Blogger Ini Kecewa Tidak Mendapatkan Nama Domain .blog oleh WordPress

.blog: Domain Premium dari WordPress – Mei 2016 WordPress mengumumkan jika perusahaan yang berafiliasi dengan Automattic, Knock Knock Whois There LLC, memenangkan tender untuk Top Domain terbaru .blog (baca: dot blok). Berita ini disampaikan oleh Matt Mullenberg di dalam postingan blognya yang beralamatkan di ma.tt.
logo .blog

Dalam postingannya tanggal 12 Mei 2016, Matt mengumumkan,

“It’s now public that Automattic is the company behind Knock Knock Whois There LLC, the registry for the new .blog TLD. (And a great pun.) We wanted to stay stealth while in the bidding process and afterward in order not to draw too much attention, but nonetheless the cost of the .blog auction got up there (people are estimating around $20M). I’m excited we won and think that it will be both an amazing business going forward and give lots of folks an opportunity to have a fantastic domain name in a new namespace and with an easy-to-say TLD. You can sign up to be first in line to reserve a domain here. If you have a trademark you can get in August, and then October for the ‘land rush.'”

Menurut informasi dari postingan Matt diatas top level domain baru, .blog, ini dapat dibeli melalui situs wordpress.com yang beralamat dotblog.wordpress.com. Pendaftaran untuk mendapatkan gTLD .blog sudah dimulai bulan Agustus. Di bulan Oktober pendaftaran dibuka dengan metoda land rush yaitu proses pelelangan terhadap nama domain yang populer atau nama domain yang banyak dipakai seperti nama individu.

Saya mencoba cek berapa harga domain top level baru .blog ini di situs tersebut dan mengerutkan kening karena nilai sewanya cukup besar. Untuk satu nama yang didaftarkan seorang blogger harus mengeluarkan kocek sekitar 30 us dolar. Biaya sewa ini pun ditambah biaya aplikasi sebesar 250 us dolar. Ini menjadi gTLD paling mahal yang ada di dunia dan seharusnya diberikan penghargaan domain TLD termahal di dunia.

Sayangnya dengan harga premium tersebut metoda penjualan nama domain .blog melalui wordpress memiliki kekurangan yaitu tidak terbukanya penjualan domain seperti yang disampaikan oleh Matt. Hal ini dialami oleh seorang blogger yang bernama Chriss.

Dalam postingannya tanggal 17 November 2016, chris menulis di blog pribadinya jika Automattic telah melanggar peraturan yang dibuat sendiri untuk sistem lelang nama domain populer. Proses registrasi domain .blog sebagaimana diatur oleh wordpress untuk nama domain yang populer adalah melalui mekanisme lelang. Menurut jadwal yang dirilis mekanisme lelang nama domain .blog akan dimulai dari bulan Agustus 2016 hingga tanggal 26 november 2016. Ternyata Chris tidak mendapatkan nama domain yang ia inginkan karena pre-launch penjualan gTLD .blog tersebut oleh wordpress.

Tanggal 18 Agustus 2016, setelah mendaftar melalui alamat dotblog.wordpress.com, Chris mendapatkan email pengumuman jika registrasi untuk domain .blog telah dibuka. Saat mendaftar Chris mengaku terkejut jika harga domain yang tertera 30 us dolar ternyata mempunyai tambahan lagi hingga total 250 us dolar. Harga total untuk sewa domain .blog ini totalnya adalah 250 us dolar.
Chris tidak masalah dengan harga blog premium karena wordpress menjanjikan pengembalian uang jika Chris kalah dalam mekanisme lelang untuk pendaftaran domain yang ia inginkan.

Dengan jaminan refund tersebut chris tetap mendaftarkan nama domain baru untuk blog yang ia miliki, chris.blog.

Sayang pada tanggal 11 November ia tidak mendapatkan email pemberitahuan apa pun dari WordPress perihal lelang nama domain yang akan dilakukan. Tiga hari kemudian Chris menghubungi tim support wordpress menanyakan tentang kelanjutan pendaftaran domain chriss.blog.

Balasan email tim support wordpress membuat Chris kecewa. Ternyata nama domain yang ia inginkan, chris.blog, telah diambil orang lain. Chris akhirnya mendapatkan uangnya kembali tetapi yang tidak disukai oleh Chris adalah transparansi dari mekanisme penjualan domain top level .blog wordpress. Dalam artikelnya The .blog & Switch Chris mengkritik wordpress dengan menyebut Automatic menjadi terlalu serakah. 

Tidak hanya Chris yang merasakan kekecewaan atas sistem penjualan .blog oleh WordPress. Beberapa blogger lain merasakan hal yang sama. Karena banyak komplain yang didapat oleh penggunanya WordPress merilis konfirmasi atas ketidaknyamanan tersebut dalam postingan wp tavern berjudul Automattic Clarifies .blog Landrush Process After Bait and Switch Allegations.

Pada rilis tersebut Automattic menjelaskan kenapa beberapa nama domain .blog tidak bisa dilakukan proses lelang. Menurut mereka sebagai sebuah registry domain .blog, wordpress mempunyai kuota 100 nama domain yang bisa digunakan sendiri atau diberikan kepada orang lain sebagai promosi. Calon pembeli domain .blog dapat melihat beberapa contoh situs yang menggunakan domain tersebut di situs Founders Page. Selain untuk para penemu domain, nama domain .blog juga digunakan untuk alamat beberapa blog di wordpress.

Selain diberikan pada pihak ketiga untuk tujuan promosi wordpress juga menyimpan beberapa nama domain yang akan dirilis ke publik suatu saat nanti. Dan nama domain .blog pun diberikan kepada karyawan Automattic yang sangat aktif menulis di dalam blog.

Dari pengamatan saya di situs Founder Page dimana pastinya domain .blog sudah pasti tidak bisa dimiliki, saya melihat untuk nama domain non-bahasa inggris seperti bahasa Indonesia masih mempunyai kesempatan yang cukup besar untuk didaftarkan. Pertanyaannya siapa blogger Indonesia yang tajir dan cukup gila yang menggunakan domain .blog ini pertama kali?

Advertisements