Kuliah Jurusan Akuntansi Susah Ga Sih?

Kuliah jurusan akuntansi susah ga sih?

Pertanyaan ini sangat-sangat membutuhkan waktu bagi saya untuk menjawabnya. Pasalnya saya cuma ketemu akuntansi saat sekolah dulu.

Sedangkan untuk kuliah saya sama sekali ga melirik jurusan akuntansi. Soalnya saya lebih diarahkan untuk memilih jurusan sastra inggris.

Secara umum jawaban untuk pertanyaan diatas simpel saja:

Tergantung kamu yang menjalaninya.

Kalau kamu merasa akuntansi itu bidang kamu maka kamu akan serius menjalani perkuliahan. Silahkan baliknya:

Kalau kamu merasa akuntansi itu bukan jiwa kamu maka kamu akan kesulitan menjalaninya.

Makanya memilih jurusan diperguruan tinggi itu butuh pertimbangan yang matang. Ga cukup kamu disuruh ambil jurusan akuntansi, misalnya, oleh orang tua lalu kamu masuk ke jurusan tersebut.

Sebagai siswa yang maha (mahasiswa) kamu secara psikologis harus bisa mengambil keputusan sendiri. Namun jangan juga kalau orang tua, guru, atau yang lain menyarankan kamu menyepelekan masukan mereka. Bisa kualat kamu!

Orang bilang kalau dia berasal dari jurusan akuntansi smk maka ia akan mudah menyerap materi kuliah. Anggapan ini ga sepenuhnya betul. Karena pas di smk kamu hanya diajarkan ilmu-ilmu dasar dan praktikal saja tidak mendalam pelajarannya.

Sedangkan materi kuliah jurusan akuntansi justru memberikan pemahaman yang lebih mendalam untuk praktek di dunia kerja nantinya.

Kalau kata blogger ini, akuntansi tidak hanya soal debit dan kredit saja tapi bagaimana pencatatan keuangan itu lebih terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan. Untuk metode analisa laporan keuangan sebuah perusahaan saja saya bisa mendapatkan beberapa teori berbeda.

Note: teori yang saya tidak bisa jabarkan secara rinci, karena saya orang sastra.

Mata kuliah jurusan akuntansi

Materi yang dipelajari di jurusan akuntansi bermacam-macam menyangkut hitung-hitungan dan juga transaksi keuangan. Saya sendiri saat bekerja sering berhubungan dengan anak-anak akuntan publik yang melakukan audit terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Satu angka saja yang tidak cocok pasti anak-anak akuntan publik itu memberondong saya dengan pertanyaan. Simpel sih jawabannya tapi berat untuk mengutarakan. Soalnya mereka bertanya detail tentang workflow dari awal hingga akhirnya transaksi terjadi.

Nah kalau kamu merasa sangat detail dalam melakukan segala sesuatunya jurusan akuntansi mungkin cocok untuk kamu.

Mata kuliah jurusan akuntansi antara lain:

  • Ekonomi Mikro
  • Ekonomi Makro
  • Pengantar Akuntansi (dipelajari sampai beberapa semester)
  • Pengantar Bisnis
  • Pengantar Manajemen
  • Matematika Ekonomi
  • Matematika Bisnis
  • Pengantar Aplikasi Komputer
  • Kewirausahaan
  • Ekonomi Koperasi

Mata kuliah seperti Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, Pengantar Bisnis, Pengantar Akuntansi merupakan contoh materi jurusan akuntansi semester 1.

Materi kuliah akuntansi semester 1 diatas merupakan mata kuliah yang akan kamu dapatkan di universitas atmajaya. Untuk lebih lengkapnya kamu dapat melihat distribusi materi kuliah dikampus tersebut.

Kuliah jurusan akuntansi bisa kerja dimana?

Pertanyaan yang kembali saya sulit untuk menjawabnya. Alasannya ya diatas tadi. Saya kuliah sasing, bukan akuntansi. Tapi jangan tekan dulu tombol back kamu soalnya daripada kamu nyari lagi di google lebih baik kamu pantengin jawaban pertanyaan tentang prospek kerja jurusan akuntansi berikut ini.

Kamu yang kuliah dijurusan akuntansi bisa berkarir di:

  1. Akuntan
  2. Internal audit
  3. Administrator perpajakan
  4. Auditor Pajak
  5. Auditor Badan Pengawas Keuangan (BPK)
  6. Konsultan keuangan
  7. Staf akuntansi perbankan
  8. Tenaga Pengajar
  9. Wirausaha
  10. Dan lain-lain.

Jadi bagaimana menurut kamu susah ga jurusan akuntansi?

Tidak jarang kalau ada mahasiswa yang merasa kuliah di jurusan akuntansi itu sulit. Salah satu yang merasa jurusan akuntansi itu susah kerabat saya. Yang akhirnya memilih pindah jurusan di semester ketiga.

Jurusan yang diambil sebagai pengganti adalah jurusan manajemen. Mungkin alasan memilih jurusan ini karena prospek kerja yang menjanjikan posisi bagus di perusahaan (baca: manager). Mungkin juga alasannya memilih jurusan ini karena temannya banyak yang cepat wisuda. Alasan pastinya saya tidak tahu karena saya tidak banyak berdiskusi dengan saudara saya tersebut.

Saran nih ya: jangan tanyakan hal sensitif seperti kapan wisuda kepada mahasiswa yang mulai terlihat tidak semangat. Bahaya.

Lebih baik dukung saja apa yang diputuskan oleh teman/saudara kamu tersebut.

Oleh karena itu kalau kamu sedang menimbang-nimbang pilihan kuliah jurusan akuntansi atau manajemen, cobalah gali informasi lebih dalam. Kemudian kamu kira-kira kemampuan kamu untuk masuk jurusan tersebut. Saya berharap tulisan singkat ini bisa menjawab pertanyaan tentang kuliah jurusan akuntansi itu susah ga sih.

Kalau kamu ada pertanyaan lain silahkan meninggalkan komentar. Atau bagikan tulisan ini di medsos kamu jika ada kerabat yang akan kuliah.

Advertisements