yang mereka buat.

Dengan riset yang dilakukan oleh para penulis dan juga alur cerita yang sangat nyata, rasanya tidak salah kalau seorang Prabowo Subianto, yang dibilang Gusdur sebagai orang paling ikhlas di Republik ini, menjadi tidak tenang.

Jadi salahkah kalau akhirnya secara politis novel Ghost Fleet yang berisi data-data riset yang digunakan oleh pengarang membuat ketua umum Gerindra merasa perlu menyampaikan peringatan bagi warga Negara Kesatuan Republik Indonesia?

Menurut saya sah-sah saja.

Saya malah bertanya-tanya apa yang didapat oleh pak Jokowi yang membaca novel Ghost Fleet? Mungkinkah kesimpulannya sama?

Advertisements

Tempat Magang Sastra Inggris Yang Paling Ideal, No.1 Paling Favorit

tempat magang sastra inggris

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.

Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.

Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)

Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Dalam konteks ini dapat kamu lihat kalau magang itu selain untuk karir juga menghubungkan antara teori dan praktek di lapangan. Bagi mahasiswa sastra inggris dari daerah, seperti saya, kesempatan magang ini tidak saya dapatkan. Mungkin pihak universitas masih belum bekerja sama dengan tempat magang sastra inggris waktu itu. (Semoga saja sekarang sudah.)

Dengan membagikan informasi tempat magang sastra inggris saya harapkan rekan-rekan saya yang kuliah di jurusan sastra inggris, apalagi di daerah, bisa lebih termotivasi lagi untuk menyelesaikan kuliah dengan prestasi. Karena selain nilai transkrip yang berkilau, pengalaman kerja akan membuat kamu jauh lebih mudah untuk diterima di sebuah perusahaan (atau malah kementerian nantinya).

tempat magang sastra inggris

15 Tempat Magang Sastra Inggris by Ran-Chan no Hibi

  1. Kementerian Luar Negeri
    Bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yang punya cita-cita menjadi duta besar Republik Indonesia di luar negeri coba mulai dengan mengikuti program magang dari kementerian tersebut.
    Menurut situs resmi KEMENLU ada tiga unit kerja yang selalu membuka program magang, yaitu Direktorat Diplomasi Publik, Direktorat Informasi dan Media, dan Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Deplu (BPPK).
    Syarat mengikuti program magang di unit-unit terkait hampir sama dengan mengikuti program magang di tempat lain yaitu: menulis surat lamaran yang ditujukan kepada pimpinan eselon II unit terkait (berisi tujuan dan maksud melakukan magang di unit terkait), mengirim berkas berupa Curriculum Vitae, Transkrip Nilai resmi (yang dikeluarkan oleh Universitas), Surat Keterangan dari Pihak Kampus, Minimal kuliah semester 5.
  2. Kedutaan Besar dan Konsulat Jendral Negara Tetangga
    Selain di kementerian luar negeri, tempat magang mahasiswa sastra inggris bisa juga dilakukan di kantor-kantor perwakilan resmi negara sahabat yang berada di daerah kamu. Contohnya bagi kamu yang berada di Jakarta, Kedutaan Besar Amerika Serikat yang beralamatkan di Jl. Medan Merdeka Selatan No. 3 – 5 membuka kesempatan untuk merasakan bagaimana bekerja di sebuah kantor urusan diplomatik. Unit-unit kerja yang menerima program magang seperti Human Resources, Program Office USAID, Foreign Commercial Service (FCS), Office of Financial Management/USAID, Public Affairs Section-Cultural Office, Public Affairs Section – Information Office (PAS-IO).
    Karena program magang pihak kedutaan tidak menjanjikan adanya benefit keuangan tetapi menjanjikan pengalaman yang berharga saat bekerja. Untuk kamu yang sedang berada di Jakarta atau Surabaya silahkan mencoba ikut program tersebut melalui link resmi kedutaan Amerika Serikat.
    program internship Kedubes Amerika Serikat
  3. Balai Bahasa Provinsi
    (sedang menunggu jawaban salah satu balai bahasa di Indonesia untuk program magang ini. dalam navigasi situs yang ada tidak disebutkan jika di balai bahasa provinsi membuka program magang)
  4. Advertising Company
    Mahasiswa sastra inggris itu tidak hanya belajar tentang sastra inggris atau bahasa inggris saja. Kalau dosen saya dulu bilang mahasiswa sastra inggris harus kreatif. Dan tempat magang untuk mahasiswa jurusan sastra inggris yang paling tepat untuk kamu yang merasa kreatif dan selalu mempunyai ide-ide yang out of the box adalah media periklanan.
    Sebagai sebuah sarana promosi sebuah brand atau produk yang dijual membutuhkan sebuah perhatian dari target konsumennya. Seperti yang dikisahkan oleh blogger seventogatorop di blognya saat harus melakukan Trans-create untuk leaflet produk Nokia Lumia yang baru.
    Leaflet dari brand tidak selalu menggunakan bahasa Indonesia, seringkali bahasa yang digunakan dalam leafletnya menggunakan bahasa Inggris. Maka tugas anak magang seperti seventogatorop dan juga seniornya di media periklanan adalah menerjemahkan dan membuat bahasa baru agar pesan dari produk tersebut dapat tersampaikan ke calon konsumen Nokia di Indonesia.
  5. Agen Penerjemah
  6. Hotel dan Tempat Parawisata
  7. Dinas Parawisata Kota / Bagian Humas & Protokol Kota
  8. Portal Berita/Media Online
  9. Koran / Majalah / Tabloid
  10. Radio / Televisi
  11. Penerbit Buku
  12. Yayasan Sosial Yang Mendapat Hibah dari Luar Negeri
  13. Tempat Kursus Bahasa Inggris
  14. Konsultan Pendidikan Luar Negeri
  15. Perusahaan Tour dan Travel

Itu tempat magang sastra inggris jadi masih bilang kalau peluang kerja sastra inggris itu sempit?

(maaf ada order masuk, saya kerjakan dulu. Nanti saya sambung lagi untuk membahas lebih detail tempat magang sastra inggris. Jangan lupa subscribe agar nanti bisa saya hubungi lagi untuk bahasan lengkap artikel penting ini.)

sumber inspirasi: Ran-chan no Hibi

Beda Konsentrasi Sastra dan Linguistik Di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris

Beda konsentrasi sastra dan linguistik itu apa sih? Pertanyaan ini sebenarnya sudah saya jawab di beberapa postingan khususnya pada kolom komentar tetapi karena masih sering ditanyakan oleh calon mahasiswa baru saya memilih untuk membuat postingan tersendiri untuk menjawab pertanyaan ini.

beda konsentrasi sastra dan linguistik membuat dilema mahasiswa sastra
sumber gambar shohibessir.blogspot.com

Tidak seperti jurusan kuliah yang lain, jurusan bahasa dan sastra inggris mempunyai dua cabang yang dapat diambil oleh mahasiswa di tahun ketiga (dengan catatan kuliahnya lancarnya). Cabang sastra itu dibagi atas konsentrasi sastra dan konsentrasi linguistik.

Nah, apa perbedaan antara dua konsentrasi atau program pendidikan tersebut?

Beda konsentrasi sastra dan linguistik terletak dari mata kuliah yang akan dijalani. Jika anda memilih konsentrasi sastra maka anda akan lebih banyak membaca karya sastra sedangkan jika anda memilih konsentrasi linguistik anda akan banyak menganalisa bagaimana bahasa bisa dibentuk.

Sebelum memilih sastra dibanding linguistik sebagai konsentrasi pendidikan saya waktu kuliah, saya pun merasa bingung harus memilih konsentrasi yang mana. Teman-teman saya kala itu menghindari konsentrasi sastra dengan alasan dosennya yang terlalu killer.

Saya sendiri suka membaca karya sastra khususnya manga atau komik jepang. Saya bisa membaca komik seharian penuh di taman bacaan (semacam tempat penyewaan novel dan komik di tempat asal saya). Selain suka membaca saya juga menyadari kemampuan saya dalam menyerap materi kuliah linguistik terbatas. Bagi saya linguistik terlalu njelimet, tidak terlalu saya sukai.

Akhirnya kebimbangan saya diputuskan saat hasil mata kuliah introduction to literature dan introduction to linguistik keluar. Nilai mata kuliah introduction to literature saya ternyata lebih tinggi dibandingkan introduction to linguistik.

Jadi …

Bagi yang suka membaca karya sastra memilih konsentrasi sastra adalah pilihan yang terbaik. Dengan memilih konsentrasi sastra anda akan memuaskan dahaga untuk membaca semua karya sastra tanpa merasa terbebani.

(Padahal beban membaca itu sudah ada di dalam masyarakat Indonesia secara kultural. Buktinya budaya baca masyarakat Indonesia masih rendah.)

Mungkin anda mengenal karya sastra itu hanya berbentuk novel, cerita pendek, puisi, naskah drama dan lain sebagainya. Tetapi perkembangan ilmu sastra telah meningkat sejak pertama kali sastra menjadi salah satu kurikulum di perguruan tinggi.

Komik, film, video clip, lirik lagu (lagu) dan budaya populer lainnya dapat masuk dalam kategori karya sastra. Mahasiswa sastra dan para akademisi lainnya mempunyai kewajiban untuk menjelaskan kepada masyarakat umum tentang karya sastra.

Linguistik merupakan konsentrasi pendidikan bahasa yang membahas bahasa itu sendiri. Mulai dari makna bahasa, bentuk bahasa hingga konteks bahasa itu sendiri. Dalam sastra inggris berarti anda akan membahasa makna bahasa inggris yang digunakan seseorang, bentuk bahasa inggris tersebut, dan konteks bahasa inggris dalam pemakaiannya.

Contohnya adalah dialek yang digunakan oleh orang-orang Afrika-Amerika. Atau jika anda pernah mendengar dengan seksama bahasa inggris orang yang tinggal di Inggris Raya mempunyai perbedaan dengan bahasa inggris orang yang tinggal di Amerika Serikat.

Kalau dicontohkan ke konteks Bahasa Indonesia maka anda akan belajar bagaimana orang minang membentuk Bahasa Indonesia, dan bagaimana orang betawi membentuk Bahasa Indonesia. Hal pertama yang dapat anda perhatikan adalah dialek yang digunakan baik oleh orang minang dan orang betawi. Bahkan anda bisa menebak daerah asal seseorang (atau dalam konteks ini suku seseorang) dari cara penggunaan bahasa mereka.

Meskipun beda konsentrasi sastra dan linguistik, sebagai mahasiswa anda akan mendapatkan dasar-dasar dari sastra dan linguistik sejak semester pertama kuliah.

7+ Peluang Kerja Sastra Inggris Yang Tidak Diketahui Orang

kuliah itu berapa tahun untuk sarjana


Peluang kerja sastra inggris setelah lulus kuliah hanya jadi guru?

Ga selalu sob.

Bete ga sih kalau orang yang tahu kalau kamu mau masuk jurusan sastra inggris malah bilang, “Emang lu siap jadi Guru?”

Duh, #sakitnyatuhdisini (nunjukin arah dada).

Stigma diatas harus dirubah oleh setiap mahasiswa sastra inggris.

Paling tidak saya sendiri berusaha agar bisa lepas dari pendapat umum tersebut.

Stigma “anak sastra harus jadi guru”-lah yang menjadi motivasi saya untuk mencari pekerjaan di luar apa kata orang setelah selesai di jurusan bahasa dan sastra inggris Universitas Negeri Padang September 2007 lalu.

Makanya kalau kamu bener-bener ingin masuk jurusan sastra inggris (atau saat ini kamu kuliah di jurusan sastra inggris dan sedang galau dengan pilihan karir di masa depan) tulisan ini khusus untuk kamu.

Bagi yang akan masuk jurusan sastra inggris anggap saja tulisan ini sebagai review jurusan sastra inggris sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di jurusan tersebut.

Oke??

Lanjut…

Ketika kamu lulus di jurusan bahasa dan sastra inggris banyak orang yang akan kagum.

Tapi…

Dibalik kekaguman tersebut tidak sedikit pula yang meragukan peluang kerja sastra inggris yang akan kamu dapatkan nanti.

Peluang kerja merupakan salah satu pertimbangan yang diambil oleh seseorang ketika memutuskan jurusan yang akan diambil di perguruan tinggi.

Itu yang saya sadari setelah membaca komentar-komentar yang saya terima di blog pencaricerah.com ini.

emma watson bukti peluang kerja sastra inggris sebagai aktris
emma watson, selebritas dunia yang kuliah di jurusan sastra Inggris

Pertimbangan karir di dunia kerja tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan saya memilih jurusan sastra inggris.

Saya mempunyai keinginan untuk bisa bekerja di kedutaan besar Indonesia.

Motivasi saya untuk bekerja di kedubes berawal dari sebuah pernyataan seorang Alumni SMU saya, SMA Negeri 2 Bukittinggi, saat diadakan reuni akbar di sekolah.

Senior saya yang bekerja di kedutaan bilang kalau sekarang populasi staf di kedutaan Republik Indonesia sangat sedikit sekali yang berasal dari Sumatera, khususnya alumni dari Sekolah Raja (Kweek School).

Pertimbangan lain adalah minat saya yang besar di pelajaran bahasa inggris.

Bahkan orang tua saya mengarahkan minat saya kepada bahasa asing tersebut agar saya bisa menguasai komunikasi dengan bahasa Inggris.

Kata Bunda minat saya ke bahasa Inggris dimulai saat saya menonton sebuah film kartun yang ditayangkan oleh stasiun televisi TPI (sekarang MNC).

Film kartun tersebut bertujuan untuk mengajarkan bahasa Inggris untuk anak-anak. Dan Bunda memperhatikan kalau saya selalu mengikuti setiap episode acara televisi tersebut.

Dari prilaku saya dari kecil tersebut Bunda kemudian mengarahkan saya untuk mengikuti les bahasa Inggris. Semenjak sekolah dasar hingga sekolah menengah ibu saya selalu memberikan saya kesempatan untuk belajar bahasa Inggris di lembaga informal.

Ketika saya lulus di jurusan sastra inggris Universitas Negeri Padang seperti orang tua kebanyakan Bunda mempersiapkan saya untuk menjadi seorang guru.

Keinginan Bunda yang sama seperti orang kebanyakan membuat saya semakin termotivasi untuk membuktikan kalau seorang mahasiswa sastra tidak harus berakhir di lingkungan pendidikan.

Bukan saya meremehkan profesi seorang guru. Menurut saya profesi guru merupakan profesi yang paling tinggi derajatnya dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Dan saya pribadi merasa tidak sanggup memerankan posisi guru tersebut.

Saya mengambil prinsip, jika tidak ada lagi perusahaan atau bidang karir yang bisa saya ambil maka menjadi Guru adalah pilihan terakhir saya.

Untungnya Bunda mengerti alasan yang saya utarakan dan mengambil sikap untuk mendukung penuh pilihan anak-anaknya.

Sekarang saya bekerja di salah satu perusahaan asuransi swasta di kawasan Jakarta Selatan. Meskipun bekerja disini ada pahit dan manisnya saya sendiri bahagia karena pilihan saya untuk kuliah sastra inggris tidak salah.

Di perusahaan asuransi ini saya justru banyak belajar tentang mengelola keuangan. Dan secara tidak sadar saya mulai tertarik kembali untuk utak atik angka (padahal nilai matematika saya selalu dibawah angka 7).

Selain angka hal lain yang saya pelajari adalah bagaimana sebuah tingkat keamanan dipersiapkan untuk menghindari kerugian finansial akibat resiko kebakaran, gempa bumi dan lain-lain. Semua materi yang digunakan di lingkungan asuransi menggunakan bahasa inggris.

Untuk karir di dunia asuransi saya mempunyai catatan bahwa anak sastra inggris bisa mendapatkan posisi yang cukup tinggi di dunia asuransi. Di perusahaan saya sekarang ini General Manager yang selalu bermuka jutek ternyata latar belakang pendidikannya sastra inggris.

Jadi apakah anda masih ragu dengan peluang kerja sastra inggris? Oke coba cek tulisan saya tentang tempat magang anak sastra inggris, setelah itu coba anda bandingkan dengan jurusan yang lain.

Update: Semenjak artikel tentang peluang kerja sastra inggris saya terbitkan tidak hanya komentar positif atau pertanyaan yang saya dapatkan dari pengunjung blog.

Ada juga beberapa komentar negatif yang disampaikan oleh beberapa orang di kolom komentar (yang tetap berada di halaman moderasi). Rata-rata menyesalkan memilih jurusan sastra inggris ketika kuliah dulunya.

Intinya sih sama, komen yang negatif tersebut merasa menyesal kuliah sastra inggris.

Ada apa dengan karir mereka saat ini?, itu pertanyaan saya.

Maka saya mencoba untuk mengetahui komentator tersebut dengan menghubungi mereka via email. Saat saya meng-update artikel ini, email yang saya kirimkan belum mendapat jawaban dari para komentator negatif tersebut. Mungkin alamat email yang mereka berikan merupakan alamat email fiktif.

(heran juga kenapa wordpress kok tidak langsung menindak email palsu tersebut)

Karena email yang tak berbalas itu saya menganggap komentar miring yang saya asumsikan anak sastra inggris tidak perlu saya hiraukan karena kenyataannya ..

… peluang kerja sastra inggris itu banyak, hanya saja apakah anda sudah bekerja keras untuk mendapatkannya?

Mungkin komentar negatif yang disampaikan dalam kolom komentar blog ini berada diantara keluarga atau kenalan anda. Mereka akan membuat niat anda untuk kuliah di jurusan sastra inggris berubah dengan ucapan-ucapan yang menyepelekan peluang kerja sastra inggris.

Baca juga: Bangga Jadi Mahasiswa Sastra Inggris

Mungkin mereka akan mengatakan jika peluang kerja sastra inggris hanya menjadi guru les bahasa inggris, baik itu di sekolah formal maupun di lembaga pendidikan informal.

Padahal tidak.

Ada beragam jenis profesi dimana seorang sarjana sastra inggris dibutuhkan dalam sebuah perusahaan.

LULUSAN SASTRA INGGRIS BISA BEKERJA DIMANA SAJA?

7 Peluang Kerja Sastra Inggris Menurut Univ. Maranatha

Salah satu universitas swasta yang membuka program sastra inggris adalah Universitas Maranatha. Dari situs maranatha tersebut lowongan kerja jurusan sastra inggris sebagai berikut:

  1. Lulusan sastra Inggris dapat bekerja di bidang Jurnalisme seperti menjadi wartawan/reporter, editor, kolumnis, dan lain sebagainya.
  2. Alumni sastra inggris dapat bekerja di bidang Penerbitan seperti menjadi penulis atau menjadi editor.
  3. Mahasiswa sastra inggris dapat berkarir di bidang Public Relation, Sekretaris, Periklanan, Penerjemah dan Interpreter, Pariwisata (Tour Guide, Biro Perjalanan),
  4. Mereka juga dapat bekerja di bidang Entertainment seperti menjadi seorang aktor/aktris, penyanyi, atau host
  5. Selain itu alumni sastra inggris dapat berprofesi di bidang pendidikan seperti menjadi seorang guru, dosen, atau tutor,
  6. Yang paling pasti mahasiswa sastra inggris dibutuhkan kemampuannya di perusahaan yang bergerak bidang Ekspor dan/atau Impor barang
  7. Mahasiswa sastra inggris dapat menjadi seorang wiraswasta.

Selain universitas Maranatha, universitas swasta lain yang membuka program sastra inggris adalah universitas Sanata Dharma.

Peluang Kerja Sastra Inggris versi Univ. Sanata Dharma

Peluang kerja sastra inggris menurut universitas sanata dharma adalah sebagai berikut.

  1. kesekretariatan (korespondensi, pelaporan dalam bahasa Inggris, penerjemahan),
    hubungan masyarakat (public relations),
  2. pelatihan personalia;
  3. di dunia pendidikan, yaitu mengajar baik sebagai dosen, guru, maupun instruktur bahasa Inggris dan menjadi peneliti;
  4. di perusahaan media massa, yaitu menangani bidang penyuntingan (editing), penerbitan, dan jurnalisme, dan
  5. di lembaga swadaya masyarakat, yaitu ikut menangani pelatihan, pelaporan program.

Ssst… ga banyak orang yang tahu kalau Universitas Sanatha Dharma termasuk Universitas yang menyelenggarakan program kuliah sastra inggris terbaik lho.

Untuk universitas negeri yang menyelenggarakan program studi sastra inggris anda dapat melihat seperti apa peluang kerja yang akan anda dapatkan nantinya pada panduan yang anda terima sebelum sbmptn dimulai.

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa saya sendiri adalah lulusan sastra inggris universitas negeri padang, dan saat ini saya bekerja sebagai karyawan di perusahaan asuransi di Jakarta.

Siapa yang menyangka jika alumni sastra inggris bisa masuk ke perusahaan dengan jenis industri asuransi yang notabene tidak bersinggungan dengan mata kuliah sastra yang pernah dipelajari.

Lulusan sastra inggris kerja di bank? kok bisa? Ya bisa saja. Teman seangkatan saya malah pernah menjadi karyawan bank swasta nasional sebagai teller.

Bahkan karirnya pun bagus hingga nasabah-nasabah prioritas di bank tersebut lebih senang melakukan transaksi perbankan dengannya dibanding rekannya yang lain.

Tapi sekarang teman saya tersebut lebih memilih untuk bekerja di rumah. Sebuah pilihan yang menurut saya cukup sulit dan butuh komitmen yang cukup besar.

Tidak mau kerja di perbankan.

Mau jadi pegawai negeri sipil (PNS)?

BISA!

Bidik pembukaan di Kementerian Luar Negeri. Saya belum mendapatkan informasi terbaru lulusan UNP yang lulus di Kemenlu tetapi beberapa teman saya sudah menjadi PNS Pemda dan PNS di Kementerian Perumahan Rakyat.

Contoh diatas adalah pengalaman dari teman-teman saya dan juga saya sendiri yang berkarir diluar stigma. Apa ada bang yang jadi reporter seperti yang disampaikan tadi?

ADA!

Malah saya jadi agak menyesal tidak ikut jalan dia saat meniti karir sebagai jurnalis di salah satu media ibukota. Sekarang teman saya yang jurnalis tersebut sering berbagi pengalamannya saat mengunjungi tempat-tempat baru dan juga para pesohor. Lebih enaknya lagi itu semua biaya kantor.

Kok ga ada namanya bang? Hoax kalau ga ada gambar.

Saya ingin sekali memberikan link fesbuknya kepada anda semua, tapi teman saya belum mengijinkan. Tidak semua orang suka publikasi. Tidak semua orang ingin menjadi selebritis.

Tapi balik lagi, mereka belum mengijinkan saya untuk publish link medsos maupun nama mereka.

Jadi jika pengalaman yang saya ceritakan diatas dianggap hoax, saya hanya bisa berdoa semoga anda punya kesempatan bertemu dengan mereka di suatu tempat di dunia ini. Mereka bukan tokoh fiktif.

Satu hal lagi sebelum saya menyelesaikan tulisan tentang peluang kerja sastra inggris ini. Ketika kuliah saat anda akan menyelesaikan kuliah anda harus menyelesaikan skripsi.

Skripsi sastra inggris yang telah anda buat tidak selalu menjadi bahan pertimbangan saat melamar pekerjaan.

Contoh judul skripsi sastra inggris saya, The Power of Jews in The Plot Against America by Philip Roth. Dari judulnya saja bikin saya kadang berpikir apakah perusahaan akan menolak saya saat wawancara kerja. Soalnya pembahasannya menyerempet isu rasisme (yang bisa diperdebatkan lagi, tapi tidak di sini).

Ternyata tidak. Justru pihak rekrutmen perusahaan hanya butuh kualifikasi dan kemauan anda untuk bekerja.

Jadi setelah mengetahui peluang kerja sastra inggris apakah anda akan memilih jurusan ini di ujian masuk perguruan tinggi nanti?

Tulisan ini terinspirasi dari blog dini di sini