35% Penurunan Earning Publisher Adsense Berasal dari Penambahan Fitur HTTPS

Google dalam sebuah rilisan di September 2015 menyebutkan bahwa pengguna blogger.com telah mendapatkan sertifikat SSL gratis. Para pengguna blogger.com diberi kebebasan untuk menggunakan atau tidak menggunakan fitur baru ini. Kebebasan ini dibuat karena pengguna blogger dapat memutuskan dengan bijak akibat dan manfaat yang ia terima saat mengaktifkan fitur https. Inilah yang akan saya bahas pada artikel yang berjudul fitur https blogger.com dan 35% penurunan earning publisher adsense.

sertifikat ssl
url dengan sertifikat ssl

Menurut google fitur https (singkatan Hypertext Transfer Protocol Secure) akan meningkatkan keamanan baik untuk webmaster/blogger maupun pengunjung. Google sendiri telah merubah setiap alamat domain produk mereka ke alamat aman. Anda dapat mengetahui jika anda berhasil masuk ke akun produk google dengan tanda warna hijau di address bar browser.

fitur ssl di domain produk google
produk google yang aman dijelajahi

4 manfaat yang akan didapatkan oleh blog yang menggunakan https

  1. mempersulit orang iseng yang berniat mencuri informasi atau melacak aktifitas blogger atau visitor
  2. membantu pengunjung saat mereka mengunjungi sebuah blog / website dan tidak di redirect ke alamat situs yang berbahaya
  3. membantu mendeteksi jika seseorang mencoba untuk merubah data yang dikirm melalui blogger ke pengunjung sebuah blog

Sayangnya fitur ini tidak bisa dinikmati oleh seluruh pengguna blogger.com. Pengguna blogger.com yang tidak bisa memanfaatkan fitur ini adalah pengguna yang telah melakukan custom domain di blog mereka, sedangkan bagi yang masih bertahan di sub domain blogspot dapat memilih untuk mengaktifkan fitur https ini.

Apa itu HTTPS?

Https adalah sebuah protokol komunikasi internet yang akan melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna dengan pengguna komputer dan blog / website. Contohnya ketika seorang pengunjung memasukkan data dalam kotak formulir yang anda dipersiapkan untuk berlangganan artikel terbaru atau membeli produk. HTTPS akan melindungi informasi yang dimasukkan pengunjung di dalam blog / website.

Data yang dikirim oleh pengunjung blog melalui https akan aman dari gangguan orang iseng karena ditransfer melalui Transport Layer Security (TLS). 3 lapisan keamanan yang diberikan oleh TLS ini

  1. Enkripsi
  2. Data Integrity
  3. Authentication  

Cara mengaktifkan https di akun blogger.com

  1. sign in ke akun blogger.com
  2. klik ke blog yang akan anda berikan sertifikat keamanan
  3. masuk ke setting
  4. pilih yes untuk menu HTTPS setting
memilih https settings di dashboard blogger.com
Setelah mengaktifkan fitur ini, blog anda yang numpang domain di blogspot akan bisa di akses baik melalui alamat biasa maupun alamat yang ditambah keamanannya. Setelah fitur ini diaktifkan maka beberapa fungsi yang ada di blogspot anda mungkin tidak akan berjalan seperti semula. Hal ini disebabkan mixed konten atau konten campuran.

Baca: memperbaiki mixed content atau konten campuran dalam sebuah blog

Efek penambahan fitur https untuk publisher adsense

Memasang fitur https di blog / website mempunyai efek pedang bermata dua. Di mesin pencari sertifikat keamanan akan membuat alamat artikel mempunyai peringkat terbaik. Di lain pihak blogger yang juga publisher adsense merasakan adanya penurunan pendapatan.

Salah satu publisher adsense yang menyuarakan kebingungannya terhadap rekomendasi google ini adalah peter Claar. Blogger ini bahkan berinisiatif untuk langsung melakukan audiensi dengan pihak google melalui forum dukungan yang disediakan tetapi hingga saya menerbitkan (baca:update) artikel tentang fitur https blogger.com dan efeknya pada publisher adsense jawaban resmi dari google perihal hal ini belum didapatkan.

Earning publisher adsense menurun setelah tambah https
Earning publisher adsense menurun setelah tambah https

Seroundtable menyebutkan bahwa publisher adsense mengalami penurunan pendapatan (atau earning) hingga 35%. Bahkan blogger tersebut pun mengakui adanya penurunan RPM (PPS dalam bahasa indonesia) dari 1.27 dolar per hari menjadi 0.47 dolar.

Google akhirnya memberikan pernyataan resmi kepada blogger perihal efek negatif yang diterima saat sertifikat keamanan ditambahkan pada alamat blog / website. Berikut pernyataan google yang dikutip oleh situs yang sama:

HTTPS-enabled sites require that all content on the page, including the ads, be SSL-compliant. As such, AdSense will remove all non-SSL compliant ads from competing in the auction on these pages. If you do decide to convert your HTTP site to HTTPS, please be aware that because we remove non-SSL compliant ads from the auction, thereby reducing auction pressure, ads on your HTTPS pages might earn less than those on your HTTP pages.

Terjemahan (maaf kalau keliru)

Situs yang telah menambahkan https membutuhkan sebuah konten yang terdapat di sebuah laman, termasuk iklan, memiliki adaptasi dengan SSL. Oleh karena itu google akan menghapus semua iklan tanpa SSL dari kompetisi penawaran di laman-laman bersertifikat tersebut. Jika anda memutuskan untuk merubah http ke https harap diingat karena kami menghapus iklan yang tidak punya sertifikat keamanan SSL dari lelang yang sedang berlangsung. Akibatnya persaingan dalam lelang akan berkurang, iklan-iklan dalam laman https akan memberikan penghasilan yang tidak sebaik iklan yang muncul ketika laman beralamatkan http.

Kesimpulan

Sebuah kebijakan akan mengalami adanya pro dan kontra di dalam masyarakat. Anda bisa melihat dari kejadian baru-baru ini di negara kita. Wacana dari menteri pendidikan dan kebudayaan yang baru mengenai Full Day School atau sehari penuh di sekolah yang akan diterapkan mendapatkan sambutan beragam dari masyarakat. Pun begitu untuk keputusan google dalam mengaplikasikan fitur https di blogger.com.

Meski kesempatan untuk mendapatkan peringkat tertinggi (dan juga meningkatkan trafik dari search engine semakin terbuka) dengan memberikan sertifikat https pada blog. Akibat lain yang akan dirasakan oleh blogger adalah penurunan pendapatan dari adsense.

Oleh karena itu seharusnya seorang blogger sudah mempersiapkan strategi agar penghasilan yang drop (karena tingkat persaingan di lelang iklan google semakin rendah) kembali seperti semula. Semoga artikel fitur https blogger.com dan 35% penurunan earning publisher adsense ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan blogger di Indonesia.

Advertisements